Biaya Pondok Pesantren Assalaam Solo

Share

PONTREN.COM – Update tanggal 23 Juli 2021 Informasi tentang biaya masuk PPMI Assalaam tahun pelajaran 2021/2022 serta uang pangkal, SPP syahriah bulanan pada Ponpes Assalaam Surakarta, termasuk biaya tahunan yang dibayarkan untuk keperluan pendidikan santri serta konsumsi dan fasilitas yang ada.

Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam atau biasa disingkat dengan PPMI Assalaam terletak di Kabupaten Sukoharjo.

Letaknya berdekatan dengan Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hanya terpisah beberapa blok.

Informasi biaya ini bisa menjadi acuan pembiayaan tahun berikutnya, karena biasanya tidak ada perubahan mendasar perihal uang pangkal saat masuk pertama kali maupun biaya SPP syahriyah setiap bulannya.

Alamat Pondok Pesantren Assalaam Surakarta

Secara resmi, ponpes Assalaam beralamat di Jalan Garuda Mas Pabelan Po Box 268 Sukoharjo Surakarta. Telfon (0271)718741-725737-728188 Faks (0271) 715470 dan email : info@assalaam.or.id

Saking terkenalnya Surakarta atau solo, sehingga bagi orang yang belum mengetahui bahwasanya pondok Assalam bukan terletak di solo atau Kota Surakarta, akan tetapi berada di wilayah Kabupaten Sukoharjo.

Layanan Pendidikan di PPMI Assalaam Sukoharjo

Pondok pesantren ini mempunyai layanan pendidikan setingkat SMP dan SMA, dan satu kelas khusus persiapan masuk SMA di Pondok Assalaam bagi yang berasal dari SMP non Pondok Pesantren. Adapun layanan pendidikan yang ada yaitu :

  • MTs (Setingkat SMP)
  • Takhashush (Persiapan masuk SMK/SMA bagi murid SMP non Pondok Pesantren)
  • SMA dan SMK (setingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas
santri assalaam 2017
santri assalaam 2017

Dari ketiganya mempunyai biaya yang sama baik dari uang pangkal atau uang masuk maupun tarif Syahriah SPP.

Biaya masuk Pondok Pesantren Assalaam Surakarta

Berikut adalah rincian biaya masuk atau uang pangkal bagi santri pondok pesantren Assalaam. Adalah sama tarif yang dikenakan bagi santri MTs, Takhashush maupun SMK/SMA.

Pada tahun 1995 an, biaya SPP atau syahriah pada ponpes ini adalah sebesar Rp. 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah).

Kalau dikalkulasi dengan perbandingan tahun ini maka SPP nya telah mengalami kenaikansebesar kurang lebih 33x lipatnya. Lumayan manteb khan?

Itu belum dimasukkan tentang tabungan umroh (yang diwajibkan?) sebesar Rp. 300.000,-/bulan. Kembali lagi ke rincian uang masuk pondok pesantren Assalaam, berikut detil pembayaran bagi santri baru yang diterima.

NoJenis Pembayaran Biaya
1Syahriah Bulan Juli:Rp. 2.500.000
2Uang Semester 1 tahun:Rp. 450.000
3Uang Buku 1 tahun:Rp. 1.450.000
4Iuran MPP (seperti komite gitu):Rp. 150.000
5Ta’aruf dan orientasi santri baru:Rp. 350.000
6.Paket Fasilitas Kamar:Rp. 850.000
7Paket Seragam:Rp. 900.000
8Dana Kesehatan 1 tahun:Rp. 500.000
9Uang Pangkal:10.000.000 (iya sepuluh juta)
10Sumbangan Pengembangan (ada minimalnya lho):Rp. 1.500.000 (minimal lho ya, tidak boleh kurang)
11Tabungan umroh:Rp. 300.000
 Jumlah:Rp. 18.950.000 (sembilan belas juta kurang lima puluh ribu)

Biaya Bulanan uang syahriah Pondok Pesantren Assalaam Surakarta

Diatas dikatakan bahwa uang SPP pada pondok pesantren ini mengalami kira kira 33x lipat dibandingkan uang syahriah pada kisaran tahun 1995 yang kala itu sebesar Rp. 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah. Darimana didapat angka kelipatan 33x?

Kalau anda kalikan 75.000×33 maka akan ketemu angka 2.475.000 (dua juta empat ratus tujuh puluh lima ribu).

Selain SPP ada iuran atau tabungan setiap bulan bagi santri yang biasa disebut dengan tabungan umroh. Jadi tarif bulanan serta tabungan umroh adalah seperti dibawah ini

1Syahriah Bulanan:Rp. 2.500.000
2Tabungan umroh:Rp. 300.000
 Jumlah:Rp. 2.800.000

Jadi ongkos yang diperlukan setiap bulan adalah Rp. 2.800.000,- (dua juta delapan ratus ribu rupiah) belum termasuk uang saku atau uang jajan anak anda.

Perihal tabungan haji sifatnya opsional, yaitu wali santri bisa memilih untuk ikut atau tidak.

jika memilih ikut berarti seterusnya menabung setiap bulan sebesar Rp. 300.000,- rupiah setiap bulan disamping SPP biaya SPP atau syahriyah.

jika sampean memilih untuk tidak mengikutinya maka hal ini tidak mempengaruhi apapun terhadap fasilitas ananda belajar pada pesantren ini. alias anda bayar perbulan SPP saja yaitu Rp. 2.500.000,-.

Jika berasumsi anak anda diberi uang saku sebesar Rp. 200.000,- (dua ratus ribu) maka genaplah sebesar Rp. 3.000.000,- (tiga juta rupiah) yang dikeluarkan oleh wali santri di pondok pesantren assalaam untuk masing masing anak.

informasi tambahan selanjutnya yaitu Biaya Tahunan/tahun ajaran baru di Ponpes PPMI Assalaam.

Biaya Kenaikan Kelas

Selain biaya awal pertama masuk bagi santri kelas satu, disitu tercantum biaya tahunan, dimana mestinya dibayar 1 kali dalam setahun.

yaitu pembayaran saat anak naik kelas.

Adapun komponen biaya ini mestinya dibayarkan oleh santri yang naik kelas 1 ke kelas 2 atau kelas 2 ke kelas 3 baik MTs, SMA maupun SMK. Atau dari santri MTs Assalaam Kelas 3 atau takhashush ke kelas 1 SMA atau SMK.

Adapun komponen biaya tahunan seperti dibawah ini :

NoJenis Pembayaran Biaya
1Uang Semester 1 tahun:Rp. 450.000
2Uang Buku 1 tahun:Rp. 1.450.000
3Iuran MPP:Rp. 150.000
4Dana Kesehatan 1 tahun:Rp. 500.000
 Jumlah:Rp. 2.550.000

Catatan : pada uang buku 1 tahun, biasanya merupakan opsional, dimana santri bisa mencari buku sendiri sehingga umumnya tidak ada kewajiban pembayaran buku 1 tahun bagi santri yang naik kelas. Dengan begitu maka Rp. 2.550.000 – Rp.1.450.000 = Rp. 1.100.000,- (satu juta seratus ribu rupiah).

dan jangan lupa sampean masih membayar uang syahriyah bulan juli, jadi singkatnya awal masuk kenaikan kelas silakan anda persiapkan uang sebesar kisaran lima juta rupiah untuk SPP dan komponen pembiayaan diatas.

Biaya melanjutkan dari MTs Assalaam ke SMA SMK Madrasah Aliyah PPMI Assalaam

apabila ananda sudah berada pada jenjang pendidiakn kelas 3 kemudian hendak melanjutkan lagi ke tingkat Sekolah Menengah masih di Assalaam maka santri alumni MTs assalaam tidak perlu ujian masuk.

selain itu biayanya juga tidak sama sebagaimana anak MTs atau SMP dari Luar (santri dari luar perlu bayar uang pangkal lengkap sebagaimana santri baru masuk.

untuk alumni MTs Assalaam tidak perlu membayar uang pangkal lagi, akan tetapi biaya masuknya juga masih lumayan.

perinciannya saya belum mendapatkan secara presisi.

akan tetapi berdasarkan wali santri yang sekarang anaknya kelas 2 SMA menyebutkan kisaran angka 8 jutaan rupiah (jika santri baru dari luar assalaam maka kena biaya 20 jutaan).

biaya pondok pesantren assalaam
wali santri yang dulunya juga alumni PPMI Assalaam

Kira kira begitulah estimasi biaya bagi satu orang santri pondok pesantren assalaam Surakarta.

Pada keterangan biaya tidak dicantumkan potongan harga bagi alumni yang anaknya di sekolahkan disitu, atau jika dua orang anak yang sekolah disitu maupun mereka yang berprestasi tingkat nasional juga tidak ada diskon barang sepeserpun.

Jadi sepanjang yang saya tahu dan lihat di website resmi pondok ini tidak ada diskon potongan bagi alumni, santri berprestasi atau yang mempunyai lebih dari 1 anak berada di pondok ini. Lupakanlah harbolnas atau hal semacamnya.
Berikut adalah gambar capture terkait biaya masuk dari situs resmi ponpes Assalaam

Kesimpulan. Tidak ada perubahan biaya masuk bagi santri baru dari tahun 2021 ke tahun 2022 yang intinya biaya pondok pesantren ini tetap tidak bisa dianggap murah. demikian semoga dimaklumi dan menambah wawasan. salam.

sumber : assalaam.or.id


Share

43 tanggapan pada “Biaya Pondok Pesantren Assalaam Solo”

  1. Pak kami orang solo merantau ke jambi.ingin mendaftarkan anak kami untuk mondok di ponpes asalam.bagaimana proses yang harus kami lalui.kami juga ingin bertanya apa saja kegiatan anak yang mondok dari bangun pagi sampai tidur lagi pak.? Mohon informasinya pak

    1. Prosesnya bisa daftar secara online. Bisa buka web resmi assalaam. Disitu ada keterangan proses. Kegiatan sehari hari santri ada dalam tulisan profil pondok pesantren assalaam. Silakan dilihat.

    1. Uang masuk Kisaran 19 juta rupiah. Spp 2,5 kali sebelas bulan = 27,5 juta. Jadi estimasi biaya pendidikan satu tahun 19 + 27,5 adalah kisaran = 46,5 juta rupiah dalam satu tahun. Jika kelas 2 dan 3 kisaran spp saja yaitu 27,5 juta rupiah. Jangan lupa tambahkan biaya tabungan umroh pertahun kisaran 3,6 juta.

      Demikian jawaban, semoga menambah informasi.

  2. Assalamu’alaikum…mohon infonya, rencana anak saya kls 8 ingin pindah ke pesantren Assalam ini, apakah bs menerima pindahan? skr kls 7 di pesantren tangerang..trmksh..wassalamu’alaikum

  3. Apakah blm ada kebijakan baru utk menerima santri pindahan? kami ingin sekali bisa memindahkan anak kami agar eyangnya bs dekat kalau ingin menjenguk cucunya

  4. assalamualaikum akhi..
    saya mau tanya ni, adakah jalur khusus untuk putra putri alumni ma’had..
    wassalam

    1. Wa’alaikum salaam juga akhi, setahu saya dalam brosur penerimaan tidak ada jalur khusus untuk diterima bagi orang tuanya yang pernah mondok disana. Kalau jalur prestasi ada. Coba dikontak langsung saja panitianya, ada nomor hapenya koq di situsnya ppmi assalaam untuk pendaftaran.

  5. Dari biaya pendidikan yang tertera itu masih adakah pembayaran lagi misalnya saat kenaikan kelas seperti biaya daftar ulang?

    1. Untuk kenaikan kelas ada biaya. Tapi tidak sebanyak saat pertama masuk. Kisaran spp ditambah 2 jutaan atau semisal, nanti akan kami carikan file resmi berapa biaya untuk kenaikan kelasnya.

  6. assalamualaikum ..kalau kita smp nya mondok apakah kalau kita masuk sma ke assalam harus ikut program IL ..trus apakah stelah tamat sma disana kita wajib mengabdi di asssalam ..syukron

    1. Waalaikum salaam. Kalau smp nya di pondok pesantren dan lolos ujian bisa langsung sma, kalau dari smp umum ikut program IL/takhashush. Tidak program ada pengabdian. Demikian jawaban semoga dapat membantu.

  7. aswrwb anak sy lulus smp masuk assalm apakah langsng sma kls 1 dan adakah progaram tahfiznya ? maaf dan trima kasih

    1. Waalaikum salaam. Kalau lulusan dari smp pesantren itua langsung kelas satu sma. Kalau smp umum masuk terlebih dahulu ke program takhashush atau persiapan selama 1 tahun.

      Program tahfidz? Biasanya semua pesantren ada pelajaran hafalan atau tahfidz. Tp assalaam bukan pesantren yang mengkhususkan atau menekankan pada program tahfidz. Jika ingin kontak lebih lanjut silakan kirim email anda. Saya kirimkan kontak salah satu ustadzah yang ada di assalaam.

    1. Ada yang diterima dk PTN yang anda sebutkan diatas. Banyak sedikitnya saya tidak tahu secara pasti karena saya hanya reporter saja. Untuk lebih lanjut anda bisa kontak pesantren dimaksud via telfon maupun datang langsung konfirmasi.

    2. Saya membantu menjawab banyak juga lulusan pondok tersebut yang diterima di ptn dan pts favorit, tapi semua itu tergantung dari anaknya juga klau dari fasilitas sudah bagus menurut saya.

  8. Assalamualaikum wr wb

    Mohon info nya, anak sy skrg kelas 7 MTS Assalaam, apabila nanti anak sudah kelas 9 MTS, dan akan melanjutkan ke SMA Assalaam, apakah proses pendaftaran nya dimulai dr awal spt masuk MTS atau sdh otomatis ya? Tetap membayar uang pangkal atau hanya daftar ulang saja. Terima kasih 🙏🙏

    1. wa’alaikum salaam wr. wb. daftar ulang biasa saja tidak membayar uang pangkal, otomatis jika anda membayar spp bulan juli kelas 1 SMA/SMK/MA Assalaam maka anda sudah daftar ulang

      1. Berarti tidak perlu test spt awal masuk MTS ya, jika melanjutkan dari MTS Assalaam ke SMA nya. Untuk pembayaran juga spt daftar ulang naik kelas. Terima kasih informasinya.

        1. iya seperti itu, mungkin ada sedikit tambahan biaya saja, sekedarnya, dan santri dari MTs assalaam langsung ke SMA/SMK/MA tanpa ujian. adapun yang berasal dari MTs atau SMP luar tentu akan diuji masuk

        2. Info terbaru dari wali santri.. Jika dari mts ke sma kira kira kena biaya 8 juta rupiah.
          Tentunya ga pake ujian masuk lagi.. Langsung ketrima di SMA nya. Info ini saya lampirkan dalam update informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *