juz dalam al-Qur'an

Letak Juz Dalam Al-Qur’an, dasar pembagian, Jumlah Halaman

Share

juz dalam al-Qur’an. Daftar halaman, arti satu juz, serta cara mencari nama surat dalam al-Qur’an. artinya satu juz menurut saya adalah seper tiga puluh bacaan al-Qur’an. Lazimnya mushaf saat ini satu juz adalah 9 sampai dengan 10 lembar kitab suci Ummat Islam ini.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, lazimnya, letak tanda juz dalam al-Qur’an berada di sebelah kanan bagian atas pada lembar mushaf al-Qur’an. Sedangkan sebelah kiri adalah nama surat.

dasar pembagian juz

Pada jaman para sahabat nabi, biasanya para sahabat ini khatam membaca Al Qur-an dalam waktu sepekan (tujuh hari).

Akan tetapi untuk kalangan awam hal ini (mengkhatamkan ngaji dalam 7 hari) sangat berat. Selanjutnya muncul ide pembagian Al Qur-an menjadi 30 juz.

Tujun Pembagian berdasarkan juz ini supaya yang membaca al-Qur’an bisa mengukur waktu untuk dapat khatam al-Quran sekali per bulan.

Dalam berbagai keterangan, yang pertama kali membagi mushaf Al-Quran menjadi 30 juz (bagian) adalah Al-Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi (W 110 H).

Pembagian berdasarkan juz ini berpatokan pada jumlah huruf. Yang melakukan pembagian kala itu adalah para cendekiawan di Iraq atas perintah tugas dari Al-Hajjaj.

Pembagian ini membantu pembaca al-Qur’an yang ingin khatam dalam satu bulan (30 hari).

Supaya lebih terukur kapan saatnya membaca agar khatam 30 juz.

Arti satu juz dalam al-Qur’an adalah satu bagian (juz = bagian). Dalam pembagain juz ini mengacu kepada pembagian al-Qur’am menjadi 30 bagian.

nama 30 juz dalam al qur’an

yang lazim nama nama juz dalam al-Qur’ana dalah urutan angkanya, yaitu juz satu, juz dua sampai dengan juz terakhir yaitu juz 30.

Jadi sepanjang yang saya tahu hanya satu juz terakhir yang terkenal memiliki nama yaitu juz ‘amma.

Jumlah halaman dalam satu juz

Jika ada pertanyaan yang berbunyi 1 juz berapa halaman? Maka lazimnya mushaf al-Qur’an saat ini adalah 10 lembar untuk satu juz atau 20 halaman, adapula yang 9 halaman atau 18 lembar, tergantung percetakan mana yang mencetaknya.

Nah sekarang anda bisa mencoba menghitung jumlah lembar al-Qur’an yang biasa anda baca, apakah 9 lembar atau 10 lembar dalam satu juz alQur’an.

Tanda Juz di Quran

untuk membedakan perpindahan dari juz satu ke yang lainnya biasanya berupa tulisan awal yang tebal pada al-Qur’an, juga adanya perubahan angka juz pada pojok kanan lembar al-Qur’an yang disebelah kiri.

Selain itu pada mushaf yang banyak beredar di Indonesia, pergantian ini dengan keberadaan tanda juz yaitu tulisan huruf lebih tebal dan bergaris bawah.

cara mencari nama surat dalam al quran (juz dalam al-Qur’an)

ada sebuah informasi bonus yaitu cara mencari nama surat dalam al-Qur’an.

Yang pertama mencari nama surat yang anda baca, yaitu caranya dengan melihat pada lembar yang sedang sampean baca, kemudian lihatlah pada sebelah kiri atas, disitu ada nama surat yang sedang anda baca. Sedangkan pada sebelah kanan adalah awal kalimat dan juz al-Qur’an.

Yang kedua yaitu mencari nama surat yang hendak anda baca, tentu akan praktis jika sampean sudah hafal urutan nama suratnya.

Jika tidak, sampean bisa membuka mushaf al-Qur’an pada halaman belakang, disitu ada daftar nama surat beserta halamannya. Mulai awal sampai dengan akhir. Tentunya dengan menggunakan huruf hijaiyah, bukan teks latin.

Setelah ketemu surat yang anda maksud, kemudian carilah halamannya, dan bukalah halaman yang ada dalam daftar, tentunya sampean akan menemukan surat yang anda inginkan kemudian carilah ayat yang hendak anda mau.

Dan yang terakhir yaitu cara paling praktis, bukalah hape anda, kemudian ketikkan nama surat, pada internet akan muncul nama surat beserta urutan angka surat keberapa, anda tinggal mencarinya pada mushaf al-Qur’an.

Demikian, semoga membantu, wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.