Kisi kisi Imtihan Wathani ujian akhir Pendidikan Diniyah Formal PDF berstandar nasional

Share

Informasi tentang kisi kisi umum dan khusus untuk ujian akhir pendidikan Diniyah Formal (PDF) Berstandar Nasional atau imtihan wathani tahun 2021 jenjang wustha dan ulya berdasarkan surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

pontren.com – assalaamu’alaikum, Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional disingkat dengan UAPDFBN, disebut “imtihan wathani”.

Ujian Akhir PDF atau yang biasa disebut dengan imtihan wathani diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama,

Imtihan Wathani ini diselenggarakan dalam rangka menunjang kompetensi santri pada PDF baik jenjang Wustha maupun Ulya.

Dalam hal ini, UAPDFBN merupakan instrumen penjaminan mutu untuk memastikan bahwa penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan oleh lembaga pondok pesantren penyelenggara Pendidikan Diniyah formal memenuhi target pencpaian kompetensi lulusan pada kedua jenjang yaitu wustha dan ulya.

kisi kisi ujian akhir nasional imtihan Wathani PDF Pendidikan diniyah Formal

Adapun dalam rangka mendukung penyelenggaraan imtihan wathani diatas, maka hal hal yang disampaikan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam adalah sebagai berikut;

Materi yang akan diujikan dalam penyelenggaraan imtihan wathani PDF jenjang Wustha meliputi;

  • Hadits
  • Fiqh
  • Tafsir
  • Bahasa Arab
  • Nahwu-sharf

Sedangkan untuk jenjang pendidikan PDF Ulya, materi yang diujikan pada imtihan wathani yaitu meliputi

  • Hadits
  • Ilmu Hadits
  • Fiqh
  • Ushul Fiqh
  • Tafsir
  • Ilmu Tafsir
  • Bahasa Arab dan
  • Nahwu sharf.

Adapun secara keseluruhan, untuk materi imtihan wathani semua jenjang (wustha maupun ulya) disusun dengan menggunakan bahasa Arab.

Kemudian dari Direktorat PD Pontren Dirjen Pendis telah menyusun kisi-kisi khusus imtihan wathani pada tahun 2021 jenjang ula dan juga jenjang wustha yang file nya dapat anda unduh gratis free download pada bagian bawah tulisan ini.

Selanjutnya dalam tulisan tersebut, kepada Kanwil Kemenag Provinsi untuk meneruskan surat beserta lampiran kisi kisi umum dan kisi kisi khusus Imtihan Wathani sebagai Edaran kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau Kota.

Dan selanjutnya dari Kemenag disampaikan kepada lembaga satuan Pendidikan Diniyah Formal (PDF) di wilayah masing-masing.

Download Kisi Kisi Imtihan Wathani Wustha Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional (UAPDFBN)

Imtihan Wathani ujian akhir nasional Pendidikan Diniyah Formal

Berikut adalah kisi kisi Imtihan Wathani jenjang tingkat wustha, sebelum mengunduhnya, dalam file format rar ini bisa anda ekstrak guna memilah kisi kisi materi yang ada dibuat.

Apa saja materinya?

Berikut mata pelajaran yang ada dalam kisi-kisi dimaksud;

Kisi kisi UAPDFBN wustha umum dan khusus

Bahasa Arab;
Fiqh
Hadits; dan
Nahwu – sharf

Saya agak bingung juga kenapa isi surat dengan isi di file ada perbedaan, karena dalam surat termuat materi tafsir, akan tetapi pada softcopy saya pribadi tidak mendapati file untuk materi pelajaran kisi kisi tafsir.

Adapun untuk mengunduhnya sampean bisa mengikuti tautan yang kami sediakan.

Download kisi kisi imtihan wathani wustha

Download Kisi Kisi Imtihan Wathani Ulya Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional (UAPDFBN)

Seperti pada jenjang wustha, untuk tingkat ulya ini (setara dengan SMA dan Aliyah) juga terdapat file softcopy kisi kisi materi atau mata pelajaran yang diujikan untuk imtihan wathani.

Dalam file memuat mata pelajaran berupa materi untuk;

Bahasa Arab
Fiqh Ushul Fiqh
Hadits Ilmu Hadits
Nahwu Sharaf
Tafsir Ilmu Tafsir

Jika melihat file, anda akan mendapatkan mapel tafsir dan ilmu tafsir digabung kisi-kisinya menjadi satu, tidak terpisah.

Sama seperti mata pelajaran fiqh dan ushul fiqh.

Untuk mengunduhnya, sampean dapat cus ke lokasi pengunduhan sebagaimana berikut dibawah ini.

Download kisi kisi imtihan wathani Ulya

Demikianlah informasi tentang kisi kisi ujian nasional PDF sebagai penjamin mutu lembaga dan juga diselenggarakan oleh Direktorat PD Pontren Kementerian Agama RI Jakarta.

Wilujeng enjang, selamat pagi. Selamat bersemangat dalam ujian. Semoga sukses para santri kehidupan duna akhirat, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.