Arti Kata Vatican Cameos, kalimat romantis Sherlock Holmes seri Scandal in Belgravia

kata vatican cameos artinya

Hai hai hai, saya kira anda pernah menonton sherlock holmes yang diputar oleh BBC entah lewat internet atau melalui hard disk pada komputer anda, entah kenapa saya jadi ingin menulis tentang istilah vatican cameos artinya seperti apa dan bagaimana maksudnya.

Bisa jadi karena kesukaan saya sejak zaman membaca novel terjemahan Sherlock kedalam bahasa Indonesia, kemudian film Game of the Shadow yang diperankan oleh Robert Downey, Jr dan Jude Law.

Langsung saja, kata vatican cameos ini muncul di episode ke-dua dalam salah satu scene film seri sherlock holmes yang berjudul scandal in Belgravia.

Kata ini diucapkan oleh Sherlock Holmes (yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch) sesaat setelah membuka brankas milik the woman, atau yang dikenal dengan dominatrix dan memiliki nama asli Irene Adler (tokoh yang juga ada dalam versi novel karangan sir Arthur Conan Doyle).

The woman ini diperankan oleh Lara Purver, seorang aktris Inggris yang lahir pada 1 September 1980.

Arti kata Vatican Cameos

Kembali lagi ke istilah vatican cameos artinya seorang sipil atau non militer yang bersenjata. Maksudnya gimana? Untuk lebih memudahkan memahami, anda dapat membuka urban dictionary dalam bahasa Inggris yang sudah diterjemahkan dan diurai sebagaimana dibawah ini.

Istilah Vatican Cameos ini adalah frasa yang dipergunakan oleh Sherlock Holmes sesaat setelah memencet kode rahasia brankas milik Irene Adler.

brankas-cantik
ilustrasi gambar brankas Besi

Kata vatican cameos yang berarti orang sipil bersenjata.

Ungkapan ini keluar dari bibir Sherlock Holmes sesaat setelah menyadari bahwa di dalam brankas terdapat senjata dengan peredam yang menembak jika pintu brankas dibuka tanpa hati-hati.

Kata atau frasa vatican cameos ini pertama kali muncul berasal dari masa perang Dunia kedua, dipergunakan untuk orang non militer yang bersenjata (entah senjata atau pisau) yang memasuki pangkalan militer Inggris.

Kalimat ini merupakan sinyal supaya semua orang keluar dari garis atau area tembakan.

Sherlock Holmes dan para penonton semua tahu bahwa Jhon Watson (Martin Freeman) adalah seorang Dokter militer, pastinya mengenali frasa istilah ini, dimana bukan suatu kode yang sudah direncakan sebelumnya sebagai kata aman yang hanya diketahui oleh mereka berdua, tidak dipahami oleh agen CIA yang menyerang.

Pemilihan kata yang cerdas bukan?

Kata Romantis Irene Adler Kepada Sherlock Holmes untuk makan malam

Dalam scene, Dominatrix alias Irene Adler menyamaikan salam Jim Moriarty kepada Holmes bersaudara, kemudian memberikan julukan kepada mereka the iceman, manusia es karena hatinya yang begitu dingin.

Dan satu lagi julukan yang dialamatkan kepada Sherlock Holmes yaitu the Virgin, sang jejaka.

Ini terjadi ketika adegan Irene Adler sedang berada dalam posisi yang bagus untuk melakukan negoisasi dengan Mycroft dan memberikan daftar permintaannya.

Melihat daftar permintaan “the Woman” membuat Mycroft Holmes memberikan pujian sebagai wanita yang detil dan teliti.

Sayangnya di akhir kisah, permintaan ini tidak dikabulkan karena Sherlock Holmes dapat menebak password dari Blackberry atauBBM milik Irene Adler (saya masih penasaran apa seri BBM yang dipakainya).

A Scandal in Belgravia - 04
cosplay Irene Adler oleh Nina

Kemudian setelah terbuka semua file dan sebagai kompensasi atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh Sherlock karena menggagalkan penipuan ledakan pesawat terbang yang sudah direncanakan oleh pemerintah Inggris dan juga Amerika.

Memangnya kalimatnya seperti apa sih koq bisa romantis?
Kalimat ini diucapkan oleh Irene Adler kepada Sherlock Holmes, awalnya dingin saja Sherlock Holmes menanggapi ajakannya, akan tetapi Irene Adler menyampaikan kalimat yang so sweet.. endingnya? …. silakan menyimak.

Irene : kau pernah punya pasangan?
Sherlock : …… maaf?
Irene : saat aku bilang punya, aku tidak sopan.
Sherlock : Aku tak paham
Irene : Maka aku akan halus, …. mari kita makan malam.
Sherlock : Kenapa?
Irene : kau mungkin lapar
Sherlock : Aku tidak lapar
Irene : Bagus
Sherlock : kenapa aku akan makan malam, …… jika tidak lapar?
Irene : Mr. Holmes …. jika ini akhir dari dunia … jika ini adalah malam terakhir, maukah kau makan malam denganku?

Apa jawaban sherlock holmes?
Adegan selanjutnya sesaat setelah Irene Adler mengajak makan malam dengan kalimat yang so sweet yaitu panggilan dengan keras dari induk semang atau ibu kost pemilik rumah yaitu Nyonya Hudson.

Ny. Hudson : Sherlock!!!
Irene : Terlambat
Sherlock : Itu bukan akhir dunia, itu Nyonya Hudson.
Ny. Hudson : Sherlock, ada orang didepan pintu, apakah belnya rusak?

Nah sayangnya dengan panggilan dari nyonya Hudson ini mengakhiri suasana romantis antara Sherlock Holmes dan Irene Adler serta menggagalkan mengetahui jawaban Sherlock Holmes meng iya kan atau menolak ajakan makan malam dari The Woman.

Yang jelas, adegan ini akan lebih mengena dan mengasyikkan jika dilihat dalam film, daripada membaca lewat blog, akan tetapi jika hendak meresapi so sweet nya kata kata irene adler tentu akan lebih asyik membacanya berulang kali dalam bentuk tulisan, bisa dijadikan DP juga khan? 😀

loading...

2 Comments on “Arti Kata Vatican Cameos, kalimat romantis Sherlock Holmes seri Scandal in Belgravia”

  1. Aku baru dengar istilah itu setelah membaca ini.
    Tadinya aku berpikir itu sesuatu tentang Vatican atau uskup Katholik atau segala yg berhubungan dgn Vatikan. Tak taunya tentang Sherlock Holmes 😃

Silakan berkomentar