Daftar Nama Restoran dan Rumah Makan di Ngargoyoso Sepanjang Jalan Karangpandan Kemuning


makanan-awet-tahan-lama-santri-pondok-pesantren

Informasi tentang nama nama restoran atau rumah makan dan tempat oleh oleh yang dapat menjadi referensi tambahan informasi kuliner bagi para penikmat wisata alam di Kecamatan Ngargoyoso yang utamanya menuju area Kebun Teh untuk Ngadem dan menghirup udara segar khas perkebunan.

Pontren.com – assalamu’alaikum mas bro mbak sist. Sabtu kemaren (tanggal 25 Juli 2020) saya iseng menyempatkan diri untuk berusaha memotret melalui hape jadul merk LG seri Q6 sebagai lampiran yang akan ditampilkan dalam postingan ini.

Sayangnya ada beberapa lokasi yang terlewat untuk difoto karena kondisi jalan yang agak ramai sehingga terlalu ribet untuk sekedar berhenti memfoto, bahkan ada juga beberapa rumah makan atau resto yang diambil gambarnya sambil berjalan.

Setidaknya yang terlewat difoto yaitu rumah makan atau restoran blowing dan steak yang berada di wilayah gentungan, disitu posisi jalan yang menikung dan naik turun serta aspal didepan pasar yang ora karu karuan bentuknya membuat kerepotan tersendiri.

Sisi kanan kiri jalan yang tidak luas membuat keinginan sekedar berhenti dan mengambil foto menjadi urung dilaksanakan.

Lha setelah selesai ambil foto ternyata sepanjang jalan Karangpandan-kemuning sudah disesaki oleh berbagai macam rumah makan dan restoran, belum lagi kalau memasukkan warung warung warga sekitar dengan menu nasi, bakso, soto dan mie ayam, bisa makin panjang daftarnya.

Kebanyakan menu yang ditawarkan adalah daging unggas seperti ayam, bebek atau ikan air tawar semisal lele, kakap, dengan berbagai versi masakan bakar atau olahan goreng, garang asem, rica rica, steak dan lain sebagainya.

Nyempil satu dua warung yang menawarkan daging kambing, tentunya menu rumah makan penyedia daging kambing ya sate, gule, lan sak piturute.

Langsung saja, diurutkan daftar ini dari arah barat yaitu pertigaan yang mengarah ke Tawangmangu, Ngargoyoso, Karangpandan, sering disebut dengan protelon nDimoro.

Al Baik Fried Chicken

al-baik-fried-chicken-Karangpandan
al baik fried chicken

Begitu sampean masuk ke jalan arah Ngargoyoso, sampean akan langsung disambut di sebelah kanan jalan (sebelah selatan jalan) dengan sebuah resto yang menyajikan daging ayam sebagai bahan utamanya.

Namanya adalah al Baik Fried Chicken, memiliki andalan menu spesial yang berupa ayam geprek, didepan toko terdapat etalase tempat ayam yang sudah makan sehingga (sepertinya) jika anda hendak membeli ayam saja praktis tidak perlu masuk ke warung atau rumah makan ini.

Argopeni Garden

argopeni-garden-Karangpandan

Ini sih bukan warung atau restoran, lebih tepatnya toko tanaman hias, dimana letaknya diseberang jalan dari al Baik Fried Chicken atau sebelah utara jalan.

Disini menyediakan tanaman hias, anggrek, toga. Saya bingung sih karena memang awam urusan dalam botani maupun tanaman apalagi hias, apakah maksudnya toga itu peralatan wisuda atau memang ada jenis tumbuhan?

Bagi pemburu koleksi tanaman hias bisa sebagai referensi tambahan jika sewaktu waktu datang ke Ngargoyoso, urusan buka tutupnya tidak tercantum dalam plakat papan nama.

D’Moro Coffee n Beverages

D'moro-caffee-n-beverages-Karangpandan

Konsepnya adalah tempat nongkrong atau dikalangan anak mudi disebut dengan kafe. Ya seperti hick akan tetapi memposisikan diri untuk kalangan menengah keatas.

Meskipun bernama minuman (Coffee) saya meyakini berbagai menu santapan untuk isi perut disediakan disini.

Parkirannya cukuplah untuk satu dua mobil atau banyak sepeda motor, bagi anak muda yang sedang kebak kantong mungkin bisa mampir kesini.

Gracie’s Kitchen

gracies-kitchen-Dimoro-Karangpandan

Dari namanya sampean bisa menebak, restoran ini menyediakan menu utama apa? Yup, daging pitik sebagai bahan utama sajiannya.

Dalam poster yang berada tebing sungai nDimoro, disebutkan bahwa resto ini menyediakan snacks (bahasa Indonesia nya = Kudapan) alias makanan ringan atau kecil, kemudian lights meal, artinya daging yang ringan, maksudnya ya kelas ringanlah, kemudian drinks yang maksudnya berbagai minuman.

Letaknya berada di sebelah sungai, saya kira jika anda berada disitu anda bukan hanya membayar makannnya, akan tetapi sampean juga membeli view suasana makan sambil memandangi sungai dimoro yang dulu banyak sekali batu batuannya (sekarang masih banyak tapi berkurang karena ditambang jadi split atau bahan bangunan).

Sebenarnya saya hampir terlewat memfoto rumah makan gracies kitchen ini karena dari depan yang tidak kentara, tapi karena jalan macet (iya macet diatas jembatan nDimoro) sehingga saat antri lewat malah bisa mengetahui ada rumah makan disitu.

Penyebabnya ternyata Bus Damri yang mogok di tanjakan selepas jembatan yang menuju arah Ngargoyoso, lha uniknya dikaca belakang bus tertulis, mari naik bus untuk mengurangi kemacetan. 😀 ironi bus dalam menyampaikan pesan.

Oleh-oleh aneka Ubi

oleh-oleh-ubi-jaya-puntukrejo-Ngargoyoso

Agak jauh jaraknya dari Wilayah Dimoro, sampai di wilayah Desa Puntukrejo tepatnya di alamat Jl. Karangpandan – Kemuning Km. 3 anda akan menemukan tempat oleh oleh yang namanya seperti diatas, menyediakan aneka macam ubi.

Ada ubi bakar, aneka kripik ubi ungu, ubi orange, getuk, timus dan lain lain. Lha di tokonya terdapat tulisan ubi Jaya, entah yang mana yang benar namanya.

WR Richie Barokah

wm-richie-Barokah-Puntukrejo-Ngargoyoso

Beberapa meter setelahnya di sebelah kiri anda (selatan) ada sebuah warung makan yang namanya Richie barokah, sampean bawa mobil bisa parkir dihalamannya, ya kisaran 2 kendaraan roda empat bisa parkir.

Lumayan banyak menu yang ditawarkan yaitu yang berupa nasi dan mie serta lauk ayamnya, berikut daftar menu yang dipasang dalam pengumuman pinggir jalan;

Seblak
Mie Gongso
Mie Ayam
Bakso
Ayam Bakar
Nasi Goreng
Cap Cay
Paklau
Bakmi Goreng
Bakmi Godhog

Jadi sampean bisa mengajak beberapa orang untuk makan disini tanpa perlu khawatir jika ada yang tidak suka menu tertentu karena ada alternatif lain untuk disantap.

Markas Rica-rica

markas-rica-rica-puntukrejo-Ngargoyoso

Halah sampean jalan kaki dari WM richie barokah ke rumah makan ini juga sampai, karena hanya dipisahkan oleh gang kecil di sebelah timurnya, sama sama berada disebelah selatan pinggir jalan Karangpandan Kemuning.

Seperti namanya, merupakan model menu dengan masakan ricarica, berbagai unggas siap disajikan disini seperti puyuh, Joper, Bebek, dara, mentok, kalkun, kambing, menerima pesan antar juga yang disitu dicantumkan nomor atas nama Agus Pee.

Saya agak bingung dimana parkir mobil jika hendak makan disini, mungkin disisi jalan atau pada gang yang pastinya sudah diatur oleh pihak pemilik rumah makan.

Hiek Jadoel Mbah Shaly

hiek-jadoel-mbah-shaly-dilihat-dari-depan

Sedikit keatas lagi puluhan meter, di sebelah utara jalan (kanan Jalan kalau dari Karangpandan) terdapat warung yang bernama Hiek Jadoel Mbah Shaly

Berbentuk lesehan yang sampean jangan mencari cari angkringan gerobak dorong sebagai ciri dari pedagang hick.

Menu yang ditawarkan termasuk banyak, beragam makanan dan minuman tersedia.

Berikut menu yang ada pada hiek ini yang tertera dalam buku panduan harga dan menu.

Daftar Menu Makan

Bakmi Goreng Ayam Kampung
Bakmi Godok Ayam Kampung
Nasi Mawut Ayam Kampung
Nasi Goreng Ayam Kampung
Nasi Liwet Ayam Kampung
Soto Ayam Kampung
Kare Ayam Kampung
Nasi Kucing Piring
Nasi Kucing Bungkus

Daftar Minuman

Bir Pletok
Teh Poci
Jahe Susu
Jahe gepuk
Jahe Kencur Jeruk Nipis
Wedang Bandrek
Wedang Bajigur
Wedang secang
Wedang rosela
Wedang Mahkota Dewa
Wedang Asem Kecut
Wedang teh tarik
Wedang Jeruk
Wedang Kopi Ireng
Wedang Teh Panas

Sampean tinggal pilih menu yang hendak disantap, aneka soto kisaran lima ribuan, nasi ayam sekitar 10 ribuan, sedangkan minuman selain es teh kopi jeruk kebanyakan berada di kisaran Rp. 5.000,-.

Jalan sebentar ketemu balai desa Puntukrejo, disitu memang tidak ada rumah makan, akan tetapi menjadi hutan belantara MMT dan tempat iklan restoran restoran untuk menarik perhatian pengunjung.

Ada 4 atau lima bahkan mungkin enam tambah yang kecil kecil resto rumah makan yang memajang iklan di area ini, saya lihat ada Green Yard, Resto Kampoeng Karet, Resto Segoro Ijo, Royal Cafe & Resort, istana roda.

Kampoeng Karet

Jika sampean mengambil arah kanan sampean akan bersua dengan warung atau rumah makan yang berada ditengah hutan karet, namanya kampoeng Karet.

Saya pribadi belum pernah kesana dan melihatnya secara langsung untuk resto ini.

Ditambah dengan rusaknya jembatan drojo yang semenjak puasa sampai saat sekarang belum diperbaiki semakin mengucilkan niat untuk mengunjungi rm ini.

Bakmi Jowo Rahayu

rumah-makan-rahayu-bakmi-jowo-Puntukrejo-Ngargoyoso

Kalau sampean memilih arah kiri (utamanya mobil karena jika ngeyel ke Kanan jadi gak sampai Ngargoyoso, ingat jembatan rusak) sampean akan melewati jalan berkelok asyik bermanuver, disebut dengan Geneng, lidah jawa menyebut dengan ngGeneng.

Di kelokan akan nampak sebuah rumah makan yang bernama rahayu yang menyediakan berbagai macam bakmie Jowo. Ada tambahan menu lain yaitu ayam dan bebek Goreng Kremes bisa disajikan.

Akan tetapi pas saya lewat sepertinya sedang off alias tutup tidak beroperasi, entah apa karena liburnya hari sabtu atau memang sedang libur panjang belum saya ketahui situasinya.

Rumah Makan Mbak Ning Drojo

rumah-makan-mbak-ning-2-Drojo-Ngargoyoso

Sedikit perjalanan kira kira 2 atau tiga menit sampean akan sampai ke daerah yang bisa dikatakan sebagai hutan restoran dan rumah makan di Kecamatan Ngargoyoso, disini berkumpul rumah makan restoran dengan kapasitas parkir dan ruang untuk menampung ratusan orang sekaligus.

Daerah perbatasan Girimulyo Ngargoyoso ini menjadi lokasi favorit para pemilik dana untuk membuka restoran rumah makan kelas raksasa untuk ukuran Ngargoyoso.

Salah satunya yaitu Rumah Makan Mbak ning yang berada di Drojo letaknya sebelah atau di Seberang Masjid, sehingga Muslimin bisa praktis makan sekaligus melaksanakan kewajiban di area ini.

Parkiran luas, bisa menampung banyak orang dan juga disediakan untuk disewa sebagai tempat hajatan yang mampu menampung undangan ulem yang banyak, tetangga kayaknya pernah nyebar ulem beberapa ribu dan bertempat di rumah makan mbak ning ini (yang bawah ya).

Bali Ndeso

rumah-makan-bali-nDeso-Ngargoyoso-Karanganyar

Nah sebagai hutan resto, sampean naik sedikit setengah atau satu menit naik mobil akan sampai ke restoran yang lain yaitu Bali Ndeso, disitu juga ada tulisan akan segera dibuka Bali Berry, sepertinya seperti kebun stroberry yang dipakai untuk menarik pengunjung dalam petik memetik.

Area luas, dan mudah dicapai baik kendaraan bermotor atau mobil, ada teman saya yang mereview sedikit minus tentang rumah makan ini, akan tetapi tidak akan saya ungkap disini karena bisa saja itu merupakan opini pribadi yang sepihak.

Omah Simbok

rumah-makan-omah-simbok-ngargoyoso-karanganyar

Namanya juga hutan, sampean jika kurang minat makan atau nongkrong di rm bali ndeso, sampean cukup jalan kaki ke timur disitu akan menemukan rumah makan yang lain bernama rumah makan omah simbok, sama sama dengan area parkir luas dan bisa menampung banyak orang.

Letaknya berhimpitan dengan rm Bali Ndeso, berada di seberang parkir Rumah Makan D’rojo Resto yang juka menurut saya termasuk RM yang besar di Ngargoyoso (secara area).

D’rojo Velley Coffee & Resto

drojo-valley-caffee-and-resto-Ngargoyoso-Karanganyar

Masih di hutan rumah makan dan restoran di Ngargoyoso, didepan rumah simbok dan Bali Ndeso, terdapat rival yaitu sebuah resto yang dinamakan dengan nama D’rojo. Saya kira nama ini terinspirasi dari nama dusun yang menjadi lokasi resto.

Sepanjang yang saya tahu, area wilayah tersebut termasuk dalam lokasi kampung Drojo, yang mana tetangga saya biasa menyebut dengan nDrojo, selanjutnya dilakukan edit sedikit sehingga menjadi D’rojo resto.

Kalau malam lampu pada resto ini nampak menarik, warna warni kelap kelip dan berada ditebing yang lumayan tinggi. Teman saya mengatakan harga makanan disini standar sebagaimana umumnya. Maksudnya bukan harga yang membumbung tinggi.

RM mbak Ning Gentungan

parkiran-rm-mbak-ning-penuh

Nah ini termasuk rumah makan yang lama di Ngargoyoso, berada di kelokan yang adakalanya parkiran membuat agak kerepotan bagi pengendara yang lain sekedar lewat didepannya karena lalu lintas mobil yang parkir keluar masuk.

Ditambah lagi sepanjang dari proyek sampai gentungan ini raksasa raksasa restoran berada, membuat lalu lintas disini tidak bisa diprediksi kelancarannya.

Bagi orang yang kantongnya pas pasan ya lumayanlah hanya kebagian macetnya saja hahahaa…. semoga segera makmur yang kantongnya masih pas pasan. Amiin.

Blowing resto

Termasuk salah satu resto yang berada di tebing lumayan curam, parkirannya luas akan tetapi berada agak bawah disana, ada yang bilang ada kolam renang air hangatnya, sayangnya posisi restoran yang berada di tanjakan dan tikungan membuat repot untuk mengambil gambar dari rumah makan ini.

Sebelum resto ini ada sebuah rumah makan yang menyediakan steak ayam atau daging lainnya, kalau gak salah namanya estella atau semisalnya, kasusnya sama yaitu posisi berkendara menyulitkan pengambilan pic resto, yang saya lihat memang sampean agak sulit jika membawa roda empat untuk parkir di steak ini meskipun sebenarnya juga bisa.

Sate Kambing Blowing

sate-kambing-blowing

Selepas gentungan naik sedikit di wilayah selourik, bagi penyuka daging kambing khususnya menu sate sekarang tidak harus turun sampai karangpandan, di Girimulyo pun ada tepatnya di daerah Selourik sebelah kanan (utara jalan) tepat di pinggir jalan).

Nama Blowing bisa jadi merupakan induk perusahaan dari warung sate ini yang masih satu manajemen dengan resto Blowing. Disini adalah vendor penyedia sate dan kawan kawan ini, tentunya daging kambing muda sebagai bahan utamanya.

Warung sate ini menyediakan menu Tengkleng, tongseng, gule, babat Gongso.

Urusan parkir bisalah menampung 5 buah kendaraan pribadi sekaligus semisal avanza xenia panther rush terios dan yang sejenisnya seperti suzuki ataupun nissan grand Livina. Kepepetnya bus juga bisa merapat.

RM Mbak Ary

RM-Mbak-Ary-Selourik-Ngargoyoso
RM-Mbak-Ary-Selourik-Ngargoyoso

Jalan sedikit beberapa meter di seberang jalan Warung sate (sebelah selatan Jalan) ada rumah makan yang menyediakan berbagai macam unggas, namanya rumah makan mbak ari.

Rumah makan ini menyediakan berbagai macam ayam dan bebek goreng maupun kremes, tutup sampai dengan jam 9 malam.

Saya pernah makan malam disini dua kali, kebetulan yang meladeni dulu pernah satu sekolah dengan saya saat SD diwaktu kali kedua makan disini. Bagi saya sih urusn rasa adalah average.

Rocket Chicken Nglorok

rocket-chicken-Ngargoyoso-di-Nglorok

Lanjut perjalanan, di pertigaan arah ke Wisata Candi Sukuh, Tahura dan atasnya dan satunya menuju arah Ngargoyoso Perkebunan kemuning, di sebelah kiri jalan (barat selatan) terdapat bangunan yang akan dipergunakan oleh rumah makan franchise rocket chicken.

Bagi yang pernah makan di rocket chicken, saya rasa urusan menu rasa harga bisa dikatakan mestinya standar sebagaimana rasa rocket chicken dibelahan manapun didunia ini.

Setidaknya secara harga umumnya nasi minuman dan ayam antara 10 ribu keatas. Ada geprek dan menu lain semisal dadar telur dan juga nasi goreng. Urusan harga ya umumnya rocket chicken.

Omah Jambu Rumah Makan dan Pusat Oleh oleh

omah-jambu-segondang-ngargoyoso

Lanjut turun lagi memasuki daerah Segondang, sebelah kanan anda waktu turunan terdapat pusat oleh oleh sekaligus rumah makan.

Namanya omah jambu.

Adapun menu makanan yang ditawarkan adalah macam daging unggas dan ikan air tawar, tepatnya seperti ayam goreng, ayam bakar, rica rica mentok, nila bakar, nila goreng.

Urusan apa saja jajanan oleh olehnya belum diketahui, biasanya ya umumnya yang dijual oleh warung yang lainnya.

Waroeng Oleh oleh Khas Ndeso

waroeng-oleh-oleh-khas-ndeso-Segondang-Ngargoyoso

Turun lagi beberapa ratus meter kebawah, tepatnya setelah SD Girimulyo dan Balai Desa Girimulyo di Kiri Jalan terdapat sebuah pusat oleh oleh. Namanya adalah Waroeng Oleh oleh Khas nDeso.

Bermacam kripik dan goreng gorengan tersedia disini.

Contoh yang dijual seperti oleh oleh Timus ungu, timus madu, tahu bakso, gethuk krispy, gethuk tales, dan camilan.

Jika sampean meluangkan waktu sedikit, makanan timus bisa disediakan dengan keadaan hangat diangkat dari wajan karena anda bisa meminta untuk produk yang paling mutakhir yaitu digoreng ditempat.

Waroeng Ndeso Sambel Abang Sambel Idjo

Waroeng-Ndeso-Sambel-Abang-Sambel-Idjo

Mepet dengan tempat oleh oleh ini ada sebuah rumah makan yang mengedepankan sambal sebagai ciri khasnya yaitu sambel abang (sambal merah) dan sambel ijo (sambal hijau).

Tentunya sambal ini sebagai pendamping menu makanan berupa daging dan ikan, entah itu ayam atau bebek ataupun nila gurameh lele dan lain sebagainya.

Beberapa saat saya lewat rumah makan ini tidak seramai rumah makan lainnya semisal rm mbak ning ataupun bali Ndeso, Ndoro Donker atau yang lainnya.

Bisa jadi saat saya lewat pas bukan waktu jadwal orang makan makan.

Wahana Wisata Padas Ombo Resto Renang Tubing

padas-ombo-resto-ngargoyoso

Sebentar turun sampean akan sampai ke satu paket tempat bersantai yang menyediakan tempat renang, tubing sekaligus tempat makan yang disebut dengan resto Padas Ombo.

Ponakan saya pernah renang disini dan katanya gratis, hanya bayar makanan yang dibeli saja, untuk urusan tubing tentu ada biayanya karena diperlukan pendamping saat mengarungi air.

Lokasi tempat ini luas dan bisa dipakai parkir beberapa jetbus sekaligus.

Untungnya letaknya berjauhan dengan hutan rimba rumah makan resto di daerah Gentungan Drojo sehingga ada alternatif tempat luas yang lain selain di Dusun Drojo.

Bakso Mie Ayam Potrojalu

bakso-potrojalu-Girimulyo

Kebarat sedikit memasuki wilayah Dusun Potrojalu yang masih dalam area Desa Gadungan, ada rumah makan atau warung bakso dan mie ayam yang dikemas lumayan rapi dan letaknya strategis.

Berbagai model bakso dan mie ayam dihidangkan disini.

Menurut plakat papan nama, menu yang ada pada warung bakso dan mie ayam ini adalah;

Bakso Huhah
Bakso Rusuk
Bakso Beranak
Bakso Yelur
Mie Ayam
Mie + Bakso (biasane disebut Mieso)

Itulah spesial menu yang dijual pada rumah makan atau resto atau anda bisa menyebutnya warung bakso.

Rumah Makan Nova

rumah-makan-nova-ngargoyoso

Sampean jalan lagi dikit akan sampai di rumah makan yang termasuk pemain lama, namanya rumah makan nova, berbagai menu ayam bebek dan masakan ikan air tawar disajikan disini.

Saya pernah makan disini juga, agak lupa menu yang dipesan, kalau ga ayam ya paling gurame atau ikan yang lain.

Beberapa teman menyetujui cocok untuk masakan disini dilidah mereka, secara harga relatif ditengah tengah, enggak murah, enggak juga mahal.

Model bangunan dibuat kesan kuno dengan bentuk rumah joglo dan dinding dari susunan bata yang mengesankan seperti bangunan pada film kerajaan di nusantara zaman dahulu.

Selain menjual makanan matang siap saji, rumah makan ini juga menjual ikan dalam keadaan segar, untuk urusan kapan waktu buka dimulai jam 09.00 WIB dan tutup jam 17.00 WIB alias jam 5 sore.

Urusan tempat parkir memang tersedia, akan tetapi adakalanya karena banyak pengunjung menyebabkan parkiran penuh dan mobil berjejer di sepanjang jalan depan rumah makan sampai dengan pertigaan Segondang Gadungan dan Potrojalu.

Yang orang sekitar dan mungkin belum pernah jajan disitu lumayanlah kebagian sedikit repot liwat hehe.

Rumah Makan Tengah nDeso

RM Tengah Ndeso Girimulyo
RM Tengah Ndeso Girimulyo

Terletak beberapa ratus meter dibelakang rumah makan Nova, tepatnya berada ditengah tengah kampung potrojalu, dari RM nova, sampai pertigaan ambil arah kiri, kemudian susuri Jalan, lewati jembatan sungai, ada pertigaan dan masjid, tetap lurus, jalan sebentar, ketemu perempatan, pilih kekanan yang ada gerbangnya, jalan lurus dan anda akan sampai di lokasi, letaknya sebelah kiri jalan (ada MMT nya).

Rumah makan ini memiliki citarasa yang bagus dan tak kalah dengan restoran rumah makan disepanjang jalan karangpandan kemuning.

Selain itu dengan citarasa bersaing, ada selisih harga yang lumayan jika anda beramai ramai datang untuk makan.

Adapun menu yang disediakan disini adalah ;

Menu Ayam

Ayam Goreng/Bakar (besar)
Ayam Goreng/Bakar (kecil)
Ayam Bumbu Asam Manis + Nasi
Ayam Penyet + Nasi
Ayam Kampung (Goreng/Bakar) + Nasi

Menu Bebek & Ikan

Bebek Goreng/Bakar + Nasi
Kakap Goreng/Bakar + Nasi
Lele Goreng/Bakar + Nasi

Menu Aneka Nasi & Bakmi

Nasi Goreng
Bakmi Goreng Jowo
Bakmi Godok Jowo
Paklay
Nasi Pecel + Telur
Nasi Soto (Besar)
Nasi Soto (kecil)

Paket Spesial ingkung

Goreng/Bakar + Nasi + Teh Panas untuk (5 orang)
Bumbu Asam Manis + Nasi + Teh Panas (untuk 5 orang)

Minuman

Cappucio
Good Day
Black Coffee
White Coffee
Kopi Susu
Coklat Panas

Teh Panas
Teh Kempul
Es Teh
Jeruk Panas
Es Jeruk
Susu Jahe
Juice
Pop Ice
Ice Cream

Aneka camilan dan cemilan

Getuk
Pisang Goreng
Mendoan
Tahu Goreng
Tahu Bakso
Singkong
Fried Fries

Resto & Tea Bar Taman Saraswati

Resto-&-Tea-Bar-Taman-Saraswati

Setelah dari nova, anda akan melewati sungai yang disitu ada sebuah wisata adrenaline yang bernama senatah adventure alias tubing, yaitu kegiatan wisata alam yang mendebarkan dan mengasyikkan. Saya dua kali mengarungi sungai ini dengan para pemudanya yang baik hati dan ramah.

Nah disamping tubing senatah adventure ada sebuah resto dan tea bar taman saraswati, berbentuk taman yang lumayan cakep untuk selfie selfie dengan konsep yang menarik bagi beberapa orang.

Mestinya menu disini berupa minuman teh dan juga makanan ya antara unggas dan ikan air tawar. Sekedar informasi, wilayah resto tea ini sudah masuk di Dusun Gadungan Desa Girimulyo.

Watu Wangi Craft Gallery

watu-wangi-craft-galery

Satu lagi rumah makan yang luas dan bisa menampung banyak orang dan area parkir yang memadai, terletak di tengah Dusun Gadungan tepatnya RW 14, di sebelah timur Masjid Besar Baiturrahman, disitu terdapat rumah makan yang menggunakan hot plate sebagai media makannya.

Memiliki area yang luas dan juga berbagai tempat yang dapat dijadikan berlarian anak kecil, positifnya rumah makan ini tidak berada disamping jalan raya sehingga mengurangi kekhawatiran anak kecil yang usil keluar.

Letaknya dari lapangan Gadungan ke utara dan di perempatan mantan kantor Kecamatan kebarat sedikit, tralalaa… sudah sampai.

Rumah Makan Jawa

rumah-makan-jawa-Gadungan-Girimulyo-Ngargoyoso

Letaknya di sebelah timur Lapangan Gadungan dan berada satu kompleks dengan mushola Nurul Iman, dalam slogannya berbunyi “Hanya Rp. 9.000,- (Hanya sembilan ribu).

Terletak disebelah kanan jalan (Selatan jalan) jika anda naik kendaraan dari arah karangpandan.

Namanya sih masakan jawa, akan tetapi menu yang disediakan adalah sebagai berikut;

Ayam Goreng
Ayam Bakar
Ayam Geprek
Lele Goreng/Bakar
Pecel Iwak Kali/dll
Dijual pula aneka bunga dan bonsai.

Ada lokasi parkir yang cukupan untuk anda baik motor ataupun mobil.

Bale Branti

Rumah-Makan-Bale-Branti-Girimulyo-Ngargoyoso

Ini merupakan salah satu rumah makan senior di wilayah Ngargoyoso, bisa dikatakan adik dari RM Ndoro Donker secara usia.

Terletak di sebelah timur Dusun Tlukan atau RW 13 Dusun Girimulyo, dahulu tempat ini adalah area persawahan yang disulap menjadi rumah makan seperti sekarang ini.

Dimasa tahun 90 an tempat ini kalau tidak ditanami padi ya ditanam telo ataupun jagung, saat musim angin sering menjadi lokasi bermain layang layang anak anak dan remaja desa (saat ini banyak anak yang dulu main layangan menjadi pemuda, dan remajanya dulu yang bermain layang layang sudang menjadi pria dewasa).

Selain sebagai rumah makan alias restoran, tempat ini juga disewakan untuk pelaksanan acara hajatan pernikahan.

Rumah Teh nDoro Donker

rumah-teh-ndoro-donker-Ngargoyoso

nah inilah dia rumah makan yang menjadi tonggak terkenalnya tempat kuliner atau piknik makanan di Ngargoyoso, terlepas dari kontroversi berita yang tidak jelas beredar lalu lalang, sedikit banyak para pelaku bisnis wisata patut berterima kasih ke nDoro Donker.

Dimana dengan namanya yang berkibar dan terkenal sebagai tempat minum teh kaum elit menjadikan banyak orang lebih mengenal Ngargoyoso dan kebun tehnya, bisa merupakan sinergi positif yaitu antara kebun teh dan tea garden nDoro Donker.

Dahulu lokasi resto nDoro Donker disebut oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Dongkeran, yang kemudian dijadikan brand dengan lambang wong londo Kumisen seperti pak raden dan diberi nama nDoro Donker.

Meskipun banyak bermunculan rumah makan dan juga tempat minum di Ngargoyoso, sepertinya nDoro Donker tetap mampu bertahan ditengah persaingan usaha kuliner di Ngargoyoso yang semakin penuh sesak dengan para pemain kakap.

Tinggal ditunggu saja nanti seleksi alam siapa yang bertahan dan siapa yang tumbang dalam bisnis makanan ini.

Saya pribadi belum pernah sih berkunjung dan makan minum menu yang ditawarkan, tapi kata teman saya rasanya sih enak (ya iyalah menurut dia enak karena dia bekerja disitu), setidaknya nanti kalau masa corona berlalu insyaallah aye akan meluangkan waktu kesitu bersama gebetan hiihihii…

Penutup

Untuk saat ini, itulah berbagai restoran, rumah makan ataupun tempat nongkrong caffee ataupun tea di wilayah Ngargoyoso pada khususnya dan umumnya sepanjang jalan dari Karangpandan dimulai pertigaan nDimoro sampai dengan Kemuning dengan Batas Resto nDoro Donker.

Secara teknis rasa, saya meyakini keseluruhan restoran ini memiliki ahli atau tukang masak yang pilihan sehingga urusan rasa saya cenderung memberikan penilaian antara enak dan enak sangat, setidaknya cocok dilidah.

Perihal menu tentu tergantung selera, apakah konsumen suka ayam, lele, gurami, daging kambing dan lain sebagainya, dengan banyaknya rumah makan ini membuat pilihan semakin beragam, termasuk makanan terdahulu urap botok dan lain sebagainy.

Kenapa tidak sampai kemuning? Wilayah kemuning mirip karangpandan alias kompleks pasar sehingga agak repot untuk review satu persatu, tapi semoga saja bisa diwaktu yang lain, masih ada beberapa rumah makan besar yang tak tersentuh tulisan ini karena memang saya yang kuper saja, serta malas menuju lokasi yang agak menjorok kedalam. Semoga menambah informasi tentang wisata kuliner di Ngargoyoso, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.