Kalender Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah

kaldik madin

Informasi tentang Kalender pendidikan Madin MDT tahun pelajaran 1441-1442 H/2020-2021 M dari Provinsi Jawa Tengah yang tertuang dalam Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Nomor 2973 tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan Madrasah Jawa Tengah Takmiliyah di Jateng TP sebagaimana diatas.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng siang para pengasuh lembaga pendidikan madin baik jajaran pengurus pengelola serta ustadz kiai dewan pengajar pada lembaga pendidikan Islam nonformal ini, semoga kesehatan keselamatan dan keberkahan senantiasa dilimpahkan kepada kita semuanya.

Keberadaan dari Kaldik MDT alias madin ini dalam rangka pelaksanaan dari Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 7131 tahun 2014 tentang Revisi Keputusan Dirjen Pendis no 2347 tahun 2012 tentang pedoman penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah yang perlu disusun Kalender Pendidikan Madin tahun berjalan.

Selanjutnya dalam rangka menunjang efisiensi dan efektifitas manajemen pengelolaan lembaga pendidikan Diniyah takmiliyah perlu disusun pedoman penyusunan kalender pendidikan madin.

baca : Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 7131 tahun 2014

Dalam kaldik ini menjadi pedoman bagi guru pengajar pada jenjang awaliyah, wustha dan ulya khususnya provinsi Jawa Tengah dalam rangka melaksanakan kegiatan pembelajaran dan panduan kerja dalam mewujudkan prose pembelajaran yang bermutudi Madrasah Diniyah Takmiliyah yang meliputi jadwal pembelajaran, ulangan, ujian dan hari libur.

Bagi para pengelola lembaga madin mendapatkan kesempatan untuk menyusun kalender secara mandiri menyesuaikan kondisi serta kebutuhan dengan mengacu pada pedoman penyusunan kaldik madin ini.

Apa sih yang dimaksud dengan kalender pendidikan yang biasa disebut dengan kaldik?

Kaldik adalah suatu pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik/santri (dalam hal ini tentunya MDTA MDTW MDTU dan MDTJ) selama satu tahun pembelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran dan hari libur.

Baca : Format Raport Madin sesuai SK Dirjen

Sedangkan dalam juknis ini pengertian dari Madrasah diniyah Takmiliyah adalah lembaga pendidikan keagaman Islam diluar pendidikan formal yang diselenggarakan secara terstruktur dan berjenjang sebagai pelengkap pelaksanaan pendidikan keagamaan bagi santri yang belajar di lembaga formal umum (BAB I Pendahuluan Pasal 1 ayat 3).

Dalam Kaldik madin di Jawa tengah, pelaksanaan penerimaan santri baru dilaksanakan pada bulan syawal, sedangkan bagaimana ketentuan teknis tentang PSB diatur lebih lanjut oleh lembaga masing-masing.

Yang agak aneh sih perencanaan pengaturan kelas dan penyusunan jadwal pelajaran harus sudah selesai pada tanggal 15 Syawal 1441 atau tanggal 7 Juni 2020, padahal juknis ini ditetapkan di Semarang pada tanggal 13 Juli 2020.

Tapi bukan masalah, yang penting ada peningkatan dalam manajemen madin dimana sebelumnya tidak terendus keberadaan panduan kaldik sehingga madin banyak yang pembelajaran alakadarnya tanpa ada kegiatan ujian maupun pembagian raport.

Beban Kewajiban Kepala Madin dan Guru di Tahun Ajaran Baru

Kelompok-Kerja-Kepala-Madrasah-Diniyah-Takmiliyah-MKKMDT

Bagi kepala Madrasah Diniyah pada awal tahun pelajaran baru diberikan beban yang dalam kategori wajib yaitu membuat program;

  • Rencana Kerja Tahunan;
  • Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja;
  • Kalender pendidikan/akademik (lha ini)?
  • Pelaksanaan proses pembelajaran;
  • Pengawasan proses pembelajaran;
  • Program supervise; dan
  • Pedoman pelaksanaan MDT.

Pedoman sebagaimana dimaksudkan diatas terdiri dari;

  • Kurikulum MDT;
  • Struktur Organisasi MDT;
  • Pembagian tugas pengajar dan tenaga kependidikan;
  • Peraturan akademik;
  • Tata tertib MDT;
  • Tata tertib pengaturan dan pemeliharaan sarana prasarana; dan
  • Kode etik dan tata karma hubungan antara sesame warga dalam lingkungan MDT maupun masyarakat.

Dalam hal awal tahun pembelajaran, bagi guru pengajar tenaga pendidik pada MDT mendapatkan beban yang sifatnya wajib untuk melakukan penyusunan pembelajaran yang mencakup;

  • Program tahunan;
  • Program semester;
  • Rencana pelaksanaan pembelajaran.

Dalam ketentuan ini bahwasanya tanggal permulaan pembelajaran madrasah diniyah takmiliyah dimulai pada tanggal 15 Syawal atau 7 Juni (sudah berlalu sebulan lebih).

Jadwal ujian tengah semester

pengawas ujian santri putri (ilustrasi)
pengawas ujian santri putri (ilustrasi)

Pelaksanaan ulangan tengah semester, ujian akhir semester dan ujian akhir Madin dilaksanakan pada;

  • UTS Gasal tanggal 17-22 Muharram 1442 H/ 5-10 September 2020
  • UTS Genap Tanggal 19-22 Jumadil AKhir 1442 H/1-4 Februari 2021
  • UAS Hasal tanggal 7-11 Rabi’ul Awal 1442 H/24-28 Oktober 2020
  • UAS Genap (Kenaikan Kelas) tanggal 6-10 Sya’ban 1442 H/20-24 Maret 2021
  • Ujian Akhir Madrasah Diniyah Takmiliyah tanggal 22-26 Rajab 1442 H/6-10 Maret 2021

Pelaksanaan pengolahan nilai ujian

Semester Gasal 12-17 Rabi’ul Awal 1442 H/29 Oktober – 4 November 2020
Semester Genap tanggal 11-15 Sya’ban H/25-29 Maret 2021

Jadwal Penyerahan raport hasil nilai pembelajaran MDTA untuk semester gasal pada tanggal 18 Rabi’ul Awal 1441 H/4 November 2020 M dan semester genap (kenaikan kelas) tanggal 16 Sya’ban 1441 H atau 30 maret 2020.

Masa liburan Madin

Dalam kaldik ini tercantum juga liburan semester gasal yang berlangsung dari tanggal 19 – 25 Rabi’ul Awal H/5 s.d. 11 November 2020 M dan liburan akhir tahun mulai tanggal 17 Sya’ban s.d. 167 Syawal 1442 H/31 April s.d. 29 Mei 2021.

Baca : Juknis Penulisan Ijazah Madin

Dalam hal hal lain yang belum diatur dalam keputusan ini dapat diatur lebih lanjut oleh Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten atau kota setempat.

Download Kaldik Madin

Sebelumnya akan ditampilkan preloved atau penampakan yang dapat dilihat seperti apa bentuk dari Kalender ini dalam format PDF tanpa anda harus mengunduhnya terlebih dahulu.

SK Kakanwil ini terdiri dari 15 lembar dimana pada 2 lembar halaman terakhir terdapat bagan kaldik dalam bentuk angka arab (mantab, madin banget).

Berikut penampakannya.

Demikian informasi mengenai kaldik madin dan unduh gratis free download dalam format pdf yang berlaku di Jawa Tengah, meskipun begitu dapat dipergunakan di pulau sumatera, Kalimantan, bali, Sulawesi, papua, atambua, maupun Jawa Barat Jawa Tengah Banten Jakarta Madura.

Ada kesulitan dalam mengunduhnya? Berikut kami lampirkan tautan pengunduhan.

Download kaldik madin th 1441-1442 H/2020-2021 M

Demikian informasi yang dapat disampaikan, selamat mengelola madin, silakan dipersiapkan soal soal ujian semesteran baik gasal maupun genap serta ujian akhir dan daftar santri yang diajukan nomor serta blangko ijazah MDT. Wilujeng sonten, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar