Juknis Pengelolaan BOP RA tahun 2020

Juknis BOP RA

Download Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan pada Raudhatul Athfal dan Bantuan Operasional pada Madrasah tahun anggaran 2020 dalam format PDF yang menjadi acuan dalam BOP RA sebagai panduan kepengelolaan keuangan bantuan dimaksud.

pontren.com – assalamu’alaikum para ustadz ustadzah guru pengajar yang baik hati imut dan rajin menabung, Juknis BOP RA ini tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 7330 tahun 2019 tentang juknis pengelolan BOP pada RA dan BOS pada Madrasah tahun Anggaran 2020.

Adapun tujuan dari SK Dirjen no 7330 tahun 2019 ini dalam rangka peningkatan akses serta mutu pendidikan madrasah, diperlukan pengalokasian Bantuan Operasional Pendidikan pada Raudlatul Athfal dan Bantuan Operasional pada Madrasah.

Dan pertimbangan guna peningkatan akuntabilitas pengelolaan bantuan operasional diatas selanjutnya diperlukan penetapan petunjuk teknis.

Ketetapan dalam Juknis Pengelolaan BOP Raudlatul Athfal

Dengan pertimbangan dua hal diatas perlu penetapan SK Dirjen Pendis mengenai juknis pengelolaan BOP RA dan BOS Madrasah di tahun 2020.

Dalam ketetapan ini akhirnya menetapkan;

Pertama, menetapkan Juknis Pengelolaan BOP RA dan BOS Madrasah pada tahun anggaran 2020 sebagaimana tercantum dalam lampiran dan merupakan bagian yang tak terpisah dari SK Dirjen ini.

Kedua, juknis dimaksud merupakan pedoma untuk tim pengendali dan pengelola Bantuan Operasional dari Tingkat Pusat, Provinsi, Kab kota dan satuan pendidikan baik RA dan Madrasah dalam kegiatan pengelolaan dana, penggunaannya serta pertanggungjawabannya.

Ketiga, keputusan ini mulai dberlaku sejak ditetapkan yaitu pada tanggal 27 Desember tahun 2019 di Jakarta dan di Tanda tangani oleh DIrektur Jenderal Pendidikan Islam pada waktu itu yaitu Kamaruddin Amin.

Tujuan BOP dan BOS

Dalam juknis disebutkan ada 4 tujuan dari keberadaan Bantuan Operasional Pendidikan RA dan Bantuan Operasional Sekolah pada Madrasah yaitu;

  1. Sebagai bantuan dana biaya operasional dan non personalia pada RA atau Madrasah guna peningkatan mutu pembelajaran dan pemenuhan sebagian SNP;
  2. Meringankan beban biaya pendidikan terutama peserta didik dan keluarga tidak mampu dengan membantu (discount fee) dalam hal tagihan biaya pendidikan;
  3. Membantu RA atau madrasah dalam hal peningkatan kualitas proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar);
  4. Mendukung program strategis pemerintah dalam mengatasi stunting pada anak usia dini.

Kriteria Sasaran Penerima BOP RA

Dalam hal sasaran penerima BOP yaitu RA yang diselenggarakan oleh masyarakat dengan kriteria;

  • Memiliki izin operasional yang ditetapkan oleh Kemenag selambat lambatnya 1 tahun pada tanggal 1 Januari tahun 2020, pengecualian bagi daerah 3T dan atau di perbatasan Negara sebagaimana ditetapkan oleh Kementerian maupun lembaga yang berwenang.
  • RA yang belum memiliki izin operasional, peserta didiknya tidak boleh dititipkan kepada RA yang telah berizin dengan maksud agar siswa titipan ini mendapatkan dana BOP melalui RA yang telah berizin;
  • Telah melakukan pemutahkhiran data pada EMIS di tahun berjalan.

Besaran Dana BOP RA dalam 1 tahun

Untuk jumlah dana BOP bagi RA bagi masing masing siswa santri anak didik adalah sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah) per satu tahun.

Mekanisme Penyaluran BOP RA

Ketentuan serta mekanisme dan waktu penyaluran BOP pada Raudlatul Athfal adalah sebagai berikut;

  • Penyaluran BOP RA pada tahun anggaran 2020 diberikan untuk masa 12 bulan perode januari sampai Desember 2020;
  • Penyaluran BOP RA yang diselenggarakan oleh masyarakat dilakukan dalam 2 tahap yaitu tahap pertama pada bulan Januari-Juni dan tahap 2 pada bulan Juli-Desember tahun 2020.

Download Juknis Pengelolaan BOP RA tahun 2020

Beriku ini adalah tautan untuk mengunduh file juknis BOP RA dalam format PDF yang menjadi panduan para pengelola Raudlatul Athfal baik guru ataupun Kepala RA.

Sebelum diunduh, akan ditampilkan penampakan secara preloved alias tidak perlu mengunduh atau mendownload jika hanya perlu membacanya saja.

Berikut tampilannya.

File ini jika dicetak memerlukan kertas sebanyak 103 halaman yang lumayan tebal, akan tetapi jika point poin yang diperlukan tentunya tidak sebanyak yang akan dicetak.

Ada problem pengunduhan secara langsung melalui tampilan preloved diatas? Kami lampirkan tautan untuk unduh gratis free download file SK Dirjen Pendis no 7330 tentang Juknis Pengelolaan BOP pada RA dan BOS pada madrasah dibawah ini;

Download Juknis BOP RA Tahun 2020

Demikian informasi mengenai petunjuk teknis Bantuan Operasional Pendidikan Raudlatul Athfal, semoga diberikan kemudahan dalam pengelolaan dan mendapatkan murid santri yang melimpah ruah sehingga RA anda maju berkembang dan menjadi suri tauladan untuk TK maupun RA di lingkungan sekitar anda.

Wilujeng sonten, wassaalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar