PMA no 2 tahun 2020 Penyelenggaraan Penguatan Pendidikan Karakter


PMA no 2 tahun 2020

Download Peraturan Menteri Agama nomor 20 tahun 2020 tentang penyelenggaraan penguatan pendidikan karakter yang diberlakukan atau mulai berlaku pada tanggal diundangkan yaitu 10 Januari 2020 dan ditetapkan di Jakarta pada tanggal yang sama dan di tanda tangani oleh Menteri Agama Republik Indonesia pada masa Fachrul Razi.

Pontren.com – assalamu’alaikum para sedulur seiman dan setaqwa sebangsa dan senegara Republik Indonesia, yang menjadi pertimbangan dalam diterbitkannya PMA penyelenggaraan penguatan pendidikan karakter ini adalah untuk melaksanakan Pasal 14 Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan Pendidikan Karakter.

Dan ada 6 aturan atau perundang undangan yang diingat dalam PMA ini diantaranya adalah pasal 17 ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, UU no 20 tahun 2003 tentang SIstem Pendidikan Nasional, PP no 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan, Perpres no 83 tahun 2015, Perpres no 87 tahun 2017, PMA no 42 tahun 2016 tentang Organisasi dan tata Kerja Kemenag.

Ketentuan Umum

Apakah yang dimaksud dengan penguatan pendidikan karakter dalam Peraturan Menteri ini?

Yang dimaksud dengan Penguatan Pendidikan Karakter, yang selanjutnya disebut dengan PPK pada PMA no 2 tahun 2020 adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari gerakan nasional revolusi mental.

Tujuan Penyelenggaraan Pendidikan Karakter

Adapun yang menjadi tujuan Penyelenggaraan pendidikan karakter adalah untuk peningkatan penerapan nilai-nilai agama dan Pancasila dalam Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan

Dalam hal penyelenggaraan Pendidikan Karakter terdiri atas 5 yaitu;

  • Melalui pendidikan agama pada sekolah;
  • Pada madrasah;
  • Pada pendidikan tinggi;
  • Pada jenis pendidikan keagamaan; dan
  • Pada pendidikan jalur informal.

Dalam hal penguatan pendidikan karakter melalui pendidikan agama pada sekolah terdiri dari Pendidikan agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu.

Adapun yang dimaksud sekolah disini adalah diselenggaakan pada TK, Sekolah Dasar, SLTP, SLTA, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Penguatan Pendidikan Karakter pada perguruan tinggi diselenggarakan melalui Perguruan tinggi Keagamaan dan Pendidikan Agama pada Perguruan tinggi dibawah binaan Kementerian atau lembaga diluar kementerian.

Adapun pendidikan tinggi yang diselenggarakan melalui perguruan tinggi terdiri dari perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan Khonghucu.

PPK pada jenis pendidikan keagamaan diselenggarakan melalui jalur formal dan nonformal.

Pada jalur formal dilakukan pada jenjang pendidikan Usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi secara mandiri.

suasana kelas
gizi cukup menjadi penunjang pendidikan

Penyelenggaraan PPK jenis pendidikan keagamaan jalur formal dilakukan dengan cara terintegrasi dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler.

Sedangkan PPK pada jenis pendidikan Keagamaan nonformal dilakukan kerja sama dengan PPK melalui pendidikan Agama pada sekolah dan Madrasah. Juga dilakukan kerja sama dalam pembinaan mahasiswa pada perguruan tinggi.

Dalam hal penguatan pendidikan karakter dengan jalur informal dilaksanakan oleh keluarga umat beragama (6 Agama yang diakui di Indonesia).

Dalam prosesnya, PPK melalui cara informal diselenggarakan dengan proses pendidikan didalam kehidupan masing masing dengan cara mandiri.

Download PMA no 2 tahun 2020 Penyelenggaraan Penguatan Pendidikan Karakter

Dibawah ini adalah tampilan penampakan preloved dari file PDF Peraturan Menteri Agama nomor 2 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Penguatan Pendidikan Karakter.

Maksud dari keberadaan model preloved ini adalah jika sampean hanya sekedar ingin melihat isi dari file ini anda tidak harus mengunduh atau download meskipun berkas ini bisa diunduh secara gratis free download.

Berikut penampakan dari PMA no 2 th 2020

Jika sekiranya hendak mencetak atau memiliki softcopy dalam bentuk cetakan, anda dapat mengunduh file ini kemudian di print pada alat cetak yang tersedia di rumah atau tempat kerja anda.

Ada kendala dalam pengunduhan secara langsung melalui tampilan diatas?
Berikut kami lampirkan tautannya sebagaimana dibawah ini.

Download PMA no 2 th 2020

Demikianlah informasi mengenai Penyelenggaraan Penguatan Pendidikan Karakter yang tertuang dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia dan mulai berlaku sejak tanggal 10 Januari 2020.

Wilujeng siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: