Tulisan Arab Ramadan

tulisan arab ramadan mubarak

Tulisan Arab Ramadhan. Informasi cara menulis kata ramadhan dalam huruf arab hijaiyah secara gundul dan diberi harakat tambahan informasi ejaan bahasa Indonesia yang benar secara tulisan latin

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Bulan ramadan adalah bulan istimewa dimana keberkahan dan pintu ampunan dibuka, tentunya masih banyak lagi keistimewaan salah satu dari bulan hijriyah ini.

Tulisan رمضان dalam bahasa Indonesia sesuai dengan EYD

Meskipun bukan hal yang terlalu urgen bagi blogger yang tidak menganut ejaan yang disempurnakan, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana penulisan bulan puasa ini secara baku dan benar, cara praktisnya dengan merujuk KBBI secara online.

Dan hasilnya adalah penulisan yang benar Ramadan atau Ramadhan maupun Romadhon, bahkan romadlon, mana yang baku sesuai EYD?

Secara baku, tulisan ramadan adalah ejaan yang benar untuk menulis atau menerjemahka kata رَمَضَانُ
Bahasa arab.

Dengan begitu secara teknis, selain Ramadan merupakan ejaan yang tidak benar jika mengacu dalam kamus Besar Bahasa Indonesia Online.

KBBI memberikan arti ramadan sebagai bulan ke-9 tahun Hijriah (29 atau 30 hari), pada bulan ini orang Islam diwajibkan berpuasa

Tulisan Ramadhan dalam Bahasa Arab

Berikut adalah tulisan ramadhan dalam huruf hijaiyah baik dilengkapi dengan harakat dan versi arab gundul.

رَمَضَانُ
رمضان

Kata yang sering didengar saat bulan ramadhan

Ucapan atau kalimat kata yang sering dilihat pada tulisan pesan singkat maupun didengar pada waktu bulan ramadan adalah ramdan mubarak dan marhaban ya ramadan.

Alasan ucapan ramadhan mubarak adalah bulan ramadhan merupakan bulan yang diberkahi dimana Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya.

Adapun beberapa berkah bulan ramadhan adalah

  • Pintu-pintu surga dibuka
  • Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup.
  • Setan-setan dibelenggu.
  • Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan.

Jika anda hendak membuat tulisan arab ramadhan mubarak atau marhaban ya ramadhan, anda dapat mengutip tulisannya dalam bahasa arab dan copy paste alias copas sebagaimana dibawah ini.

Ramadhan yang mulia

رَمَضَانُ المُبَارَكُ
رمضان المبارك

Marhaban yaa ramadan

مَرْحَبًا يَا رَمَضَان
مرحبا يا رمضان

Kata marhaban merupakan akar kata dari rahiba yarhabu rahb yang artinya luas atau lapang.

Dengan begitu maksud dari marhaban ya ramadhan adalah disambut dengan lapang dada dan luas serta penuh dengan kegembiraan.

Hadits nabi tentang Bulan Ramadhan Bulan yang diberkahi

Penggunaan ramadhan mubarak dapat dilihat dalam hadits nabi yang menyebut ramadhan sebagai bulan mubarak (bulan yang diberkahi) hadits dari riwayat Ahmad. Berikut matan hadits dan artinya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ﻗَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥُ، ﺷَﻬْﺮٌ ﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ، ﺍﻓْﺘَﺮَﺽَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺻِﻴَﺎﻣَﻪُ، ﺗُﻔْﺘَﺢُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ، ﻭَﺗُﻐْﻠَﻖُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﺤِﻴﻢِ، ﻭَﺗُﻐَﻞُّ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟﺸَّﻴَﺎﻃِﻴﻦُ، ﻓِﻴﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔٌ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﻒِ ﺷَﻬْﺮٍ، ﻣَﻦْ ﺣُﺮِﻡَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺣُﺮِﻡَ

artinya “Telah datang kepada kalian Ramadhan, BULAN MUBARAK (bulan yang diberkahi). Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (HR. Ahmad, shahih)

Ayat alquran yang berkenaan dengan bulan ramadan al Baqarah ayat 183

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Arab-Latin: Yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba ‘alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba ‘alallażīna ming qablikum la’allakum tattaqụn
Terjemahnya dalam bahasa Indonesia : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Menurut Ibnu Asyur ada 3 tiga tujuan penyebutan bahwa puasa juga diwajibkan bagi umat-umat terdahulu:

Pertama, supaya umat Islam memperhatikan ibadah ini, sebab ibadah ini telah disyariatkan Allah sebelum umat Islam, kemudian Allah mensyariatkannya pula bagi umat Islam, hal ini menunjukkan kebaikan yang dikandungnya dan besar pahalanya.

kedua, Supaya umat Islam tidak merasa berat dalam menjalankannya, sebab mereka telah mendapat teladan dari umat terdahulu.

Ketiga, Supaya menguatkan tekat dalam menjalankan kewajiban ini dan tidak lalai.

Demikian informasi tentang tulisan arab ramadan dalam bahasa arab ditambahkan beberapa informasi yang sekiranya dapat dimanfaatkan oleh warganet +62.

Wilujeng siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar