marhaban ya ramadan

Jadwal Ramadhan tahun 2020 masehi 1431 Hijriyah Wilayah Kabupaten Karanganyar

Salah satu rukun Islam dalam agama Islam adalah puasa di bulan ramadhan. Pada tahun 2018 M atau 1441 H kali ini 1 Ramadhan 1441 Hijriyah jatuh pada tanggal 24 April 2020. Awal ramadhan yang jatuh di akhir April tentunya tidak menjadi masalah. Di Bulan yang penuh berkah dan maghfirah serta rahmat ini dalam menjalankan ibadah tentunya diperlukan perangkat lain guna ketepatan dan kecermatan dalam memulai puasa maupun berbuka puasa serta jadwal waktu sholat.

Disini disediakan download jadwal imsakiyah ramadhan tahun 1441 H / 2020 M. selain itu anda bisa menyimpan gambar dengan cara di lakukan zoom untuk melihat jadwal. Link download jadwal imsakiyah ramadhan kabupaten karanganyar tahun 1441 berada di bagian paling bawah tulisan ini.

loading...

baca :

Alhamdulillah saya menemukan jadwal imsakiyah ramadhan 1441 H / 2020 M untuk wilayah Kabupaten Karanganyar. Biasanya Jadwal ini dibagikan gratis kepada masyarakat dengan cara mendatangi kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar dengan alamat di Jalan Lawu Nomor 142 Kabupaten Karanganyar dngan telp 0271-495021. akan tetapi entah di tahun ini dengan keberadaan Covid 19 alias wabah corona.

Dengan respon yang cepat dan efektif dari Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar menjadikan kemajuan yang baik dibandingkan tahun sebelumnya dimana jadwal imsakiyah untuk wilayah Karanganyar sudah bisa dicetak dan dibagikan kepada masyarakat beberapa minggu sebelum masuk bulan ramadhan.

santri mukim pondok pesantren

Dengan kecepatan ini menjadikan ketenangan masyarakat dan kebahagiaan tersendiri mendapatkan jadwal yang dikeluarkan oleh institusi pemerintah untuk menjadi acuan dalam waktu pelaksanan hal hal yang berkaitan dengan ibadah puasa.

Walaupun jadwal sudah dicetak dan banyak diambil oleh masyarakat, akan tetapi dalam catatan jadwal tersebut masih mencantumkan beberapa catatan (yang maaf tidak bisa kami scan secara penuh karena keterbatasan alat scan). Dalam keterangan yang dicantumkan pada bagian bawah dari jadwal imsakiyah ramadhan 1441 / 2020 M ini adalah sebagai berikut :

  1. Jadwal ini menggunakan WIB. Khusus untuk wilayah Kabupaten Karanganyar
  2. Penetapan tanggal 1 Ramadhan dan 1 Syawal 1441 H menunggu keputusan sidang isbat pemerintah
  3. Salurkan zakat anda melalui Baznas Kabupaten Karanganyar, Kompleks Masjid Agung Karanganyar
  4. Waktu shalat idul fitri mulai pulul 06.00 WIB
  5. Takmir Masjid dimohon agar mencocokkan jam masjid & Mushola dengan jam di telkom melalui saluran telepon 103, atau melalui internet greenwich time pilih Jakarta.

Itulah catatan yang di berikan pada bagian bawah di jadwal imsakiyah ramadhan tahun 1441Hijriyah. Dan mestinya dalam penghitungan jadwal ini telah mengalami kehati-hatian atau yang biasa disebut dengan ikhtiyath.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H/2020 M area Karanganyar

Tahun sebelumnya, bagi masyarakat Kabupaten Karanganyar yang menghendaki memiliki jadwal tersebut bisa datang ke Kantor Kemenag Kabupaten Karanganyar, menuju ke ruang Penyelenggara zakat dan wakaf. Menemui saudara Sutarno Asy’ari atau Ibu Hj Hanikatun, untuk mengambil jadwal ramadhan. Pengambilan dilayani pada jam kerja. Jadwal ini dicetak dengan berwarna dan menggunakan kertas berkualitas baik. sentah tahun covid ini bagaimana

sebagaimana di kecamatan, tahun lalu, Jika anda berlokasi jauh dari Kantor Kemenag Kabupaten Karanganyar anda bisa datang ke Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan setempat, tentunya KUA yang berada di wilayah Kabupaten Karanganyar. Bisa jadi kalau di KUA stock yang ada tidak sebanyak di Kantor Kabupaten.

Akan tetapi jika anda tidak perlu versi cetak dari jadwal ini. Saya kira anda cukup mendownload jadwal imsakiyah dan menyimpan di handpone anda masing masing sehingga bisa setiap saat melihat baik jadwal sahur maupun jadwal azan magrib.

jadwal-puasa-karanganyar-2020

Kegiatan rutin ramadhan di kabupaten karanganyar.

ditahun 2019, Sebelum datang bulan yang penuh berkah, pada tahun tahun sebelumnya diadakan pawai ta’aruf tingkat Kabupaten, organisasi-organisasi keislaman serta lembaga pendidikan islam serta madrasah di lingkungan kabupaten biasanya mengikutsertakan jamaahnya untuk menyemarakkan pawai ini sebagai kegiatan yang menggambarkan suka cita akan kedatangan sayyid asy syhuhur.

Pada bulan yang penuh berkah ini biasanya ada tarawih keliling yang dilakukan oleh jajaran muspika di Kabupaten Karanganyar maupun di Kecamatan. Dan tarling dari Kabupaten kalau tidak ada acara lain biasanya di pimpin langsung oleh Bupati Kabupaten Karanganyar Bapak Juliyatmono. Selain itu wakil Bupati Karanganyar aktif dalam kegiatan ini.

Kegiatan lain yang tidak kalah bagus adalah simaan 10 hari terakhir di masjid Agung Karanganyar., atau menyemak hafalan yang di kumandangkan oleh ustadz atau santri tahfidz di Wilayah Kabupaten Karanganyar pada 10 hari terakhir. Dan pada 1 syawal dilaksanakan sholat iedul fitri di Alun-alun Kabupaten Karanganyar. Pengalaman tahun sebelumnya biasanya Bupati melaksanakan ibadah sholat iedul fitri di daerah kecamatan yang telah di koordinasikan sebelumnya.

Rencananya setiap tahun jadwal imsakiyah untuk bisa di download di tulisan ini sehingga tinggal mengganti tahun dan tanggal saja serta mengganti file yang di unggah.

Semoga Allah memudahkan kita semua urusan dunia dan akhirat.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: