SK Pengurus TPQ

SK Pengurus TPQ

SK Pengurus TPQ. Contoh surat keputusan tentang pengangkatan Pengurus Taman Pendidikan Al Qur’an ( TPQ / TPA ) dengan susunan pengurus mengacu kepada buku standar nasional pelaksanaan TPQ terbitan Kementerian Agama RI di Jakarta.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa baakatuh. Dalam hal penerbitan SK Kepengurusan Lembaga Pendidikan Al Qur’an ini dibuat dalam format doc ms word dapat di unduh atau download serta edit menggunakan aplikasi microsoft besutan dari windows.

Menimbang Mengingat Memutuskan

Dalam susunan SK Pengangkatan pengurus TPA ini terdiri dari 2 pertimbangan yaitu;

Pertama, untuk menggalakkan syiar Agama Islam dan meningkatkan kemampuan baca tulis al Qur’an anak-anak di Lingkungan tempat lembaga berada sekitarnya, untuk kelancaran pelaksanaan tugas, tanggungjawab kegiatan belajar mengajar Taman Pendidikan Al Qur’an dimaksud, maka dipandang perlu membentuk dan mengangkat pengurus TPQ.

Kedua, Bahwa Personel yang namanya tercantum pada lampiran surat Surat Keputusan dianggap mampu dan cakap diangkat sebagai Pengurus Taman Pendidikan Al Qur’an.

Kemudian dalam pengangkatan pengurus TPQ ini yang kemudian memicu terbitnya surat keputusan pengangkatan pengurus TPA adalah;

Undang undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
Undang-undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara;

Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan;

Peraturan Presiden Nomor 83 tahun 2015 tentang Kementerian Agama;

Peraturan Menteri Agama Nomor 13 tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam;

Rapat Pengurus atau yayasan atau organisasi apapun yang nanti mengeluarkan Surat Keputusan ini disertakan tanggal bulan dan tahunnya.

sk-pengangkatan-pengurus-TPA

Dari situ kemudian ketua yayasan atau ketua pengurus Masjid memutuskan;

Menetapkan yang pertama yaitu Menunjuk dan mengangkat nama-nama yang tercantum dalam lampiran surat keputusan ini sebagai Pengurus Taman Pendidikan Al Qur’an yang dikelola serta alamatnya dan juga dicantumkan masa bakti (opsional).

Putusan kedua yaitu Surat Keputusan ini berlaku sejak tanggal di tetapkan dengan ketentuan apabila terdapat kesalahan dan kekeliruan akan diadakan perubahan dan perbaikan sebagaimana mestinya.

Untuk yang ketiga disampaikan Kepada yang bersangkutan agar dapat melaksanakan tugas sebaik baiknya dan bertanggungjawab.

Selanjutnya diberi nama kota tanggal bulan tahun serta dibubuhi tanda tangan ketua takmir kemudian dibawah tanda tangan terdapat nama lengkap sang ketua yayasan atau takmir masjid.

Pada halaman lampiran, terdapat nomor nama jabatan serta nama orang yang diangkat sebagai pengurus lembaga Taman Pendidikan Al Qur’an.

Susunan Jabatan yang tercantum dalam contoh ini tidak bersifat baku, bisa diubah sesuai dengan kebutuhan lembaga dan ketersediaan personel pengurus.

Secara teknis, susunan pengurus yang kami buatkan contoh mengacu kepada struktur badan pengurus Taman Pendidikan Alquran yang tercantum dalam buku pedoman penyelenggaraaan TPQ yang diterbitkan oleh Kementerian Agama RI Jakarta.
Review SK Pengurus TPQ

Emang seperti apa sih contoh SK yang dibuat? Anda dapat melihat atau review file ms word dari SK Pengangkatan Pengurus TPQ ini yang terdiri dari 3 lembar. 2 lembar surat keputusan dan 1 lembar lampiran serta susunan pengurusnya.

Anda dapat scroll naik turun guna melihat keseluruhan contoh SK Pengurus TPQ ini jika anda tidak berminat untuk mengunduhnya alias hanya sekedar ingin melihat saja, irit drive hape komputer serta menghemat data kuota pulsa anda.

Berikut tampilannya.

Hendak download contoh SK Pengurus TPQ atau TPA? Silakan anda lanjut membaca dibawah ini yang akan ditampilkan tautannya.

Download SK Pengurus TPQ

Sebagaimana tertulis diatas, tautan atau link yang dibagikan ini berisi tentang contoh SK Pengangkatan Pengurus TPQ format doc ms word yang dapat di edit atau copy paste sesuai dengan kebutuhan lembaga anda.

Dibuat dalam format ukuran kertas F4 tepatnya ukuran panjang 21,5 cm dan lebar 33,02 cm dan margin atas 2 cm. Untuk kiri kanan bawah dengan margin 3 cm.

Berikut link tautannya

Download Contoh SK Pengurus TPA

Demikian informasi dan contoh mengenai Surat Keputusan Pengangkatan Pengurus TPA yang dibuat dengan desain kolom kolom tak terlihat dan format doc guna kemudahan melakukan edit perubahan data maupun kalimat dalam SK.

Sugeng sonten, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

4 pemikiran pada “SK Pengurus TPQ

  1. Assalamualaikum pak
    Ijin bertanya apa sk pengangkatan ustad ustadzah guru mengaji itu sama seperti format pengangkatan pengurus tpa ini
    Wassalamualaikum wr.wb.

    1. waalaikum salaam, sk pengangkatan ustadz ustadzah bisa dibuat seperti dalam contoh ini, bisa juga dibuat tersendiri, sepertinya pada blog ini ada contoh sk mengajar guru TPQ, silakan dicari. demikian jawaban kami, semoga membantu.

  2. Assalamualaikum pak, kalau tpq didirikan secara mandiri bukan di bawah yayasan atau masjid, sk nya bagaimana?

    1. salah satu persyaratan TPQ mendapatkan Surat Tanda Daftar LPQ (biasa orang menyebut dengan izin operasional TPQ) adalah lembaga berada dibawah yayasan atau organisasi.

      intinya harus memiliki Badan Hukum, entah dibawah yayasan, atau masjid, atau organisasi, atau mandiri dalam kepemilikan badan hukum. semoga membantu.

      kalau yang anda tanyakan adalah SK mandiri TPQ, anda bisa membuat SK pengangkatan pengurus maka dengan tanda tangan takmir masjid setempat, jika tidak mau, buat saja SK atas nama Ketua perkumpulan wali murid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *