Mekanisme Pendataan Entry EMIS Pontren TPQ Madin Ponpes

EMIS-PD-Pontren

Informasi terbaru tentang emis untuk lembaga pendidikan dibawah PD Pontren Kementerian Agama Republik Indonesia, proses update data, mendaftarkan dan membuat akun TPQ Madin Pondok, jadwal pendataan, dan update pemutakhiran lanjutan data semseter ganjil sebelumnya.

Pontren.com – assalamu’alaikum para operator EMIS lembaga pendidikan keagamaan Islam, apa kabarmu hari ini? Sedang santai menunggu waktu untuk berperang dengan data? Semoga kesehatan dan kelancaran para peng-EMIS (bukan pengemis = peminta-minta) senantiasa tercurahkan kepada anda sekalian.

Informasi emis terbaru ini merupakan mekanisme pendataan EMIS pontren semester genap Tahun Pelajaran TP 2019/2020 yang didapatkan melalui gambar booklet atau apalah namanya yang nanti kami lampirkan dalam blog ini di bagian bawah.

Dibuat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama guna kelancaran dan kepahaman para operator di tingkat lembaga maupun Operator PD Pontren Pakis di Kabupaten.

Singkat padatnya silakan disimak sebagaimana informasi dibawah ini.

Jadwal Waktu Pendataan EMIS PD Pontren

Jadwal yang dibuat untuk entry EMIS PD Pontren dimulai pada tanggal 20 Februari tahun 2020 sampai dengan tanggal 30 Maret.

Jadi rentang waktu kisaran 80 hari kepada para operator untuk berjuang mengentry atau memasukkan data lembaga dan juga para siswa kedalam aplikasi yang cetar membahana ini.

Yang Perlu di Update pada EMIS PD Pontren

Proses update data lembaga dan santri dilakukan secara langsung oleh lembaga yang bersangkutan. Dengan demikian masing masing lembaga harus, wajib malah untuk mempunyai akun sendiri sendiri.

Adapun data yang diupdate adalah;

  • Data kelembagaan, yaitu profil lembaga, rekap santri, ptk, sarana prasarana dan keuangan.
  • Data santri meliputi detail by name alias satu persatu siswa.
  • Data PTK detail by name.

Cara daftar akun EMIS TPQ Madin Pondok Pesantren

entry-emis-PD-Pontren
sedang sakit mata

Jika dimasa lampau lembaga bisa memproses pendaftaran atau pembuatan akun emis, maka di tahun ini telah terjadi perubahan acara, dimana lembaga tidak bisa melakukan proses pembuatan akun secara sendiri dan langsung.

Bagaimana caranya?

Untuk mendapatkan atau mendaftarkan akun EMIS baik TPA Madrasah Diniyah Takmiliyah maupun Pondok Pesantren untuk menghubungi operator Kabupaten guna dbuatkan akun ini.

Persiapkan email yang masih aktif dan nomor statistik lembaga, jika lupa nomor statistik lembaga anda dapat mengkonfirmasi kepada operator atau pegawai PD Pontren/Pakis Kankemenag Kab/Kota.

Bagaimana jika data tidak ada alias tidak memiliki nomor statistik? Silakan mendaftarkan lembaga anda sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

Alamat website penting terkait dengan EMIS Pontren

Dalam rangka mendaftarkan akun lembaga yang dilakukan oleh pihak operator Kabupaten, maka alamat website yang diakses adalah http://emispendis.kemenag.go.id/e-monitor/

Sedangkan situs alias alamat guna operator lembaga untuk melakukan update data tahun ajaran 2019/2020 semester genap ini dapat menuju ke alamat http://emispendis.kemenag.go.id/emis_pontren selanjutnya masukkan email atau ID anda beserta passwordnya.

Update Data EMIS PD Pontren Semester Genap TP 2019/2020

Dapat diinformasikan bahwa pemutakhiran data pada semester genap ini merupakan kelanjutan dan perpanjangan waktu dai proses update data semester ganjil kemarin.

Bagi lembaga yang telah melakukan update data EMIS PD Pontren pada semester sebelumnya (semester ganjil kemaren) memiliki kewajiban melakukan verifikasi kembali (verifikasi ulang) terhadap data semester ganjil, dan selanjutnya melakukan pencocokan data dengan kondisi dan situasi data semester genap.

Jika dalam verifikasi data semester ganjil ditemukan perbedaan atau perubahan data di semester genap maka lembaga harus melakukan updating atau mengubah data yang mengalami perubahan sesuai dengan kondisi terakhir.

Bagi lembaga yang babar blas belum update data emis pontren di semester genap, oleh pihak Kementerian Agama diwajibkan untuk melakukan proses updating data dari awal keseluruhan jenis data (marem pora broo).

Dan info terakhir adalah keseluruhan proses update data para operator emis lemaga ini melalui aplikasi EMIS pontren berbasis web.

Mekanisme-Pendataan-Emis-Pontren

Demikian informasi termutakhir dari EMIS tahun 2020.

Semoga sehat selalu dan dapat entry emis pontren dengan benar tanpa ada kesalahan apapun.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

2 pemikiran pada “Mekanisme Pendataan Entry EMIS Pontren TPQ Madin Ponpes

  1. asalamungalaikum,kok yang semester genap 2020/2021 g bisa dibuka ya saya mau ngenteri data dari awal kok g bisa masuk

    1. wa’alaikum salaam. memang saat ini kondisinya sedang trouble belum bisa menambahkan data, keterangan dari atas biasanya berkisar antara sabar, maaaf, harap menunggu. selamat berjuang!!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *