Syarat Pendaftaran MAN PK Solo 2024 Cara Ketentuan

syarat pendaftaran MAPK solo 2022

Informasi dan keterangan tentang tata cara dan proses pendaftaran santri baru Madrasah Aliyah Negeri Program Khusus di Kota Solo Surakarta. Tahun ajaran 2024/2025 Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) dan secara umum untuk 9 MAPK yang lain seluruh Indonesia.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh, ada hal yang menarik yaitu bagi siswa yang lolos seleksi dan diterima sebagai murid MAN PK Solo, setiap anak akan mendapat beasiswa sebesar 700 ribu setiap bulan.

Baca :

jika ditotal sampai lulus maka mulai awal kelas 1 sampai dengan lulus kelas 3 masing – masing santri mendapatkan beasiswa sebesar Rp. 25.200.000,- (dua puluh lima juta dua ratus ribu rupiah) kalau masih ada sih…

Untuk MAPK Surakarta, (jika tidak ada perubahan) kapasitas santri yang diterima adalah sejumlah 48 murid Putra dan Putri. (maksudnya PA hanya 24 kursi dan PI 24 Kursi).

10 MAN PK di Indonesia

MAN PK merupakan salah satu program peminatan unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama yang menjadi bagian dari MAN Reguler yang sudah ada.

MAN PK pada MAN Reguler bertujuan merevitalisasi praktik baik penyelenggaraan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) yang pernah diprakarsai oleh Menteri Agama Munawir Sjadzali pada akhir tahun 1987 yang dibuka pertama kali di lima daerah, yaitu:

  • Ujung Pandang,
  • Jember,
  • Yogyakarta,
  • Ciamis,
  • dan
  • Padang Panjang.
Tri Bimo Sewarno & Zainal Arifin
Alumni MAPK 99 Menjadi Guru PNS MAPK dan Dosen UIN Sunan Kalijaga

Dengan penekanan pada kurikulum keagamaan yang padat serta penekanan pada penguasaan Bahasa Arab dan Inggris.

MAPK saat itu dinilai berhasil menghasilkan lulusan yang berwawasan ke-Islaman, ke-Indonesiaan, dan kemodernan yang baik.

Saat ini Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK). berjumlah 10 lokasi. Yang salah satunya terletak di Kota Surakarta pada MAN 1 SKA.
Adapun kesepuluh MAPK tersebut adalah ;

PK.01 MAN 2 Padang Panjang Sumatera Barat
PK.02 MAN 3 Makasar Sulawesi Selatan
PK.03 MAN 1 Surakarta Jawa Tengah
PK.04 MAN 1 Ciamis Jawa Barat
PK.05 MAN 2 Mataram Nusa Tenggara Barat
PK.06 MAN 1 Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta
PK.07 MAN 4 Jombang Jawa Timur
PK.08 MAN 2 Samarinda Kalimantan Timur
PK.09 MAN 4 Banjar Kalimanatan Selatan
PK.10 MAN 1 Jember Jawa Timur

Berkas Syarat Pendaftaran dan Ketentuan Sekolah/Madrasah asal calon siswa tahun 2024

alumni MAN PK Surakarta
Santri MAPK (Dulu MAKN) alumni tahun 1999

berikut adalah berbagai berkas Pendaftaran kelengkapan sebagai syarat dan ketentuan dalam pendaftaran siswa baru atau dalam istilah resmi bernama persyaratan Seleksi Nasional Peserta  Didik Baru SNPDB MAPK 2024 Madrasah Aliyah Program Keagamaan MAN 1 Surakarta.

Keenam syarat pendaftaran ini di upload melalui situs yang sudah di tunjuk untuk mendaftarkan secara online, ini dia berkas pendaftaran yang kudu sampean siapkan.

Berkas Pendaftaran

  1. Surat keterangan dari kepala Madrasah/ Sekolah bahwa yang bersangkutan rnasih duduk di kelas IX
  2. Fotokopi sertifikat akreditasi MTsiS►P atau izin operasional bagi PDF/Pendidikan Muadalah
  3. Surat keterangan sanggup tinggal di asrama selama menempuh pendidikan di MANPK, ditanda tangani siswa dan orang tua di atas materai
  4. Fotokopi sah Akta Kelahiran/Kenal Lahir
  5. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3×4 crn (maks. 300kb)
  6. Sertifikatipenghargaan prestasi di bidang akademik dan keagamaan dalam bentuk jpg/png (maks. 300kb) khusus jalur prestasi
  7. Surat keterangan Tahfidz Al-Quran dari Madrasah/Sekolah (untuk bahan pertimbangan penentuan kelulusan) dalam bentuk jpg/png (maks. 300kb)
  8. Surat keterangan Tahfidz Al-Qur’an minimal 15 juz dari Madrasah/Sekolah bagi siswa yang mendaftar jalur prestasi tahfidz (maks. 300kb)
  9. Surat Keterangan membaca kitab kuning/ turats (Nahwu-Sharaf) dan ijazah atau raport Madrasah Diniyah Takmiliyah dalarn bentuk pdf (maks. 300 kb} khusus jalur prestasi

Itulah berkas pendaftaran sebagai persyaratan pendaftaran ke MAPK Program Khusus atau Keagamaan Surakarta MANSASKA tahun ajaran 2024/2025.

Persyaratan Pendaftaran

Ada 2 (dua) macam persyaratan pendaftaran, yang pertama ketentuan tentang asal sekolah atau madrasah dan satunya lagi berkenaan dengan siswa pendaftar.

berikut ketentuannya.

Persyaratan Sekolah;

  1. Mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terakreditasi;
  2. Telah terdaftar pada EMIS (bagi madrasah/PDF/pendidikan muadalah) dan DAPODIK (bagi Sekolah) secara lengkap dan benar Siswa Pendaftar

Persyaratan Siswa Pendaftar yaitu;

  1. Tercatat sebagai peserta didik kelas IX/ ttl Wusto MTs/SMP negeri, swasta, Pendidikan Diniyah Formai (PDF), dan Pendidikan Muadalah pada tahun pelajaran 2023/2024
  2. Berusia maksimal 17 tahun pada tanggal 1 Juli 2024
  3. Mendapatkan surat keterangan dari kepala Madarasah/Sekolah asat sebagai peserta didik berprestasi (khusus jalur prestasi)
  4. NISN dan terdaftar pada EMIS (bagi MTs/PDF/Pendidikan Muadalah) dan DAPODIK (bagi SrvIP)
  5. Membuat akun pada https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id
  6. Mengunggah berkas persyaratan

Alur Pendaftaran melalui Jalur Prestasi dan Tes, Jadwal Pendaftaran

Dalam seleksi penerimaan siswa atau santri Baru Madrasah Aliyah Program Keagamaan Negeri MAN 1 Surakarta ini ada 2 jalur yaitu prestasi dan ujian tes. berikut adalah jadwal dan alur pendaftarannya.

Pendaftaran Melalui Jalur Prestasi

yang dimaksud dengan Jalur Prestasi yaitu seleksi melalui jalur non-tes paling banyak 10%(MAN IC dan MAKN) dan 20% (MAN PK) yang diselenggarakan bagi siswa terbaik lulusan MTs/SMP yang memenuhi persyaratan jalur Prestasi

yaitu seleksi melalui jalur tes berbasis CBT yang diselenggarakan bagi peserta didik terbaik lulusan MT s/SMP negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Adapun Tanggal Jadwal Pendaftaran serta waktu ujian beserta alur pendaftarannya sebagai berikut;

Pendaftaran
8 Jan – 17 Feb 2024

Seleksi Berkas
9 Jan -17 Feb 2024

Wawancara
21-22 Feb 2024

Info Kelulusan
24 Feb 2024

Daftar Ulang
25-30 Mar 2024

Masuk Asrama
13 Jul 2024

Pendaftaran melalui Jalur Ujian

ustadz sukemi dan alumni 99
ustadz sukemi dengan alumni 99 lulusan al Azhar Kairo

Bagi calon murid atau santri MAN PK Solo yang hendak mendaftarkan diri melalui jalur ujian, jadwalnya adalah sebagai berikut;

Pendaftaran
8 Jan – 17 Feb 2024

Seleksi Berkas
9 Jan – 17 Feb 2024

20 Feb 2024
Info Peserta CBT

Uji Coba CBT
29 Feb – Mar 2024

Wawancara
1-9 Mar 2024

CBT
2-3 Mar 2024

Info Kelulusan
20 Mar 2024

Daftar Ulang
25-30 Mar 2024

Masuk Asrama
13 Jul 2024

Catatan CBT = Computer Base Test

Informasi Materi Ujian Masuk tahun Sebelumnya

santri peserta lomba kaligrafi pondok pesantren

Mengacu kepada ketentuan pendaftaran tahun tahun sebelumnya, berikut adalah informasi tentang apa saja materi ujian masuk ke Madrasah Aliyah Program Keagamaan Surakarta atau Solo ini.

Ketentuan nilai tambahan hasil kejuaraan dan yang mendapatkan pengakuan prestasi adalah sebagai berikut;

Maksimal 10%
MTQ Juara 1 dan 2 Tk. Nasional
MQK Juara 1, 2, 3, harapan 1, 2 Tk, nasional.
MQK Juara 1-3 tingkat Propinsi

Menguji kemampuan siswa/i yang bertujuan untuk mengukur potensi ataukemampuan belajar , yaitu yang mendasari kemungkinan seseorang berhasil bila mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih lanjut.
Menguji mata pelajaran :

  • Matematika
  • IPA
  • Pendidikan Agama Islam
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Arab

Download Brosur Penerimaan Siswa Baru MAPK (Madrasah Aliyah Program Keagamaan Negeri MAN 1 Surakarta

di grup whatsapp saya mendapat file format PDF tentang brosur Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN PK Surakarta dari Ustadz Tri Bimo Soewarno.

Beliau adalah salah satu guru atau ustadz yang berkecimpung mengajar pada sekolah ini sekaligus merupakan alumni angkatan tahun 1999.

Untuk file penerimaan santri baru pesantren hadil Iman Surakarta bisa anda lihat penampakannya dalam format PDF dalam bentuk Preloved berikut ini.

Dalam brosur ini ada juga nomor kontak untuk bertanya, konsultasi serta informasi mengenai pendaftaran dan syarat serta alur mendaftarkan di Madrasah yang favorit idola banyak orang. serta menghasilkan banyak doktor yang menyebar di banyak tempat, perguruan tinggi dan lain sebagainya.

apabila hendak mengunduhnya, berikut link tautannya;

Download Brosur pendaftaran MAPK Surakarta

Demikian informasi mengenai syarat pendaftaran MAN PK Solo beserta persyaratan ketentuan alur dan tanggal Jadwal ujian baik jalur umum maupun prestasi. wilujeng enjang, wassalamu’alaikum.

24 pemikiran pada “Syarat Pendaftaran MAN PK Solo 2024 Cara Ketentuan

    1. waduh, kontaknya ya, saya ada beberapa kontak yang mengajar di MAPK, tpi yang paham detil pendaftarannya bukan mereka. satu lagi, jika anda perhatikan pada brosur blog ini ada nomor kontak yang bisa anda hubungi yaitu 0813 3017 7692 (ust. Asfari).

      selamat mencari informasi.

  1. Saya pingin daftarkan anak saya tahun 2024, mohon infonya ya.saya tunggu untuk PPDB tahun depan .Assalammualaikum…

  2. Assalamualaikum.Anak saya baru mau masuk MTS, saya rencanakan setelah lulus Mts lanjut diMANPK. Apa yg harus saya persiapkan sejak masuk MTS YA

  3. Maksud saya begini. Mts anak saya baru terbuka jadi blum ada akreditasi dsb, apakah ini mempengaruhi diterima tidaknya siswa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *