Tulisan Arab La haula wala quwwata illa Billah dan artinya

la-haula-wala-quwata-illa-billah-arab

La haula wala quwwata illa Billah arab dan artinya

pontren.com – Tulisan huruf arab la kalimat la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim beserta artinya dan juga keutamaannya jika diucapkan oleh kaum muslimin dan muslimat di Indonesia ataupun belahan dunia yang lainnya.

Berikut akan kami sampaikan penulisan kata la haula wala quwwata illa billahil aliyyil adzim secara lengkap baik huruf arab maupun harakat dan syakal bukan hanya dalam bentuk gambar PNG atau JPG akan tetapi dalam format word yang dapat di copy paste pada makalah maupun media sosial baik FB wa instagram telegram dan medsos lainnya semisal wechat ataupun line

Tulisan arab la haula wala quwata illa billahil aliyil adzim

Berikut adalah bahasa arab huruf hijaiyah dari kalimat ini dengan kelengkapan syakal harakat.

لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Itulah penulisan la haula wala quwata illa billahil aliyil adzim yang benar lengkap dengan syakal atau harakatnya sebagai kemudahan dalam membaca bagi orang ajam atau non arab atau kalangan awam yang belum memiliki keahlian ilmu bidang nahwu sharaf.

Arti la haula wala quwata illa billahil aliyil adzim

Berikut adalah arti dari kalimat ini yang diartikan atau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia secara harfiah kata demi kata.

Artinya adalah;

“tidak ada daya dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung

arti la hawla wa laa quwwata illaa billahil ‘aliyyil adziim

itulah terjemahannya jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia, bisa jadi ada sedikit perbedaan dalam melakukan terjemahan karena pemilihan kata yang berbeda, misalnya tiada daya dan upaya, dan lain-lain.

akan tetapi perbedaan pemilihan kata tidaklah menyimpang secara makna.

Ma’na la haula wala quwwata illa billah

Isi kandungan dalam kalimat la haula wala quwwata yaitu penyerahan diri kepada sang Khaliq Allah Subhana Wa Ta’ala dalam keseluruhan urusan. Dimana posisi hamba tidak dapat melakukan apapun dan tidak dapat menolah sesuatu hal dan juga tidak bisa mempunyai sesuatu kecuali atas kehendak Allah.

Ibnu Mas’ud RA mengatakan bahwa “tidak ada daya untuk menghindarkan diri dari maksiat selain dengan perlindungan dari Allah, tidak ada kekuatan untuk melaksnakan ketaatan selain dengan pertolongan dari Allah.

Selanjutnya imam nawawi menyimpulkan berbagai tafsiran diatas pada syarah kitab shohih Muslim bahwa semua tafsiran hampir sama dalam maknanya.

Keutamaan kalimah laa hawla wa laa quwwata illa billah

Dari berbagai sumber didapatkan berbagai keutamaan dalam kalimat ini yang diantaranya adalah;

kalimat ini merupakan simpanan pahala yang berharga di surga berdasarkan dari hadist imam bukhari nomor 7386. Dalam hadis ini kalimat yang disebutkan hanya laa hawla wa laa quwwata illaa billaah ( لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ )

bacaan la haula wala quwwata illa billah juga disebut dengan bacaan ghiraas al Jannah (ghirasul Jannah). Yaitu bacaan yang akan menjadi tanaman di surga, debunya itu bersih dan tanamannya pun luas. (hadis riwayat Ahmad 5: 428 Syaikh Syu’aib arnauth menyebutkan bahwa sanad hadis ini lemah atau dho’if).

Demikian informasi tentang arti la haila wala quwata illa billah dan tulisan arab disertai dengan ma’na dan keutamaan dari berbagai sumber.

Sugeng ndalu dan selamat malam, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar