pontren.com
pontren.com

Pontren.com – Assalamualaikum para pembaca di internet, khususnya panjenengan sekalian yang pernah membaca blog ini, walaupun bukan pada tanggal 1 Syawal kami mengucapkan minal aidin wal faizin melalui postingan pada blog ini semoga tidak mengurangi keluasan maaf dari para pembaca sekalian. Selamat hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah.

Alhamdulillah syukur kepada Allah atas segala karunia dan kenikmatannya yang jika kita menghitung maka tak akan bisa.

Kembali kepada permohonan maaf diatas, kami dari pontren dot com mohon maaf atas segala salah dan khilaf karena postingan yang telah kami publish baik itu kesalahan secara teknis maupun kesalahan dalam pembuatan konten.

Bisa jadi konten yang telah kami unggah menyinggung secara perasaan hati atau menyakiti qalbu pembaca, atau juga postingan yang kami buat salah baik dari segi redaksi, isi, muatan maupun gambar yang membuat tidak berkenan bagi yang pernah membaca blog ini.

Harapan dari para penulis pada blog ini adalah keikhlasan dari para pembaca untuk kelapangan dada keluasan hati memberikan permaafan secara lahiriah dan batiniyah atas apapun dari kami baik yang terjadi di dunia nyata maupun maya.

Harapan selanjutnya adalah doa dan support dari pembaca supaya blog ini bisa lebih bermanfaat untuk semuanya (baik pembaca maupun penulis).

Bentuk support bisa dengan memberikan komen pada kolom di bawah postingan berupa kritik saran maupun pertanyaan.

Dalam hal pertanyaan, pastinya banyak hal yang tidak kami ketahui, harapannya jika ada handai taulan yang lebih mengetahui pertanyaan dari yang bertanya hendaknya berbaik hati untuk menjawabnya. Dan harapan kami jawaban dimaksud memiliki dasar sebagai penguat jawaban yang diutarakan.

Awal mula blog dibuat

logo awal dikala itu

Sejarah dari blog ini awalnya digunakan sebagai catatan dan mempermudah untuk mencari file dimanapun jika suatu saat berada di wilayah dan tidak membawa flashdisk atau laptop. Dan juga jika dimanfaatkan dalam kemudahan pekerjaan (dimasa itu saat bekerja sebagai administrasi lembaga Pendidikan Islam).

Pikiran saya saat itu daripada kirim file lewat email, kenapa tidak lebih praktis bikin file pada internet? Sehingga tinggal share link dan data yang dibutuhkan tinggal di download yang memerlukan. Tanpa perlu repot log in email dan kirim atau tanya email yang perlu dikirimkan.

Kira kira begitulah awal mula dari pembuatan blog ini, akhirnya baca di internet dan menceburkan diri pada wordpress yang gratis guna kemudahan dan kepraktisan dalam penyimpanan file maupun data dan juga macam macam petunjuk teknis maupun aturan yang berkenaan dengan Taman Pendidikan Al Qur’an, Madrasah Diniyah Takmiliyah, dan juga Pondok Pesantren.

Pada saat itu blognya memiliki nama seputarpesantren dot wordpress dot com (mungkin anda pernah sekilas mengunjunginya pada kisaran tahun 2016-2017?).

Setelah beberapa puluh postingan atau tulisan, ternyata yang membaca blog ini bukan hanya dari rekan tetangga yang dikirimi link file dimaksud, tetapi mulai ada puluhan dan kadang ratusan viewer setiap harinya.

Melihat perkembangan jumlah halaman postingan yang dibuka oleh warga internet, maka mulai timbul semangat menulis beberapa hal yang dirasa diperlukan berkaitan dengan lembaga pendidikan Islam khususnya pada TPQ Madin dan Ponpes serta beberapa tulisa iseng semisal humor dan sedikit ekonomi pesantren sebagai selingan.

Awal Sumber tulisan Utama

Darimana sih tulisan blog ini berasal?
Kami team pontren dot com menulis tentang TPQ, Madrasah Diniyah maupun Pondok Pesantren (sampai saat ini kisaran 500 postingan) dari buku buku resmi yang di cetak oleh kementerian agama khususnya madrasah diniyah dan TPQ.

standar nasional TPQ
buku standar nasional TPQ

Sedangkan pondok pesantren biasanya kami ambilkan dari Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam maupun petunjuk teknis dan juga informasi dari rekan teman handai taulan yang bekerja pada PD Pontren ataupun Seksi PAKIS Kabupaten.

Kehabisan Bahan Tulisan

Sejujurnya bisa dikatakan dari buku panduan untuk TPQ dan Madin bisa dikatakan sudah kami pindahkan ke dalam blog ini yang dipecah pecah berdasarkan kebutuhan yang menurut kami praktis dan mudah dalam pencariannya.

Untuk TPQ ada 2 buah buku yang kami jadikan panduan dalam penulisan yang biasanya buku ini ada di setiap Seksi PD Pontren atau PAKIS Kabupaten/Kota.

Sedangkan panduan Madrasah Diniyah Takmiliyah kami dapatkan 1 buku dari seorang yang baik hati bernama Nur Khoyin yang bekerja pada Kantor Kanwil Kemenag.

Dari situlah kebanyakan tulisan berasal termasuk matriks pembelajaran, kurikulum, pengertian dan juga syarat dan ketentuan pengajuan dan contoh administrasi pembukuan.

Karena dari ketiga buku dimaksud sudah selesai, pernah kami berpikir sudah rampung bahan yang diperlukan guna di digitalkan berbagai tulisan pada buku terbitan dari Kemenag yang resmi dijadikan panduan dalam penyelenggaraan baik LPQ, MDTA maupun Pesantren.

Semakin menulis, semakin beberapa buku yang dibaca, semakin kami merasa betapa sangat sedikit yang telah kami baca, menjadikan adanya ikhtiar untuk menggali bahan yang lain guna meng upgrade pengetahuan tentang lembaga pendidikan (khususnya Islam).

Sejujurnya tulisan dan postingan ini juga menjadi sarana kami belajar mengingat tentang lembaga dan pengelolaan, dimana disaat kami menuliskan tentang lembaga, upload juknis maupun pembuatan contoh proposal, pengajuan izin dan lainnya menjadi lebih teringat di pikiran kami daripada hanya sekedarnya.

Pencarian Sumber Bahan Tulisan yang lain

Kemudian juga dari berbagai sumber yang kami copy tulisan pokoknya dan kami tulis ulang sebagai pelengkap ekosistem pada tulisan blog ini. Contoh yang kami copas misalnya doa harian yang dipadu padankan dengan kurikulum TPQ dari Kemenag.

Dimaksud copas disini yaitu file doa format doc kiriman rekan syarifudin dari panasan yang pernah bekerja pada percetakan kemudian dari file doa doa dimaksud kami pecah pecah berdasarkan masing – masing doa dan kami coba urutkan dan ditambahkan keterangan rancangan waktu pemberian pembelajarannya.

Ada juga copy dari blog lain semisal hukum gharib dalam bacaan alquran yang ada kalanya kami cantumkan link kepada blog yang kami ambil keterangannya dan adakalanya juga kami lupa mencantumkan tautan.

Tapi yang jelas kami tidak menggandakan / copy suatu blog secara mentah mentah dan posting dengan cuek pada blog ini, umumnya kami mengambil pokok inti tulisan kemudian kami sampaikan secara apa yang bisa kami buat.

Ada juga beberapa tulisan opini dari kami mengenai lembaga TPQ Madin mapun Ponpes semisal kebingungan team pengelola mengenai jenjang pendidikan pada Madin, kemudian kelebihan kekurangan pesantren modern, atau juga mengenai penyebutan TPQ atau TPA dan yang lainnya. Walaupun tidak banyak.

Salah satu penyumbang yang relatif banyak dari postingan ini adalah berbagai petunjuk teknis yang menyangkut syarat dan ketentuan ataupun bantuan, dari situ hal yang kami lakukan adalah upload file yang terverifikasi sebagai petunjuk resmi, selanjutnya mencoba membuatkan contoh dalam format doc atau microsoft word berkaitan dengan petunjuk teknis.

Sumber tulisan lain yaitu beberapa file dari teman semisal tentang pesantren temboro yang merupakan hasil disertasi dari Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, kemudian tentang seputar hewan qurban dari drh. Ikhsan Fathoni, Lulusan UGM yang menjadi Kasi di Deptan Sulawesi (kalau enggak salah).

Ada juga beberapa profil pondok pesantren yang kami posting, biasanya profil ini dibuat oleh team berdasarkan biaya masuk, syarat pendaftaran, kemudian fasilitas ponpes dan juga kegiatan sehari hari para santri termasuk nomor kontak yang bisa dihubungi orang tua atau wali santri dari situs resmi milik pesantren.

Umumnya pada blog atau situs pesantren terbagi bagi beberapa halaman postingan antara biaya masuk syarat pendaftaran fasilitas dan jadwal keseharian, pada blog ini dibuat lebih praktis dalam pembacaannya.

Entah hal seperti ini termasuk dalam plagiat atau bukan kami kurang paham juga, akan tetapi biasanya tetap kami cantumkan sumber rujukan pembuatan tulisan dari situs resmi milik yayasan atau pengelola pesantren guna kepercaan para pembaca.

Penutup Tulisan pada Postingan ini

lambang cinta

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai blog atau website atau apalah ini, yang harapan kami bisa memudahkan kita semua dalam kehidupan di dunia akhirat dan entah seberapa mencoba turut menyemarakkan informasi TPQ.

Diumpamakan TPQ di Indonesia adalah ladang ribuan hektare, dan blog ini merupakan air segelas, meskipun tidak akan ada apa apanya untuk menyirami ribuan hektar ladang dengan air segelas merupakan hal yang bisa dikatakan tidak memberikan dampak terhadap ribuan hektar, tapi setidaknya (setidaknya menurut kami) menyiramkan air untuk kesuburan ladang merupakan langkah yang diperlukan untuk kesuburan tanah.

Jika ada ribuan atau jutaan air segelas tertuang pada ladang tentunya akan memberikan kesegaran, bentuk segelas air bisa anda yang mengajar pada TPQ, orang tua yang mengarahkan anak belajar di pesantren, anda yang menginfakkan uang dua tiga ribu secara rutin untuk madrasah diniyah takmiliyah, atau juga banyak tindakan lain yang diumpamakan sebagai segelas air.

Agak panjang lebar merancau di postingan ini, dan akhir akhir ini blog mendapatkan viewers kisaran ribuan (viewers ya, bukan visitors). Semoga kami diberikan barakah kemudahan dan juga dimasukkan kedalam golongan orang yang diampuni Allah SWT dan diberkahi, termasuk pembaca sekalian tentunya juga mendapatkan hal yang serupa dalam kebaikan keberkahan kemudahan ampunan dan dijauhkan dari marabahaya maupun perbuatan jelek berdosa.

Sekali lagi minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan bathin

TTD
Team pontren dot com

loading...