Jadwal kegiatan Santri Pondok Pesantren al Fatah Temboro

Posted on
kegiatan-santri
kegiatan-santri

pontren.com – informasi mengenai jadwal kegiatan harian bagi santri pondok pesantren al fatah temboro sebagai patokan dalam aktivitas sehari-hari dalam bermukim di pondok.
Informasi ini diambilkan dari disertasi Dr. Zainal Arifin, S.Pd.I, MSI. Dosen Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Fakultas Tarbiyah. Mendapatkan predikat Cum Laude (sangat memuaskan). Berikut keterangan serta jadwal santri pondok pesantren Al Fatah Temboro Jawa Timur.

Selain pembelajaran kitab, Pesantren Temboro sangat disiplin dalam mendidik para santrinya. Dalam setiap harinya, al-Fatah telah menerapkan beberapa program/kegiatan. Hal ini diamini oleh Samidi, salah satu wali santri Pesantren Temboro yang menjelaskan kegiatan harian anaknya yang sedang belajar di MTs Pesantren Temboro (Hasil wawancara dengan bapak Samidi dan istrinya (Ibu Sutini) di rumahnya. Mereka adalah wali santri (Angga kelas F program formal) Pesantren Al-Fatah Temboro, pada Selasa, 14 Oktober 2014 jam 19.15-20.00 WIB).

Baca :

Kegiatan Harian Santri Kelas Formal

berikut adalah jadwal kegiatan sehari hari santri pada pondok pesantren Temboro berdasarkan disertasi Zainal Arifin. dimana pada jadwal ini tertera jam beserta kegiatan yang dilakukan oleh anak didik pada lembaga pendidikan dimaksud.

1. 03.00-06.30

a. Sholat tahajud secara individual di Masjid
b. Membaca wirid dan Al-Qur’an
c. Sholat shubuh berjamaah
d. Membaca ayat-ayat Hi} rzi, seperti yasin, atau ayat- ayat pilihan untuk perlindungan diri.
e. Musyawarah kamar untuk muhasabah kegiatan semalam dipimpin oleh Amir, senior dari kelas atas. (kelas 2/3)
f. Program makan/mandi (kalau sempat)

2. 06.30- 09.30 Kajian kitab diniyyah

3. 09.30- 11.30 Istirahat (tidur)

4. 11.30- 13.00 Makan siang dan sholat Dhuhur

5. 13.00- 15.30 Pelajaran formal

6. 15.30- 17.20 Sholat Ashar, membaca ayat Hirzi, mendengarkan bayan kiai kemudian dilanjutkan makan sore

Mendahulukan Kurikulum Diniyah

santri belajar di kelas
santri belajar di kelas

Berdasarkan tabel di atas, sistem pembelajaran santri di kelas formal (MI-MA) lebih mendahulukan pembelajaran kurikulum diniyyah, yaitu mulai jam 06.30-09.30 daripada kurikulum formal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag), yaitu mulai jam 13.00-15.30. Tradisi ini jarang sekali dilakukan di pondok pesantren yang lain.

Biasanya di beberapa pondok pesantren, khususnya pesantren tradisional (madrasah diniyyah) memberikan kesempatan bagi para santri untuk belajar kurikulum formal di pagi hari, kemudian untuk sore hingga malam hari baru diberikan kurikulum Diniyyah di pondok masing-masing. Tujuan al-Fatah lebih mendahulukan kurikulum diniyyah daripada kurikulum formal adalah untuk menekankan pentingnya pendidikan diniyyah daripada pendidikan formal (materi pelajaran umum).

Menurut Abdur Rouf,

‛Ketika kiai ditawari pemerintah agar santri yang sudah menyelesaikan pendidikan Takhasus diberikan ijazah formal setara Strata Satu (S1), ditolak oleh kiai. Kiai tidak ingin santrinya menjadi pegawai (PNS) sehingga melupakan kewajibannya untuk memakmurkan masjid dan berdakwah‛.93 *)

93*) Hasil wawancara dengan Abdur Rouf, santri program Daurah asal dari NTB di Masjid Trankil pada tanggal 15 Januari 2015, jam.09.40-11.20 WIB.

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Silakan berkomentar