Doa Masuk dan Keluar Rumah Arab Latin dan Artinya beserta gambar ilustrasi.

pontren.com – informasi tentang doa keluar masuk rumah dalam tulisan arab latin dan juga arti terjemahan yang diperuntukkan bagi anak anak ibu ibu bapak bapak kakek nenek seluruh kalangan yang menganut agama Islam. Juga disebutkan dasar atau dalil mengenai aktivitas dalam memasuki tempat tinggal dari Sunnah Nabi.

Berikut tulisan arab latin doa keluar masuk rumah disertai dengan terjemahannya lengkap, entah itu rumah baru atau kontrakan disertai dengan ilustrasi gambar doa masuk rumah supaya dapat menarik minat anak dalam belajar dan praktek disaat memasuki tempat tinggalnya.

Doa Masuk rumah arab latin dan artinya

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

‘Allahumma inni as-aluka khoirol mawlaji wa khoirol makhroji, bismillahi walajnaa wa bismillahi khorojnaa wa ‘alallahi robbinaa tawakkalnaa’

Artinya : Ya Allah, aku memohon pada-Mu kebaikan ketika masuk dan keluar dari rumah. Dengan nama Allah, kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar dan hanya kepada Allah Rabb kami, kami bertawakkal

Doa Keluar Rumah Arab latin dan terjemahnya

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah
Terjemah : Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya.

Catatan tentang doa keluar masuk rumah

Dalam doa memasuki rumah, ada suatu kalimat yang dapat berlaku umum berdasarkan hadis nabi yang menyebutkan tentang utamanya menyebut nama Allah diwaktu memasukinya.

Adapun riwayat ini merupakan HR. Muslim no. 2018. berasal dari dari sahabat Jabir bin ‘Abdillah, ia pernah mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

artinya : “Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.”

Doa keluar rumah ini berasal dari hadis shahih riwayat Abu Daud dan Tirmidzi. Syaikh Al Albani sahabat anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ قَالَ « يُقَالُ حِينَئِذٍ هُدِيتَ وَكُفِيتَ وَوُقِيتَ فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِىَ وَكُفِىَ وَوُقِىَ ».

“Jika seseorang keluar rumah, lalu dia mengucapkan “Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah” (Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya), maka dikatakan ketika itu: “Engkau akan diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga”. Setan pun akan menyingkir darinya. Setan yang lain akan mengatakan: “Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan?!”

Adab memasuki rumah dan keluar

Berikut adalah adab dalam keluar masuk rumah yang dapat kita praktekkan jika memiliki kemampuan dan keinginan kuat untuk melaksanakannya. Juga dapat sebagai materi pembelajaran bagi sekolah dasar Islam atau TPA TPQ ( Taman Pendidikan Alquran.

Adapun adab yang ringkas sebagaimana berikut ;

  • Membaca basmalah ketika masuk
  • Mengucapkan salam ketika masuk rumah
  • Keluar rumah membaca rumah

Waktu penyampaian materi doa keluar masuk rumah untuk TPQ

Dibawah ini adalah jadwal pemberian materi ini kepada anak didik Taman Pendidikan Alquran ( TPQ / TPA ) didasarkan matriks pembelajaran yang diterbitkan oleh Kementerian Agama RI Jakarta.

TKQ level B disampaikan pada bulan ke 6 semester ganjil dan dilakukan pengulangan kembali di semseter genap bulan kelima.

Pada TPQ level A, doa keluar masuk rumah ini disampaikan pada semester genap di bulan pertama.

Gambar doa masuk rumah dan keluar dari Rumah

Berikut adalah gambar tentang doa masuk masjid dan gambar doa keluar masjid sebagai DP whatsapp guna memudahkan untuk self reminder atau penyemangat dalam pembiasaan doa sehari hari.

doa-masuk-rumah
gambar doa masuk rumah
gambar-doa-keluar-rumah
gambar doa keluar dari rumah
loading...