pontren.com – materi dan jadwal waktu penyampaian pelajaran ilmu tajwid untuk anak TPQ mengacu kepada matriks pembelajaran Lembaga Pendidikan Al Qur’an yang diterbitkan oleh Kementerian Agama RI Jakarta.

Dalam materi tajwid TPQ ini adalah pembelajaran hukum membaca alquran mulai dari pengenalan huruf sampai dengan waqaf dan waktu atau jadwal penyampaian yang disusun sedemikian rupa berurutan dan dirancang berlanjut dan kesinambungan.

Dan pada akhir tulisan, terdapat bagan pembelajaran beserta waktu penyampaian berdasarkan jenjang pendidikan dan materi pelajaran ilmu tajwid dalam satu tahun atau 2 semester.

Untuk lebih singkat dan jelas, silakan disimak pada tulisan dibawah ini.

Materi Ilmu Tajwid TPQ

Pemberian materi TPQ diberikan kepada anak-anak yang telah berada di tingkat Level B, sehingga bagi santri yang masih berada di TKQ baik Level A atau B maupun TPQ level A belum mendapatkan pembelajaran ilmu Tajwid.

Ada 2 level TPQ yang menurut matriks pembelajaran TPQ dari Kemenag diberikan pelajaran ilmu tajwid yaitu Taman Pendidikan Al Qur’an level B dan Level C.

Adapun pembagian materi yang disampaikan dan penjadwalan waktu penyampaian sebagaimana dibawah ini;

Pelajaran Ilmu Tajwid TPQ Level B

Berikut materi pembelajaran untuk TPQ level B pelajaran ilmu Tajwid.

  • Makharijul Huruf bulan pertama semester ganjil
  • Hukum nun mati dan tanwin bulan kedua dan ketiga semester ganjil
  • idgham mutamasilain bulan keempat semester ganjil
  • idgham mutaqaribain bulan kelima semester ganjil
  • idgham mutajanisain bulan keenam semester ganjil
  • al Qamariyah & al Syamsiyah bulan pertama semester genap
  • Qalqalah Bulan kedua semester genap
  • Tafkhim dan tarqiq bulan ketiga dan keempat semester genap
  • Fawatihus suwar bulan kelima semester genap
  • Shod yang dibaca sin bulan ke enam semester genap

Itulah materi dalam satu tahun (2 semester) pembelajaran materi tajwid pada TPQ untuk level B.

TPQ Level C

Setelah khatam materi pada level B, dilanjutkan pembelajaran ilmu tajwid pada TPQ level C yang materi yang diajarkan yakni;

Bacaan Mad dan macam macamnya selama semester ganjil (6 bulan) pembelajaran

  • bacaan gharib bulan pertama dan kedua semester genap
  • sifatul huruf bulan ketiga semester genap
  • ahkamul huruf bulan keempat semester genap
  • macam macam waqaf dan tandanya bulan kelima dan semester genap

Setelah santri menguasai kesemua pelajaran dari level B dan C dalam pelajaran Tajwid, insyaallah purna pelajaran ini bagi anak-anak TPQ. Tapi saya juga agak ragu jika semua berjalan lancar karena idealisme jadwal dengan kenyataan kadang tidak singkron.

Tabel Materi dan Waktu Pembelajaran Ilmu Tajwid untuk anak TPQ

Seperti disampaikan diatas, berikut adalah tabel matriks pembelajaran ilmu tajwid santri TPQ untuk level B dan C dalam satu tahun (semester ganjil dan genap).

ilmu-tajwid-untuk-TPQ
matriks pembelajaran ilmu Tajwid pada TPQ Level B dan C

Demikian jika tulisan diatas diwujudkan dalam bagan dan waktu pembelajaran.

Penutup tulisan dan catatan

Pada dasarnya matriks pembelajaran adalah acuan dalam kegiatan belajar mengajar bagi TPQ yang telah dibagi bagi dalam jenjang dan level, jika dapat mengikuti dengan baik materi serta waktu penyampaian materi tentunya akan sangat hebat dan mengagumkan.

Sayangnya realita kenyataan berbeda di lapangan, bisa jadi karena kekurangan guru mengajar atau kemampuan anak dalam menyerap ilmu yang lebih lamban dibanding dengan jadwal matriks yang dibuat.

Menyikapi hal ini tentunya pengelola TPQ dapat mengambil sikap bijak dengan melakukan penjadwalan ulang dan startegi yang berbeda guna mengakomodasi kondisi dan situasi lembaganya.

Walaupun begitu, akan tetap lebih baik jika kondisi yang ada tetap diarahkan kepada strategi dalam mencapai standar pembelajaran dalam matriks yang dibuat oleh Kementerian Agama RI sebagai Kementerian tempat TPA bernaung.

loading...