jazakallah-khoiron

Bahasa Arabnya Terima Kasih.
pontren.com – Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatu.
Sugeng enjang selamat siang dan terima kasih, bagaimana sih bahasa arabnya ucapan terima kasih?

Mari kita bahas bersama bagaimana membahasa arabkan terima kasih beserta tulisan lengkap dengan syakal atau harakat dan ungkapan yang banyak digunakan dalam istilah ini.

Disini akan ditulis dalam bahasa arab tentang arti terima kasih baik versi singkat secara letter lijk dan juga beberapa hadis sebagai pendukung mengenai kalimat thank you ini.

Arti terima kasih dalam bahasa arab

Secara bahasa, orang biasa mengucapkan terima kasih dengan kata syukron, yang berasal dari kata syakaro – yasykuru – syukron.

شَكَرَ – يَشْكُرُ- شُكْرًا

Sedangkan dalam ungkapan lain, disebutkan bahwa berterima kasih dapat menggunakan kata jazakallah khairan katsira (ucapan terima kasih kepada pria) yang mempunyai arti semoga Allah memberikan balasan yang banyak untukmu.

Untuk wanita biasanya anak pesantren atau madrasah diniyah menggunakan ungkapan jazakillah khairan katsira.

Dalam berterima kasih ini sesuai dengan tuntunan yang diajarkan oleh jujungan Nabi Besar Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallam untuk berterima kasih kepada orang yang berlaku baik.

Hadis tersebut bisa anda simak dibawa tulisan ini.

Tulisan Jazakallah khairan katsira arab

Berikut adalah cara penulisan kata jazakumullah khairan katsira dalam huruf hijaiyah baik untuk laki laki perempuan ataupun orang banyak.

Untuk ucapan terima kasih kepada pria dalam bahasa arab = jazakallah khairan.

جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا

Untuk ucapan terima kasih kepada wanita dalam bahasa arab = jazakillah khairan.

جَزَاكِ اللهُ خَيْرًا ً

Untuk ucapan terima kasih kepada anda sekalian dalam bahasa arab = jazakumullah khairan.

جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

Jawaban syukron, Jazakallah khairan katsira

terima-kasih-dalam-bahasa-arab
syukron terima kasih

Adakalanya juga orang berterima kasih kepada kita dengan mengucapkan dalam bahasa arabnya terima kasih semisal syukron ataupun jazakallah khoiron katsiro.

Tentunya ada yang merespon dengan menjawab secara bahasa Indonesia dengan kata “ya, sama-sama” atau dengan kalimat lain, “ah ga papa, santai saja deh”.

Tapi jika hendak mengimbangi ucapan terima kasih dalam bahasa arab ini dengan jawaban yang kearab araban maka anda dapat merespon dengan memakai kata‘afwan, yang terjemah aslinya adalah maaf, akan tetapi pada konteks menjawab syukran atau jazakallah katsira maka dapat di Indonesiakan sama – sama.

Kata afwan berasal dari kata ‘afaa (عَفَا) – ya’fuu (يَعْفُوْ) – afwan (عَفْوًا) –

kebiasaan orang arab menggunakan kata afwan untuk jawaban terima kasih karena menganggap perbuatan baiknya tidaklah seberapa.

Sebenarnya dapat melakukan hal yang lebih dari yang dilakukan. Sehingga dijawab dengan ‘afwan atau permintaan maaf, dan juga menjaga diri untuk dijauhkan dari sombong besar kepala.

Hadis tentang terima kasih

Berikut ada 2 buah riwayat yang berkaitan dengan syukur terima kasih.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لاَ يَشْكُرُ النَّاسَ

artinya “Tidak dikatakan bersyukur pada Allah bagi siapa yang tidak tahu berterima kasih pada manusia.” (HR. Abu Daud no. 4811 dan Tirmidzi no. 1954.

عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى
الثَّنَاءِ ».

Usamah bin Zaid berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: “Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian.”

(HR. Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam Kitab Shahih Al jami’, no. 6368).

Demikian postingan mengenai kalimat ucapan syukron berterima kasih kepada orang yang telah berbuat baik atau melakukan kebaikan kepada kita dalam istilah Arab.

Sugeng siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

loading...