Bismillahi Majreha wa Mursaha Artinya dan terletak dalam Surah

Posted on

Bismillahi majreha wa mursaha
Pontren.com informasi mengenai bacaan bismillahi majreha wa mursaha baik secara huruf arab maupun arti dan hukum bacaan serta kenapa dibaca seperti itu. Terletak di surat apa ayat berapa dalam alquran? Berikut keterangannya.

Bagi yang ingin mengetahui arti bismillahi majreha wa mursaha bisa disimak nanti dan temasuk doa apakah bacaan ini? Marilah bersama sama belajar menambah wawasan keilmuan.

Bismillahi majreha wa mursaha artinya

Berikut adalah arti bismillahi majreha wa mursaha dalam bahasa Indonesia.

Artinya adalah “dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya”

Bismillahi majreha wa mursaha terdapat dalam surah apa

Jika ada yang bertanya ataupun ingin tahu dimanakah letak dari bismillahi majreehaa wa mursaahaa maka jawabannya adalah penggalan ayat dimaksud terdapat dalam surah Hud ayat 41.

loading...

Kalimat ini terdapat dalam al Qur’an Surat Hud ayat 11 yang lengkapnya adalah sebagai berikut;

وَقَالَ ٱرۡڪَبُواْ فِيہَا بِسۡمِ ٱللَّهِ مَجۡر۪ٮٰهَا وَمُرۡسَٮٰهَآ‌ۚ إِنَّ رَبِّى لَغَفُورٌ۬ رَّحِيمٌ۬

Wa qoolar kabuu fiihaa bismillahi majreehaa wa mursaahaa, inna robbiy laghofuurur rohiim

Artinya”, Dan Nuh berkata:Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS. Hud 11:41)

Bismillahi majreha wa mursaha doa apa?

Ada yang mengatakan bahwa kata diatas merupakan doa saat berkendara utamanya kendaraan laut, akan tetapi ada yang mengatakan bahwa doa tersebut berasal dari hadis palsu. Dari perawi ada yang dinyatakan sebagai pendusta.

Ibnu Katsier menjelaskan tentang maksud dari ayat ini bahwa hendaknya membaca bismillah ketika akan berlayar dan membaca bismillah pada saat berlabuh.

Jadi maksudnya disini bukan membaca secara utuh penggalan ayat bismillahi majreeha wa mursaha secara utuh sebagai doa berkendara kendaraan laut (misalnya kapal, sampan, tongkang, feri, jetboat maupun yang lain).

Adapun doa melakukan perjalanan yang termuat dalam hadist adalah sebagai berikut;

سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ . وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Subhaanalladzi sakhkhoro lanaa hadza wa maa kunna lahu muqrinin. Wa innaa ila robbinaa lamunqolibuun

Artinya : Maha Suci Allah yang telah menundukkan kendaraan ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Doa dimaksud berasal dari hadits riwayat Abu Dawud: 3/34, At-Tirmidzi: 5/501, dan lihat Shahih At- Tirmidzi: 3/156.

Bismillahi majreha wa mursaha dibaca imalah

Sangat jarang huruf dalam bahasa arab menggunakan kata vokal “E” dalam pengucapannya. Akan tetapi dalam hal ini utamanya surat hud ayat 11 kata مَجۡر۪ٮٰهَا dibaca dengan Majreehaa.

Pengucapan majreeha seperti pada kata ekonomi, bukan semisal huruf e pada elit atau empedu.

Dalam ilmu tajwid, pengucapan ini disebut dengan imalah, yang arti secara bahasa yaitu condong atau miring. Sedangkan secara istilah, imalah yaitu mencondongkan bacaan harakat fathah pada harakat kasrah sekitar dua pertiganya.

Pada mushaf usmani, biasanya bacaan ini diberi tanda dengan tulisan kecil إِمَالَةٌ pada atas kalimat. Atau berupa tanda kotak wajib berongga maupun tertutup.

Sebab dibaca مَجْر۪ىٰهَا imalah / majreehaa

Alasan lafadz “مَجْر۪ىٰهَا” dibaca ilamah (majreehaa) salah satunya berfungsi untuk pembedaan antara lafadz “مَجْر۪ىٰهَا” yang mempunyai arti berjalan pada wilayah darat dengan lafadz “مَجْر۪ىٰهَا” yang memiliki arti berjalan di laut.

Pada salah satu kamus bahasa arab, juga didapatkan keterangan tentang lafadz “ مَجْر۪ىٰهَا ” berasal dari lafadz “ ﺟَﺮٰﻯ ” yang mempunyai arti berjalan atau mengalir.

Keterangan yang lain disebutkan bahwa lafadz tersebut dapat dipergunakan dalam arti berjalan di atas daratan maupun berjalan di atas lautan (berlayar), akan tetapi kecenderungan perjalanan di permukaan laut (melakukan berlayar) tidak stabil seperti halnya di daratan (adanya ombak angin). Terkadang diterjang ombak kecil dan besar atau terhempas angin, sehingga sangat tepat kata “ مَجْر۪ىٰهَا ” tersebut dibaca dengan condong/imalah.

Demikian informasi tentang bismillahi majreha wa mursaha. Semoga menambah wawasan dalam khazanah keilmuan.

loading...

Silakan berkomentar