Download Terjemah Washoya

Posted on
terjemah-kitab-washoya

Pontren.com – download terjemah kitab washoya lil abaa i wal abnaai pelajaran permulaan dalam budi pekerti. Selain terjemah, juga unduh kitab washoya dalam pegon beserta terjamah bahasa jawa guna memudahkan dalam pembelajaran pendidikan akhlak santri ataupun anak dan bapak ibu.

Merupakan salah satu kitab yang diperlombakan dalam kegiatan MQK (Musabaqah Qiroatil Kutub) antar pondok pesantren dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi sampai dengan Nasional. Termasuk dalam kategori lomba baca kitab untuk tingkat ula pada bidang kitab akhlak.

Baca:
Terjemah Kitab Safinatun Najah
Link2
Link3

Pengarang Kitab Washoya

Kitab ini dikarang oleh syaikh muhammad syakir, lahir di Negara piramida Mesir wilayah Jurja pada tahun 1282 Hijriyah atau 1939 Masehi.

Merupakan keturunan atau anak dari Ahmad bin Abdil Qadir bin Abdul Warits.

Syaik ini juga dikenal sebagai seorang pembaharu Universitas Al-Azhar. Pada masanya, beliau termasuk wakil rektor Universitas Al-Azhar.

Riwayat Perjalanan pendidikan dan keilmuan serta jabatan dimulai dari menghafal Al-Qur’an dan belajar dasar-dasar studinya di Wilayah Jurja, Mesir.

Dilanjutkan melakukan perjalanan ke universitas Al-Azhar. Pada tahun 1307 Hijriyah dipercaya untuk memberikan fatwa.

pada masa itu Beliau juga menduduki jabatan sebagai ketua Mahkamah mudiniyyah al-qulyubiyyah, dan tinggal di sana selama tujuh tahun sampai beliau dipilih menjadi Qadhi (hakim) untuk negeri Sudan pada tahun 1317 H.

Syaikh Muhammad Syakir merupakan orang pertama yang menduduki jabatan ini, dan orang yang pertama yang menetapkan hukum-hukum hakim yang syar’i di Sudan.

Di Tahun 1322 H. Syaikh M Syakir ditunjuk menjadi guru bagi para ulama-ulama di daerah Iskandariyyah. selanjutnya ditunjuk sebagai wakil bagi para guru Al-Azhar.

Tahun 1913 M mendirikan Jam’iyyah Tasyni’iyyah dan menjadi anggota organisasi tersebut, sebagai pilihannya dari sisi pemerintah Mesir, mulai dari sini dilepaskan segala jabatan dan tidak ada hal yang menarik bagi beliau untuk berkecimpung lagi dalam dunia yang ada jabatannya, yang selanjutnya dengan meninggalkan berbagai jabatan yang ada dan tidak berminat lagi mendudukinya serta mengutamakan untuk hidup dalam keadaaan pikiran, amalan, hati dan ilmu yang bebas lepas.

Kitab Karangan Syaikh Muhammad Syakir

madrasah-diniyah-takmiliyah-awaliyah

Ada beberapa kitab karangan selain kitab washoya yang dikarang oleh beliau. Dari berbagai sumber disebutkan bahwa Syaikh Muhammad Syakir termasuk penulis yang produktif. Namun karya beliau yang berupa buku, sebatas penelusuran penulis comot dari internet adalah.

• Syarh Musnad Imam Ahmad (belum selesai sampai beliau wafat)
• Tahqiq Kitab Al-Ihkam karya Ibnu Hazm
• Tahqiq Kitab Alfiyatul Hadits karya As-Suyuthi
• Takhrij Tafsir At-Thabari bersama Mahmud Syakir (saudara)
• Tahqiq kitab Al-Kharaj karya Yahya bin Adam
• Tahqiq kitab Ar-Raudathun Nadhiyah karya Shiddiq Hasan Khan
• Syarh Sunan At-Tirmidzi (belum selesai sampai beliau wafat)
• Tahqiq Syarh Aqidah Thahawiyah
• Umdatut Tafsir ringkasan Tafsir Ibnu Katsir (belum selesai sampai beliau wafat)
• Ta’liq dan Tahqiq Al-Muhalla karya Ibnu Hazm.

Download Kitab Washoya Matan dan Terjemah Pegon

Dibawah ini merupakan file dalam bentuk PDF yang bisa dibaca secara langsung melalui website atau blog ini tanpa download. Caranya dengan scroll ke atas ataupun kebawah.

Merupakan kitab washoya dengan terjemah pegon bahasa jawa dalam pemaknaan pada kitab arab gundul sebagaimana kebiasaaan pondok pesantren salaf.

Berikut kitab washoya dalam arab pegon;

Jika anda menginginkan untuk download dipergunakan pada laptop komputer atau handphone, silakan di unduh melalui tautan dibawah ini

Unduh terjemah washoya bahasa jawa pegon

Download Terjemah Washoya

Bagi yang menginginkan membaca terjemahan kitab washoya, bisa anda simak dibawah ini. Selain dapat dibaca dengan menaikturunkan file langsung dari hape atau laptop tanpa mengunduh atau men download nya, dibagikan juga link untuk mengunduh download terjemah washoya bahasa Indonesia dalam format PDF.

Berikut jika ingin membaca secara langsung.

Seperti disampaikan diatas, jika memerlukan untuk download terjemah washoya bahasa Indonesia dapat mengunduh melalui tautan dibawah ini.

Download Terjemah Kitab Washoya

Demikian informasi tentang Kitab Washoya yang juga menjadi salah satu kitab diperlombakan pada Musabaqah Qiraatil Kutub tingkat Ula pada bidang akhlak.

Selamat belajar.

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Silakan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.