Kerangka Acuan Kerja Bantuan BOP Madrasah Diniyah Takmiliyah

Posted on
Kerangka-Acuan-Kerja
kerangka acuan kerja Bantuan BOP Madin

Pontren.com – contoh Kerangka Acuan Kerja sebagai lampiran dalam pengajuan bantuan serta Lampiran Laporan Pertanggungjawaban pada Bantuan Operasional Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah yang berasal dari DIPA (umumnya) Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau Kota.

KAK atau Kerangka acuan Kerja ini bukan berasal dari contoh resmi, hanya merupakan percobaan pribadi dalam pembuatannya. Dibuat mengacu kepada susunan dan kerangka pokok yang ada dalam Juknis Bantuan BOP Kementerian Agama RI Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.

Susunan Kerangka Acuan Kerja

Seperti disampaikan sebelumnya, kerangka acuan kerja ini dibuat mengacu kepada juknis yang susunannya terdiri dari

1 Latar Belakang
2 Maksud dan Tujuan
3 Target dan Sasaran
4 Sumber dana dan Perkiraan Biaya
5 Ruang Lingkup dan Lokasi Pekerjaan
6 Jangka Waktu Pelaksanaan
7 Acuan Kerja

Berikut percobaan pembuatan KAK yang semoga nantinya ada yang menyempurnakan sehingga lebih baik dan sesuai dengan petunjuk teknis yang dibuat.

Kerangka Acuan Kerja Bantuan BOP Madin

Latar Belakang

Sebagai lembaga pendidikan yang sudah lama berkembang di Indonesia, madrasah diniyah takmiliyah salah satunya, selain membina dan mengembangkan kehidupan beragama di Indonesia, juga ikut berperan dalam menanamkan rasa kebangsaan ke dalam jiwa rakyat Indonesia. Dalam hal ini Madrasah Diniyah Takmiliyah juga ikut berperan dalam upaya mencerdaskan bangsa.

Dalam upaya peran serta mencerdaskan tunas bangsa serta penanaman Keagamaan dan Kebangsaan diperlukan semangat, sumber daya manusia, biaya dan fasilitas pendidikan.

Dalam pengelolaan lembaga madrasah diniyah, saat ini masih menggratiskan biaya pendidikan sehingga beban lembaga dalam pelaksaan operasional memerlukan sokongan dana yang layak.

Secara kongkrit, kebutuhan dalam perjalanan operasional lembaga yaitu, biaya air pam, listrik, barang habis pakai semisal kertas kapur spidol pena maupun insentif untuk para guru maupun pengelola.

Dengan adanya bantuan operasional pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah nantinya akan dipergunakan untuk alokasi kebutuhan diatas yaitu pembiayaan operasional baik pembelian barang habis pakai untuk kegiatan mengajar dan biaya rutin listrik serta air pam maupun untuk insentif guru madin serta biaya rutin lainnya.

Maksud dan Tujuan

maksud-dan-tujuan-Kerangka-Acuan-Kerja

Berikut adalah maksud dan tujuan dalam pelaksanaan Bantuan Operasional Pendidikan serta tujuannya

a. Maksud

Maksud dari pelaksanaan bantuan ini adalah untuk menjaga kesinambungan kegiatan belajar mengajar serta mencukupi kebutuhan operasional lembaga yang layak dan patur guna peran serta madin dalam mencerdaskan anak bangsa dan menanamkan nilai nilai keagamaan dan kebangsaan.

b. Tujuan

Tujuan pelaksanaan bantuan ini untuk mencukupi kebutuhan madrasah diniyah takmiliyah dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan ketersediaan peralatan penunjang pembelajaran santri serta turut serta memberi sedikit tambahan kesejahteraan pengajar pada madrasah diniyah takmiliyah.

Target dan Sasaran

Dalam pelaksanaan bantuan BOP pada Madrasah Diniyah Takmiliyah, terdapat target serta sasaran yang dicapai guna pemaksimalan dana bantuan bagi lembaga.

a. Target

Target yang ingin dicapai adalah terpenuhi kebutuhan Alat Tulis Kantor serta peralatan habis pakai pada kegiatan belajar mengajar.

Terpenuhi biaya langganan air dan listrik selama satu tahun.

Adanya bantuan insentif atau transport bagi para pengajar serta pengelola pada lembaga madrasah diniyah takmiliyah.

b. Sasaran

Sasaran dalam pelaksanaan bantuan BOP Madrasah Diniyah Takmiliyah ini adalah;

pertama, peningkatan mutu lembaga serta kualitas peralatan yang lebih memadai termasuk biaya fotocopy maupun cetak.

Kedua, tercover pembiayaan listrik dan air selama satu tahun.

Ketiga, Adanya bantuan transport atau insentif bagi para pengajar dan pengelola madrasah diniyah takmiliyah.

Sumber Dana dan Perkiraan Biaya

Kerangka-acuan-Kerja-Sumber-dana-dan-perkiraan-Biaya
Sumber dana dan prakiraan Biaya

Dalam hal pelaksanaan diatas diperlukan sejumlah anggaran dan dana guna kelancaran dan kesuksesan kegiatan Lembaga beserta estimasi biaya yang diperlukan.

a. Sumber Dana

Sumber dana pelaksanaan kegiatan lembaga berasal dari Bantuan Operasional Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah Kementerian Agama Kabupaten dan partisipasi serta donasi dari masyarakat ataupun perusahaan yayasan yang tidak bersifat mengikat.

b. Perkiraan Biaya

Perkiraan biaya yang diperlukan guna pembiayaan kegiatan operasional pendidikan pada madrasah diniyah adalah Rp. 20.000.000,-

Ruang Lingkup dan Lokasi Pekerjaan

Dalam pelaksanaan BOP Madin ini memiliki batasan dalam penggunaan dana yang disebut dengan ruang lingkup pelaksanaan.

a. Ruang Lingkup

Pelaksanaan bantuan ini diperuntukkan khusus dalam operasional pendidikan bagi madrasah diniyah takmiliyah bukan untuk yang lainnya.

b. Lokasi Pekerjaan

Pembiayaan Bantuan ini pada Lembaga Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah …… yang beralamat di ……………………………….

Jangka Waktu Pelaksanaan

Jangka waktu pelaksanaan Bantuan BOP Madrasah Diniyah Takmiliyah adalah satun tahun pendidikan (atau bisa 90 hari) menyesuaikan dengan petunjuk teknis yang ada.

Lampiran-lampiran

Acuan Kerja

Dalam acuan pendanaan biaya operasional Madrasah Diniyah Takmiliyah yang meliputi:

a. Petunjuk Teknis Bantuan BOP Madrasah Diniyah Takmiliyah
b. Rencana Anggaran Biaya (RAB)
c. Foto Aktivitas/Kegiatan Santri
d. Jadwal Pelaksanaan
e. Lain-lain yang Diperlukan

……….………., ………. 2019
Pimpinan Madrasah Diniyah Takmiliyah,
……….……….……….
(Nama Jelas)

Download KAK Bantuan BOP Madin

download-file-pontren

Berikut adalah tautan atau link guna mengunduh file Kerangka Acuan Kerja dalam pelaksanaan Bantuan BOP pada Lembaga Madrasah Diniyah Takmiliyah.

File ini dibuat dalam format doc microsoft office word 2007 yang menggunakan page layout portrait dengan ukuran margin 3 cm pada masing masing garis tepi atas bawah kiri kanan.

Unduh Download KAK BOP Madin

Demikian mengenai Kerangka Acuan Kerja, semoga ada yang memberikan koreksi maupun menyempurnakan dalam penulisannya.

Salam madin.

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Silakan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.