format-penilaian-lomba-kisah-islami
lomba kisah Islamy

pontren.com – keterangan serta informasi seputar cabang lomba kisah islami untuk Ta’limul Qur’an Lil Aulad ( pendidikan lanjutan dari TPQ ) baik berupa umur peserta, ketentuan materi, serta aspek dan skor penilaian.

Panduan lomba kisah islami ini diambilkan dari petunjuk teknis Panduan Festival Anak Sholeh Indonesia Provinsi Jawa Tengah yang disusun oleh Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al Qur’an (Badko TPQ) Prov Jateng.

Baca
* Lomba Mewarnai dan Contoh Format Penilaian
* Lomba Cerdas Cermat Al Qur’an untuk TPQ
* Lomba Praktek Sholat, aturan ketentuan dan Contoh Blangko Nilai

Ketentuan Peserta

Peserta lomba ini adalah santri TQA, dalam acuan aturan tentang usia anak TQA yaitu Santri TQA, usia maksimal 15 tahun pada tanggal 1 Juli 2020 (lahir maksimal 1 Juli 2005). Catatan, ini dibuat tahun 2019 sehingga jika pelaksanaan lomba ada perubahan tahun silakan disesuaikan sendiri.

Keabsahan kelahiran calon peserta bisa dilakukan dengan melampirkan fotocopy ijazah, akta kelahiran pada saat pendaftaran dan menunjukkan asli dikala daftar ulang.

Ketentuan Materi Perlombaan Kisah Islami

Berikut ini merupakan aturan dan ketentuan peserta yang mengikuti musabaqah qissatul islamiyyah (kisah Islam) baik berkaitan dengan isi cerita, naskah serta waktu maju bercerita. Berikut selengkapnya.

1) Tema dan Inti kisah/ cerita tentang pembentukan Aqidah-Akhlaq yang mengacu pada ayat AlQur’an dan atau Al-Hadits (sebagai rujukan utama).

2) Kemasan ceritanya dapat diambil dari kisah-kisah dalam Al-Qur’an, Al-Hadits, Sejarah Islam sejak masa Rasulullah Saw ,masa Tabi’in dan penyebaran Islam di Indonesia.

3) Dalam menyampaikan cerita diperkenankan menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi yang disampaikan.

4) Setiap peserta harus menyiapkan dan menyerahkan narasinya kepada Dewan Hakim (diketik rapi) dan menyebutkan identitas pengarangnya.
5) Peserta yang tidak menyerahkan narasi sebagaimana pada angka 4, didiskualifikasi.

6) Durasi waktu maksimal antara 10 sampai 15 menit.

Format penilaian Lomba Kisah Islami

lomba-kisah-islami
mendongeng / telling story

Dalam penilaian lomba ini tidak terlalu banyak acuan penilaian lomba, hanya ada 3 bidang penilaian. Berikut bagan sistem penilaian beserta ketentuan jumlah nilai minimal maksimal skor dan jumlahnya

NoBidang PenilaianNilai MinNilai Maks
1Isi Kisah2540
2Pengembangan Imajinasi1535
3Retorika Penyampaian Cerita1025
Jumlah50100

Download form penilaian lomba kisah islam

Dibawah ini akan ada link menuju file format doc menggunakan microsoft office word guna memudahkan edit contoh blangko nilai lomba kisah islami. Berikut link untuk mengunduh file dimaksud

Download Form Penilaian Kisah Islami

Demikian informasi maupun keterangan mengenai perlombaan dalam bercerita yang merupakan hal agak baru di kalangan kegiatan penyelenggaraan kompetisi dalam story telling.

Salam mendongeng.

loading...