Mengenal Program Full Day School MAN 1 Surakarta

Posted on
program-full-day-MAN-1-Surakarta
program-full-day-MAN-1-Surakarta

Pontren.com – informasi tentang program full day school yang dilakasanakan oleh Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta, Jln Sumpah Pemuda nomor 25 Kadipiro Banjarsari Solo

Pada tahun ajaran 2019/2020 ini MAN Surakarta menyelenggarakan program full day untuk 4 kelas.

Apa sih yang dimaksud dengan program full day milik MAN 1 ini?

Yaitu suatu kelas yang mendapatkan pelajaran tambahan tutorial sore dimulai pada jam 15.00 – 16.30 WIB (jam 3 sore sampai dengan setengah lima sore). Untuk hari pelaksanaannya adalah Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at, sedangkan sabtu libur anak anak bisa weekend, moga tidak pada wakuncar yaa …

Apa saja kelas yang dibuka? Dan berapa jumlah murid yang bisa di akomodasi?

loading...

Sudah disampaikan diatas bahwasanya tahun 2019 program full day memiliki 4 kelas. Adapun program dimaksud dan jumlah daya tampung siswa adalah sebagai berikut;

  • Full Day IPA Putra I Kelas daya tampung 38 peserta didik
  • Full Day IPA Putri I Kelas daya tampung 38 peserta didik
  • Full Day IPA Putri 2 Kelas daya tampung masing masing 38 peserta didik

Untuk siapa sih kelas full day ini?

Kelas ini diperuntukkan bagi para siswa siswi yang berprestasi (maksudnya yang memiliki nilai tinggi pada saat pendaftaran masuk) di MAN 1 Surakarta pada program reguler atau umum.

Apa tujuannya?

Secara umum, tujuan yang hendak dicapai dari adanya program ini yaitu guna mempersiapkan anak didik untuk melanjutkan pendidikan kuliah pada perguruan tinggi terkenal atau yang di Inginkan (umumnya sih PTN/Perguruan Tinggi Negeri yang relatif murah dan mutu terkenal.

Bagaimana sistem seleksinya?

Sebenarnya seleksi dilakukan pada saat PPDB Penerimaan Peserta Didik Baru dimana murid diharuskan memilih program yang ada. Dari situlah diolah sedemikian rupa sehingga nanti akan di tetapkan siapa saja murid yang berhak mengikuti program ini.

Apa saja materi ujian pada saat seleksi?

Seperti yang disampaikan diatas, bahwasanya sistem seleksi dilaksanakan pada saat ujian masuk pendaftaran, dimana materi ujian seleksi yaitu;

Ujian tertulis:

Kelas fullday IPA ; Matematika & IPA
Kelas Fullday IPS ; Matematika & IPS
Ujian Lisan IPA IPS ; Baca Tulis Al Qur’an dan Kepribadian

Bagaimana biayanya?

BIAYA-MAN-1-SURAKARTA-KELAS-REGULER
BIAYA-MAN-1-SURAKARTA-KELAS-REGULER

Seperti biasa, biaya tidak tertera dalam brosur, disitu disebutkan bahwasanya ada biaya diluar uang masuk dan SPP yang dikenakan kepada siswa yang mengikuti program ini.

Sedangkan besaran biaya tambahan pendidikan ini dalam brosur ditulis sebagai berikut;

Ada tambahan biaya operasional tutorial sore yang besarnya ditentukan oleh komite madrasah.

Lumayan tuh bagi anak anak yang biasa pulang sehabis sekolah dan biasa bantu orang tua (misalnya jaga toko, bersih bersih rumah, mengurus ternak, atau meringankan pekerjaan orang tua) sekarang bisa terbebas.

Karena pulang sore sehingga sudah pada rampung selesai pekerjaan yang biasanya harus dilakukan anak anak karena diberesi oleh orang tuanya.

anak-solihah-bantu-orang-tua
anak-solihah-bantu-orang-tua

Dan bisa jadi ajang kesempatan anak anak minta sepeda motor, bisa beralasan pulang sudah sore transportasi jauh atau angkuta tidak mencapai lokasi karena kesorean, ya begitulah usume anak sekarnag.

Demikian informasi tentang program kelas fullday pada Madrasah Aliyah Negeri Surakarta, semoga menambah wawasan dan pertimbangan dalam pemilihan sekolah bagi anak didik lulusan SMP MTs.

loading...

Silakan berkomentar