Profil Program Boarding School MAN 1 Surakarta

Posted on
boarding-school-man-1-surakarta
boarding-school-man-1-surakarta

pontren.com – informasi tentang Profil Sekolah atau Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta Program Boarding School berdasarkan brosur Penerimaan Peserta Didik Baru tahun ajaran 2019/2020.

MAN 1 Surakarta beralamat di Jalan Sumpah Pemuda nomor 25 Kadipiro Banjarsari Surakarta atau yang terkenal dengan Kota Solo. Terletak dekat dengan makam yang sangat luas bernama Bonoloyo sehingga sering disebut juga dengan MAN Bonoloyo atau lidah Jawa mengucapkan dengan mBonoloyo dalam bahasa lisan.

Baca ;

Kembali ke brosur selebaran yang saya dapatkan tadi siang (Sabtu, 23 Februari 2109 – red), program boarding school ini diharapkan untuk menyiapkan peserta didik yang berakhlak karimah, khusyu dalam ibadah dan memiliki keahlian sains, bahasa inggris serta ICT.

Dengan begitu lulusan MAN Boarding bisa mengembangkan diri sebagai ulama dan intelektual Muslim yang menguasai bidang sains, bahasa Inggris serta ICT.

Peserta didik diharapkan harus melanjutkan pendidikan pada perguruan tinggi negeri terkemuka seperti; UNS, UNNES, UNDIP, UGM, UNY, UIN, UNSOED, IPB, ITS, UI, UNIBRAW, STIS, STAN, UNPAD ataupun PTN yang lain.

10 alasan masuk program boarding school

Ada 10 alasan yang diklaim oleh pembuat brosur kenapa seorang lulusan MTs atau SMP untuk masuk ke madrasah program ini. Kesepuluh alasan tersebut yaitu;

  1. Adalah madrasah jurusan IPA yang siswanya wajib tinggal di asrama
  2. Adalah Madrasah Jurusan IPA yang berbasis laboratorium
  3. Kelas putra dan putri yang terpisah (asramanya insyaallah juga pisah)
  4. Tutorial sore guna memperkuat materi sains berbasis cambridge (dalam brosur tertulis cambridg)
  5. Pembiasaan berbahasa Inggris di Asrama
  6. Materi keasramaan berupa tahfidz, tahsin, Muhadloroh, Vocab, Conversation, Kajian Keislaman, Mufrodat, Muhadatsah.
  7. Program Pendampingan Belajar malam kelompok sains
  8. Program Pendampingan pemilihan jurusan masuk PTN
  9. Program Pendampingan mengikuti seleksi SNMPTN, SPANPTKIN
  10. Program materi tambahan materi SBMPTN dan try out SBMPTN

Itulah 10 alasan dalam brosur untuk mendaftar pada program boarding school, untuk bukti empirisnya silakan melakukan survey di lokasi.

Kegiatan Penunjang Akademik

brosur-MAN-1-Surakarta-Boarding-School
brosur-MAN-1-Surakarta-Boarding-School

Ada 9 kegiatan akademik yang terpajang dalam brosur ini. Adapun kesembilan kegiatan akademik tersebut adalah;

  1. Kunjungan Studi ke PTN Paforit (tulisan di brosur begitu)
  2. Native speaker
  3. Praktikum MIPA di UNS dan UGM
  4. Talkshow orientasi masuk PTN
  5. Gebyar seni dan Ilmiah (cresenta)
  6. Pembinaan mengikuti olimpiade sain (sesuai tulisan di brosur)
  7. Muhadhoroh Qubro (tulisannya bukan Kubro)
  8. Outing class dan out bond
  9. Boarding school bersama masyarakat (BBM)

Pembinaan ekstra

Ada juga kegiatan yang bersifat ekstra yaitu; sains, Tilawatil Qur’an, Futsal, Musik religi, Bahasa Jerman, Perancis, Kaligrafi

Kompetensi Lulusan MAN BS MAN 1 Surakarta

ilustrasi-siswa-boarding-school
ilustrasi-siswa-boarding-school

Ini klaim mantab dari brosur, disebutkan bahwa setiap tahun Kelas Unggulan Boarding School selalu mengantarkan anak didiknya lulus 100% dan 85% alumninya diterima di berbagai PTN Favorit semisal UGM Yogyakarta, IPB Bogor, Unibraw Malang dan lain lain.

Pada brosur tidak terdapat perincian detail jumlah siswa dan diterima di PTN mana saja alumninya, misalnya UGM 5 orang atau IPB 9 orang. Hanya menyebutkan 85 persen diterima pada PTN favorit.

Selain itu pastinya tidak cukup kertas brosur apabila disebutkan diterima dimana saja alumninya, misalnya; jurusan sastra jawa, seni tari, teknik pengairan, jurusan pengelasan, ataupun fakultas jurusan yang lain.

Tenaga Pengajar

Para anak didik diampu oleh guru guru yang sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing dan berpendidikan s1 maupun s2. Kalau menurut saya, sepertinya MAN reguler pun juga diampu oleh guru s1 s2 dengan disiplin sesuai mata pelajaran yang mereka pegang.

Pembelajaran Sore diampu oleh tentor tentor dari lembaga bimbingan belajar terkemuka dari IEC (kalau ini mantab dah).

Pembelajaran materi di asrama yang berupa tahfidz, tahsin, muhadloroh, conversation, vocab dibimbing oleh pembina asrama dan OPBS. (diatas sudah ada ya).

Itulah sekelumit informasi tentang profil dari Program Boarding School MAN 1 Surakarta dari Brosur PPDB tahun ajaran 2019/2020.

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Silakan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.