ilustrasi santri TPQ mengaji

ilustrasi santri TPQ mengaji

Pontren.com – informasi mengenai umur atau usia anak didik pada Lembaga Pendidikan AlQur’an (TKQ/TPQ/TQA) berdasarkan buku pedoman dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Sebelum membahas tentang umur santri, ada baiknya untuk diketahui apa itu TKQ, apa itu TPQ dan apa yang dimaksud dengan TQA. Secara kepanjangan, TKQ adalah Taman Kanak-kanak Alquran, untuk TPQ saya rasa sudah pada mafhum apa kepanjangannya, sedangkan TQA adalah Ta’limul Qur’an Lil Aulad.

Ketiga lembaga tersebut merupakan bagian dari Lembaga Pendidikan AlQur’an (LPQ). Yang membedakan yaitu jenjang atau tingkatan. Dalam hal ini, LPQ termasuk dalam pendidikan diniyah nonformal berdasarkan nomenklatur lembaga keagamaan pada Kemenag.

Pada masing masing Jenjang Tersebut (TKQ TPQ TQA) memiliki level pendidikan. Untuk TKQ memiliki 2 level yaitu A dan B, TPQ mempunyai 3 level (A, B, dan C) sedangkan TQA ada 2 Level (A & B)

Salah satu faktor pembagian dari TKQ TPQ maupun TQA adalah umur anak didik yang belajar pada lembaga dimaksud. Dengan pemetaan umur ini diharapkan mempermudah dalam kegiatan belajar. Berikut adalah ukuran usia anak santri sesuai dengan jenis lembaga pendidikan.

Usia anak TKQ

Bagi peserta didik Taman Kanak Kanak Al Qur’an ini berusia antara umur 5-7 tahun. Dengan asumsi untuk TKQ level A berumur 5-6 tahun dan Level B untuk anak usia 6-7 tahun

Usia anak TPQ

Taman Pendidikan Al Qur’an Sebagai jenjang kelanjutan, dengan 3 level tingkatan yang didesain, maka umur santri TPQ berada pada kisaran 6-10 tahun. Dengan asumsi sebagai berikut;

  • Level A : 7-8 Tahun
  • Level B : 8-9 Tahun
  • Level C : 9-10 Tahun

Usia Anak TQA

nomor statistik TPQ

ilustrasi santri Ta’limul Qur’an Lil Aulad

Pada Jenjang Tertinggi pada Lembaga Pendidikan Al Qur’an yaitu Ta’limul Qur’an Lil Aulad, memiliki 2 jenjang, secara idealis umur anak didik yaitu

Level A : 10-11 Tahun
Level B : 11-12 Tahun

Kesimpulan tentang Usia anak TKQ TPQ TQA

Sebenarnya usia anak ini bisa di konversi dengan jenjang pendidikan santri pada pendidikan formal. Adapun konversi yang bisa dilakukan yaitu;

TKQ Level A = TK A
TKQ Level B = TK B

TPQ Level A = 1 MI/Sederajat
TPQ Level B = 2 MI/Sederajat
TPQ Level C = 3 MI/Sederajat

TQA level A = 4 MI/Sederajat
TQA Level B = 5 MI/Sederajat

Penutup

Itulah standar pembagian umur santri secara ideal dalam pelaksanaan KBM TPQ ataupun pembagian kelas berdasarkan jenjang level pendidikan anak. Akan tetapi adakalanya acuan ideal dengan kenyataan di lapangan adalah sesuatu yang berbeda.

Utamanya di daerah gersang agama akan menyulitkan pengasuh TPQ jika menggunakan standar umur dalam pembagian kelas dimana masih ditemukan anak kelas 4 5 6 sekolah dasar yang belum bisa iqra 1 atau buku ummi.

Untuk itu silakan para guru mendesain formula terbaik guna kesuksesan dalam mendidik santri. Salah satu caranya yaitu dengan banyak belajar dan membaca serta bergerak dan mempraktekkan ilmu yang telah diperolah.

Salam mengajar TPQ. yuuuuhu.

loading...