Manfaat dan Fungsi Standarisasi Lulusan Pesantren Salafiyah

Posted on
fungsi-dan-manfaat-standar-kompetensi-lulusan-pesantren-salafiyah
fungsi-dan-manfaat-standar-kompetensi-lulusan-pesantren-salafiyah

pontren.com – Manfaat dan Fungsi Standarisasi Lulusan Pesantren Salafiyah.
Pada penutup KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR 4832 TAHUN 2018 TENTANG STANDAR KOMPETENSI LULUSAN PESANTREN SALAFIYAH, ada 5 hal yang tertulis berkenaan dengan Standar Kompetensi Lulusan Pondok Pesantren Salafiyah.

Dalam 5 hal yang termaktub didalamnya, terdapat rangkuman secara umum dalam hal fungsi dari adanya standar ini serta manfaat yang bisa diambil oleh Pondok Pesantren Salafiyah serta santri sebagai anak didik yang lulus dari Lembaga Pondok pesantren yang tidak memiliki pendidikan formal atau nonformal baik pada Kemenag maupun Kemendiknas.

Baca :

2 Macam Kompetensi Lulusan Pondok Pesantren Salafiyah
Kompetensi Inti yang harus dipenuhi lulusan Pesantren Salafiyah
Kompetensi Dasar Lulusan Pondok Pesantren Salafiyah

Kelima hal tersebut yaitu tentang;

  1. Kegunaan Penyusunan standar Kompetensi
  2. Pengembangan Pembelajaran merujuk kepada kitab Kuning
  3. Lulusan Pesantren salafiyah dihargai sederajat dengan pendidikan formal
  4. Standar Kompetensi ini sebagai acuan Ujian yang diakui kesetaraannya
  5. Ketentuan Lebih lanjut akan dijabarkan secara khusus

Berikut secara lengkap penutup dalam lampiran SK Dirjen Pendis no 4832 th 2018 yang di tandatangani oleh Direktur Jenderal Pendis Kemenag RI Jakarta, Kamaruddin Amin.

Standar Kompetensi Lulusan pesantren salafiyah di susun sebagai acuan bagi penilaian atas perkembangan, kemajuan, dan hasil belajar santri pesantren salafiyah.

Pesantren salafiyah mengembangkan pembelajaran dalam rangka pencapaian kompetensi inti dan kompetensi dasar menggunakan sumber rujukan kitab kuning.

Hasil pendidikan pesantren sebagai satuan pendidikan dapat dihargai sederajat dengan pendidikan formal setelah lulus ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yang terakreditasi dan ditunjuk oleh direktur jenderal, dengan ketentuan yang ditetapkan oleh direktur jenderal.

Standar Kompetensi Lulusan sebagaimana dalam naskah ini dapat dijadikan acuan bagi pelaksanaan ujian untuk menentukan kesederajatan hasil pendidikan pesantren sebagai satuan pendidikan dengan pendidikan formal keagamaan Islam.

Ketentuan lebih lanjut mengenai hal-hal yang perlu dijabarkan lebih dalam, secara khusus disusun berdasarkan ketentuan dalam naskah ini.

manfaat-standarisasi-lulusan-pesantren-salafiyahDemikian akhir dari sk yang ditandatangani di Jakarta pada tanggal 03 September 2018.

Bagi anda yang sedang membuat karya ilmiah baik paper tugas makalah skripsi tesis maupun disertasi, ada baiknya untuk mengambil sumbernya secara langsung dari SK dirjen diatas, karena secara teknis, pokok tulisan ini persis sama seperti dalam Surat Keputusan dimaksud, hanya dilakukan adaptasi dalam pemenggalan dan tambahan keterangan diatasnya guna mempermudah diadaptasi dalam blog internet.
Salam ayo mondok.

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Silakan berkomentar