pontren.com – berbagi pengalaman mengenai plang ataupun plakat yang juga disebut dengan Papan Nama Lembaga Taman Pendidikan Alquran berdasarkan penuturan Kyai Pengelola Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah Takmiliyah dan TPA.

papan-nama-tpa

Fungsi Papan Nama

Bagi lembaga sosial yang berberak dibidang pendidikan dalam hal ini keagamaan utamanya TPQ, papan nama merupakan media statis sebagai identitas lembaga dan perkenalan eksistensinya.

Fungsi lain dari plang atau plakat yaitu untuk informasi dasar kepada masyarakat umum mengenai keberadaan Lembaga TPQ, siapa yang mengelola, dimana dan bagaimana melakukan kontak komunikasi dengan pengelola lembaga.

Bukan hanya berungsi sebagai informasi dasar, tapi juga bisa berguna untuk sarana promosi memperkenalkan macam ragam lembaga yang dikelola supaya masyarakat tertarik menyekolahkan pendidikan anak di TPA dimaksud.

Ukuran Papan nama TPQ

Dari kementerian agama tidak dicantumkan secara eksplisit mengenai ukuran papan nama lembaga. Dengan begitu pengelola TPQ bebas membuat dengan ukuran yang dimau menyesuaikan dengan keadaan keuangan maupun asas kepantasan dalam membuat papan nama.

Papan nama umumnya terbuat dari bahan bahan yang memiliki keawetan lebih baik. Hal ini diperlukan karena plang atau plakat umumnya ditempatkan di luar ruangan dan berada disitu 24 jam penuh.

Dengan terpapar hujan panas langsung jika suatu papan nama menggunakan bahan dasar yang tidak baik maka hanya bertahan beberapa saat.

  • Beberapa bahan yang sering dijadikan sebagai papan nama yaitu :
  • Kayu Tripleks blabag/papan kayu maupun sejenisnya
  • Besi, seng, aluminium maupun material sejenis
  • Banner MMT
  • Kombinasi dari bahan diatas.

Hal yang perlu di cantumkan dalam papan nama

ilustrasi santri TPQ belajar

ilustrasi santri TPQ belajar

Berdasarkan penuturan kyai diatas, bahwasanya papan nama mempunyai salah satu fungsi sebagai informasi dasar suatu lembaga. Dengan demikian maka pembuatan papan nama perlu mencantumkan hal hal yang dimiliki lembaga, adapun prioritas yang dicantumkan adalah :

  • Nama Yayasan beserta nomor notaris
  • Logo Lembaga
  • Nama Lembaga
  • Alamat Lembaga
  • Nomor telfon Lembaga
  • Nomor Izin operasional/nomor statistik lembaga

Bagaimana jika tidak mempunyai yayasan? Kalau tidak ada ya tidak dicantumkan.

Bukan hanya sebagai sarana informasi awal, akan tetapi jika pembuatan papan nama ini mencantumkan hal diatas, apabila nanti mengajukan akreditasi akan menambah skor penilaian karena kelengkapan dan akurasi data yang baik.

Contoh papan nama TPQ.

Berikut kami kirimkan gambar contoh papan nama lembaga Taman Pendidikan Alquran dengan kriteria bahwa lembaga tersebut dibawah suatu yayasan dan sudah mempunyai izin operasional TPQ.

contoh-plang-plakat-papan-nama-TPQ

contoh-plang-plakat-papan-nama-TPQ

demikian tulisan perihal papan nama, semoga menambah khazanah keilmuan dan saling berbagi informasi terkait pendidikan pada TPA. jika ada informasi lebih lanjut mengenai papan nama TPQ akan dilakukan penambahan keterangan. salam TPQ.

loading...