Pendaftaran Peserta Ujian Rekognisi Pesantren

Posted on

pendaftaran peserta rekognisipontren.com – informasi tentang alur pendaftaran santri peserta ujian rekognisi pesantren untuk pendapatkan sertifikat kesetaraan sebagai pengakuan negara terhadap lulusan ponpes Salafiyah.

Ketentuan Umum

Santri yang dapat mendaftar untuk mengikuti ujian adalah santri memenuhi ketentuan peserta ujian dalam petunjuk teknis.
Yang menjadi Penanggungjawab pendaftaran peserta ujian adalah Kankemenag Kabupaten atau Kota.

Baca :

Mekanisme Pendaftaran

Calon peserta ujian mendaftar di Kankemenang Kab./Kota dengan mekanisme sebagai berikut:

calon peserta ujian rekognisiCalon peserta datang langsung ke Kankemenag Kab./Kota (biasanya yang mengurusi adalah Seksi Pendidikan Agama & Keagamaan Islam atau PD Pontren) dengan membawa salinan dan dokumen asli tanda pengenal yang sah, serta salinan bukti hasil belajar atau kelulusan dari pesantren dalam bentuk ijazah, kasyf al- darajah, dan/atau bukti lain yang sejenis.

loading...

Calon peserta mendaftar dengan mengisi formulir yang disediakan dan menyerahkan salinan tanda pengenal yang sah, serta salinan bukti hasil belajar atau kelulusan dari pesantren dalam bentuk ijazah, kasyf al-darajah, dan/atau bukti lain yang sejenis serta menunjukkan dokumen asli untuk dilakukan verifikasi dan validasi oleh Kankemenag Kab./Kota.

Verifikasi dan Validasi Dokumen Peserta

verifikasi dan validasi calon peserta ujian rekognisiVerifikasi dan validasi dilakukan oleh Kankemenag Kab./Kota melalui penelaahan dokumen untuk menilai kesesuaian antara salinan yang diserahkan dengan dokumen asli, serta melalui wawancara untuk menilai kesesuaian antara data dalam formulir dengan kondisi faktual.

Calon peserta ujian yang dinyatakan lolos verifikasi dan validasi, diberikan nomor registrasi sebagai bukti daftar dengan ketentuan yang ditetapkan oleh direktur.

Pendaftaran secara online

pendaftaran online peserta rekognisi pesantrenPeserta dapat melakukan pendaftaran secara online, sepanjang sarana prasarana pendukung yang dibutuhkan tersedia di Kankemenag Kab./Kota dengan ketentuan yang ditetapkan oleh direktur.

Penyusunan Daftar Calon Peserta Ujian

Kankemenag Kab./Kota menyusun daftar calon peserta berdasarkan data dalam formulir pendaftaran sekurangnya memuat data nomor registrasi, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, asal pesantren, kategori santri, serta jenjang yang diluluskan di pesantren.

Kankemenag Kab./Kota wajib mendokumentasikan dan menyimpan dengan baik seluruh dokumen pendaftaran peserta.

Urutan Penyusunan Nominasi Peserta Ujian Rekognisi

penyusunan nominasi peserta ujian rekognisi

  • Kankemenag Kab./Kota menyusun nominasi peserta ujian berupa daftar calon peserta
  • Nominasi peserta ujian disampaikan kepada Kanwil Kemenag
  • Kanwil Kemenag menyatukan nominasi peserta ujian seluruh Kankemenag Kab./Kota diwilayahnya menjadi nominasi peserta ujian provinsi.
  • Nominasi peserta ujian provinsi disampaikan ke direktorat untuk kemudian disatukan menjadi nominasi peserta ujian secara nasional.

Penetapan Satuan Pendidikan Penyelenggara Ujian dan Daftar Peserta Ujian

penetapan satker penyelenggara ujian rekognisi kesetaraanDirektur menentukan satuan pendidikan penyelenggara ujian berdasarkan nominasi satuan pendidikan penyelenggara ujian secara nasional, dengan mempertimbangkan sebaran calon peserta ujian dalam nominasi peserta ujian secara nasional.

Direktur menentukan daftar peserta ujian yang disusun berdasarkan nominasi peserta ujian secara nasional, meliputi nomor peserta ujian, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, asal pesantren, informasi mengenai materi ujian berdasarkan kategori santri dan jenjang yang diluluskan di pesantren, serta lokasi satuan pendidikan penyelenggara ujian yang ditetapkan berdasarkan lokasi provinsi dan kabupaten/kota tempat mendaftar.

Satuan Pendidikan Penyelenggara Tidak Tersedia

Apabila satuan pendidikan penyelenggara tidak tersedia di lokasi peserta mendaftar, satuan pendidikan penyelenggara ditetapkan berdasarkan kabupaten/kota dan provinsi terdekat dengan lokasi peserta mendaftar.

Satuan pendidikan penyelenggara ujian dan peserta ujian disampaikan kepada direktur jenderal untuk ditetapkan sebagai daftar satuan pendidikan penyelenggara ujian dan daftar peserta ujian.

Daftar satuan pendidikan penyelenggara ujian dan daftar peserta ujian diumumkan kepada masyarakat melalui saluran informasi resmi kementerian.

Demikian informasi cara pendaftaran calon peserta ujian Rekognisi berdasarakan SK Dirjen Pendis NOMOR 4831 TAHUN 2018

loading...

Silakan berkomentar