Pengertian Pendidikan Diniyah Formal PDF

Posted on

Pengertian Pendidikan Diniyah Formalpontren.com – mengulas tentang pengertian pendidikan formal berdasarkan PMA Kementerian Agama dan dari sisi pendidikan formal Kemendikbud disertai percobaan definisi secara pribadi dari program dimaksud.

Baca
Pengenal PDF Pendidikan Diniyah Formal Pesantren
Mengenal Pendidikan Diniyah nonformal pada Kementerian Agama
Penyelenggaraan Ma’had Aly

Pengertian Pendidikan Formal

Sebelum memasuki area tentang pengertian Pendidikan Diniyah Formal, ada baiknya untuk mengetahui tentang paparan penjelasan pendidikan formal. Berikut adalah pendefinisian hal dimaksud dari beberapa sumber.

Dalam Undang undang nomor 20 tahun 2003 tentang sisdiknas, ditetapkan dalam BAB I KETENTUAN UMUM pasal 1 nomor 11 bahwa yang dimaksud dengan pendidikan formal adalah jalur pendidikan yangterstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, bahwasanya arti dari Pendidikan formal adalah segenap bentuk pendidikan atau pelatihan yang diberikan secara terorganisasi dan berjenjang, baik yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus. Sumber : https://kbbi.kata.web.id/pendidikan-formal/

Definisi pendidikan formal yaitu jalur pendidikan yang ditempuh secara resmi pada satuan lembaga atau organisasi yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri dari pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Pendidikan formal diselenggarakan oleh pemerintah (berstatus negeri) dan yayasan atau organisasi yang telah memenuhi syarat (berstatus swasta).
Sumber : kanalinfo.web.id/2016/04/pengertian-pendidikan-formal-nonformal.html

Contoh MI, SD, MTs, SMP, MA, SMA, Universitas, Sekolah Tinggi, dll

Pengertian Pendidikan Diniyah Formal ( PDF )

Karena PDF (Pendidikan Diniyah Formal) berada dibawah naungan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI maka secara teknis yang memiliki otoritas memberikan definisi tentang satuan pendidikan ini adalah mereka.Pengertian PDF

Dengan begitu maka sebagai acuan dalam pendefisiannya adalah PMA nomor 13 tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam yang terdapat pada BAB I Ketentuan Umum Pasal 1 ayat (7) bahwa yang dimaksud dengan Pendidikan Diniyah Formal adalah lembaga pendidikan keagamaan Islam yang diselenggarakan oleh dan berada di dalam pesantren secara terstruktur dan berjenjang pada jalur pendidikan formal.

Contoh Pendidikan Diniyah Formal

Karena lembaga ini masih muda dan baru, masih banyak sangat kaum awam yang belum mengetahui perihal pendidikan ini. Umumnya masyarakat mengenal pendidikan formal ya MI MTs MA atau SD SLTP SLTA.
Sedangkan pada lembaga formal dibawah naungan pondok pesantren seperti di definisikan oleh Kemenag maka nama yang diberikan adalah :

  1. pendidikan diniyah formal ula (setingkat MI)
  2. pendidikan diniyah formal wustha (setingkat MTs)
  3. pendidikan diniyah formal ulya (setingkat MA)
  4. Ma’had Aly (setingkat Perguruan Tinggi)

Demikian tentang pengertian PDF atau Definisi dari Pendidikan Diniyah Formal. Semoga menambah kedalaman pengetahuan tentang pendidikan di pondok pesantren utamanya PDF.Pengertian PDF Pendidikan Diniyah Formal

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Silakan berkomentar