Ambil Uang pakai Buku Rekening BRI di Luar Kota Daerah

pontren.com – informasi mengenai cara melakukan penarikan saldo dengan buku rekening pada Bank Rakyat Indonesia di luar daerah atau kota tempat membuka rekening tahun 2021.

Informasi ini di dapatkan dari seorang teman yang bekerja di Bank BRI pada salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah.

baca : cara mengisi slip penarikan Uang pada Bank BRI

Karena pernah mendapatkan pertanyaan dari seseorang yang ATM nya dibawa oleh istri, dimana berada diluar kota dan perlu mengambil uang.

Adapun pertanyaan pada kolom komentar adalah sebagaimana berikut

“Apakah ambil duit makai buku aja bisa..krn atm dibawa istri diluar kota..makasih”.

ambil-uang-dengan-buku-tabunganTidak mau gegabah menjawab pertanyaan tersebut, kami berkomunikasi dengan teman yang berprofesi sebagai Bankir BRI. Sepertinya sih bukan hanya seorang teller atau call center. Mungkin seorang mantri atau apalah karena suatu saat saya pernah di telfon anak buahnya dengan keterangan disuruh menelfon oleh pak fulan guna menjelaskan ini. (ceilee pejabat BRI ternyata 😀 ).

Bisakah mengambil uang dengan Buku Rekening diluar Kota bukan tempat pembukaan Rek?

Sebenarnya penanya hanya mencari info ambil uang tanpa ATM pada BRI, bukan spesifik luar kota, (kalau anda baca pertanyaannya tentunya anda akan paham bahwa yang berada diluar kota adalah ATM dia bersama istrinya, hihihiii what a tragic situation).

baca : mengurus ATM BRI Hilang bisa di kantor unit Cabang dimanapun

Akan tetapi sekalian mencari informasi, saya tanyakan juga berkaitan pengambilan dana diluar kota dengan buku rekening, apakah bisa dilakukan?

Berikut Jawabannya seperti tampak pada gambar.

ambil-uang-lewat-rekening-diluar-kotaDari tampilan screen shoot diatas bahwasanya secara umum untuk ambil duit pada Bank BRI dimana saja bisa dilakukan walaupun ATM terbawa pacar atau gebetan, bisa jadi sedang rusak sehingga tidak berfungsi pada masa tersebut.

baca : Biaya Ganti Kartu ATM BRi Karena Hilang atau Rusak

Adapun syaratnya adalah, (tentunya selain adanya nominal dalam saldo ya)

  1. Buku Rekening Asli
  2. Membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang Asli

Walaupun begitu, dalam aturan atau ketentuan mutakhir BRI, jika pengambilan dana lewat kantor cabang ada biaya yang dikenakan jika dibawah nominal tertentu. Adapun lebih terperinci sebagaimana dibawah ini

  • Penarikan tunai ≤ Rp 2.500.000 Biaya Rp10.000/transaksi
  • Penarikan tunai > Rp 2.500.000 < 5juta Biaya Rp7500/transaksi

Kesimpulan mengambil uang lewat buku rekening di kantor cabang unit luar kota

Demikian informasi mengenai pengambilan duit menggunakan buku rekening dikala kartu ATM mengalami masalah, lupa menaruh, dibawa istri, berada pada dompet mertua, maupun problem masalah yang lain sehingga terpaksa pengambilan dilakukan pada kantor unit atau cabang BRImengurus ATM BRI hilang bisa dimana saja

80 pemikiran pada “Ambil Uang pakai Buku Rekening BRI di Luar Kota Daerah

        1. Pak ATM saya kan valid ,, sedangkan kalo mau ganti kartu harus d BRI KCP ,, terus yg deket BRI unit ,,d BRI unit saya bisa transfer pake buku tabungan apa nggak ya

  1. Saya mau tanya pak,kalo saya mau tarik tunai melalui teler bank bri bisa gak soal nya atm saya lupa naro sedangkan saya butuh duit mndadak ?

    1. bisa pak, silakan ke bank membawa nomor rekening asli dan KTP asli. kalau tarik rekening itu seingat saya entar jika dibawah 10 atau 5 juta kena biaya 5 ribu atau berapa gitu.

      1. Pak apakah klo bikin /punya ATM itu ada biaya adminitrasi tiap bulannya? klo ada brp nominalnya?

    1. Kalau sekarang ktp nya khan sudah menggunakan nik nasional, seharusnya bisa. Tapi kadang petugasnya berbeda pendapat. Coba dulu aja mbak diana datang ke BRI, siapa tahu bisa di layani.

    1. Kalo keduanya hilang, gimana mau narik? Kecuali punya mobile banking atau e-banking, trasfer ke rekening yang lain dan diambilkan, kalau pengen ngambil mestinya Diurus bukunya dulu dengan minta surat kehilangan dari polisi.

      1. Pak apakah klo bikin /punya ATM itu ada biaya adminitrasi tiap bulannya? klo ada brp nominalnya?

        1. berapa ya, saya agak lupa nominalnya, tapi pada kisaran 10-15 ribu rupiah untuk administrasi ATM BRI. intinya sih kalau tabungan anda dibawah 23 juta di rekening setiap bulan maka akan selalu berkurang. alasannya menurut penelitian beberapa orang bahwasanya titik impas untuk menutup biaya administrasi di bank pada kisaran angka Rp. 23.000.000,- (dua puluh tiga juta rupiah).

  2. mau tnya pak klo narik tabungan d luar kota ktp luar kota bs gk d Cabang ato unit bri yg bukan t4 buka rekening

  3. Mau tanya ka. Kalo penarikan di luar daerah/kota menggunakan buku tabungan. Harus d kantor cabang nya apa bisa di kantor unit nya.

    1. bisa saja di unit. silakan mencoba. atau paling praktis tanyakan satpam di depan sebelum memasuki ke kantor cabang atau unit dan bertanya apakah kantor unit melayani pengambilan tabungan luar kota, tentunya buku tabungan dan ktp asli disertakan.

  4. Pak, dulu waktu saya buka rekening nik KTP saya beda,nkrna kemarin kami daoble nik, jadi nik ktp baru saya berbeda dgn nik pertama kali saya buka rekenig di nias, skrg saya tinggal dibatam gimana solusinya y pak

  5. Klo istrinya di luar negeri trus mau ambil uang tabungan di wakilkan apakah bisa pak sedangkan harus ada tandatangan di surat pernyataan

  6. Klo sodara di luar negeri terus pengambilan uangnya di wakilkan sodara apa bisa ya pak

  7. Adik sya d luar negri trus bku tabungan sma atm dipegang ibu saya.dan atm nya kadaluarsa.
    Sdngkan bisa tidak tarik tunai nya diluar daerah?
    Pembuatan rekening di kab.majalengka
    Rumah nya di banten
    Terlalu jauh

    1. waduh, agak rumit bu, coba telfon cs nya langsung saja, atau datang ke BRI, saya menulisnya berdasarkan keterangan pegawai BRI, untuk yang begituan terus terang saya tidak bisa menjawab. mohon dimaafkan.

  8. Pak, mw nanya, apakah bsh Tarik Uang lewat kantor BRI pake Buku tabunagn, soalnya Atm sy kmrin tiba2 tidak terbaca mesin Atm, masalahx Rekening sy Di buat di sulawesi, tp skrang sy di medan, apakah bisah pak?

  9. Pk, apakah boleh Menarik pake buku tabungan BRI dr Sulawesi tariknya di BRI Medan, soalnya atm sy tidak terbaca, entah suamiku slh pin atw gimna, Atm sy gk bsh lg?

  10. Saya di daerah pekan baru KTP saya Sumatra Utara gimana yaa apa bs tarik uang melalui teller ?? Sementara ATM saya tertelan di mesin ATM BRI pekan baru.. jika KTP saya hanya fto copy apa bs identitas di ganti dengan paspor ???

    1. selama ada ktp asli dan buku tabungan asli anda bisa menarik tabungan. untuk urusan perbankan yang menjadi patokan adalah KTP, bukan paspor, karena saya pernah mencoba menawarkan SIM ternyata tidak laku. ada baiknya anda coba terlebih dahulu.

  11. Pak atm sy hilang terus sy lakukan pemblokiran nah yg mau sy tanyakan bisa gak ganti atm bukan di tempat awal pembuatan rekening di luar kota

  12. Hallo kak, atm saya error ini tidak bisa tarik tunai sudah setengah bulan. Atm saya Bank jateng. Untuk tarik menggunakan buku tabungan di unit bri atau lainya di luar jateng bisa tidak ya ? Saya di bekasi, jabar skrg. Mohon infonya.

    1. wah kalau atm bank jateng mestinya ya yang menggantikan bank jateng juga. untuk tarik tunai bri lainnya diluar jateng bisa dengan membawa buku rekening asli tabungan BRI dan ktp anda. selamat menarik tabungan diluar wilayah.

  13. MLM pak saya mau tanya apakah bisa ngambil uang di cabang bank BRI d Riau kerja tapi saya tidak memiliki kartu ATM karna saya belum bikin cuman ada buku rekening nya. Bisa ga pak

  14. Saat membuat buku tabungan dengan cap jempol bukan tanda tangan, apa bisa mengambil di kantor bank bri selain di kantor bri yg menerbitkan buku tabungan dulu

    1. walah, langsung saja ke bank nya ya, bisa jadi beda yang menghadapi beda perlakuan. semoga saja bisa karena cap jempol gantinya tanda tangan. yang penting ke Bank bawa buku tabungan asli dan KTP aslinya.

  15. Pak mau tanya klau ATM ketelen terus mau ngambil uang nya menggunakan buku tabungan bisa apa engga ya?,

    1. bisa, bawa saja buku rekening atau buku tabungan asli dan KTP asli anda. silakan datang ke BRI untuk ambil uang anda. cuman kalau ngambil dibawah 5 juta atau berapa gitu kena biaya jika ngambilnya lewat kasir. selamat mencoba.

      1. Kalo selain pake KTP asli kira2 bisa gak ya,contoh pake SIM gitu,soalnya ktp masih di bawa pihak kelurahan utk proses pindah tempat

  16. Mau tanya nihh min,kartu atm saya kan hilang nihh ada nya buku tabungan,tapi buku tabungannya bri cabang,misalkan tarik tunai di unit bri nya bisa gk pakai buku tabungan

    1. bisa … bawa buku tabungan asli dan KTP asli sampean untuk mengambil pada bri cabang atau unit yang lain, akan kena biaya jika pengambilan dibawah nominal tertentu

      1. mau tanya nih min, saya kan kerja di Kalimantan timur jadi buku rekening nya di buka di sala satu bank cabang di sana sesuai data KTP saya,jadi apakah bisa saya melakukan tarik tunai di Sulawesi Selatan karna saya asalnya dari sana

  17. Mau tanya kalau tarik tunai pakai buku di kantor unit bisa tidak ya soalnya kemaren saya nanya kalau membuat ATM nya pun harus ke kantor cabang.

  18. min ini mau nanyak tentang penarikan dana tunai melalui buku tabungan BRI. no rekening anak sekolah. jadi kasusnya anak ini buka buku rekening di sumatra profinsi jambi. jadi si anak blm punya ATM. sementara anak pindah di pulau jawa. tabungan trrsebut kok gk bisa di BRI cabang setempat jawa tengah , gimana solusinya min.

    1. waduh, kalo anak terus terang saya kurang paham, setahu saya sih bawa buku rekening asli ama ktp asli. mungkin letak masalahnya disitu. untuk lebih pasti jawabannya, coba anda kontak cs bri official via twitter, biasanya responnya cepat, tidak sampai 10 menit sudah ada jawaban. maaf saya tidak banyak membantu informasi lebih lanjut.

  19. Mau nanya,klo pake surat kuasa krn istri tdk boleh ijin kerja,apakah penarikan dana dengan buku tabungan harus ditempat pembukaan rekening atau bisa di cabang terdekat,tks

  20. Selamat siang ka.
    Saya mau tanya ka. Apakah saya bisa mengambil uang Kaka saya, Kaka saya lagi di luar negeri dan syaa di Indonesia. Saya berniat untuk ambil uang dgn persyaratan surat kuasa dari Kaka saya,KTP asli dan buku tabungan milik Kaka saya. Apakah saya bisa di lakukan di bank BRI?.
    Mohon balasannya ka?.
    Terima kasih
    Selamat siang

  21. Hai kak mohon di balas ya,,sy salah kirim uang ke rekening suami saya dengan alamat yang di kalimantan,,nah pas dijawa ternyata gak bisa di proses katanya belum ada kode barcode di bukunya,,itu cara prosesnya gimana ya supaya bisa keambil uangnya

    1. waduh, terus terang saya tidak tahu jawabannya gimana, namun alangkah bijaknya jika anda mendatangi kantor BRI konfirmasi masalah anda dan meminta solusinya, karena pengetahuan tentang BRI saya juga terbatas, saya bukan pegawai BRI, kebetulan saja pas nulis artikel ini ada rekan yang paham.

      1. Kak, Tempat saya buka rekening di Samosir sementara ATM saya udah lama hilang, bisakah mengambil uanh dari teller BRI dengan menggunakan Buku Tabungan asli dan KTP asli di Medan?

  22. Bantuan pip di rekening bri apakah bisa di cek dan di ambil di luar kabupaten dengan membawa ktp dan kip ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *