Visitasi Akreditasi Pondok Pesantren oleh BAN PAUD PNF

Posted on

Visitasi Akreditasi Pondok Pesantren Lembaga Kesetaraan BAN PAUD PNF
Mengindahkan pemberitahuan dari Dirjen Pendidikan Islam lewat PD Pontren Jakarta bahwasanya pendidikan kesetaraan pada pondok pesantren diperlukan adanya akreditasi yang dilakukan oleh BAN PAUD PNF.akreditasi PPS Wajardikdas Ula Wustha PMU Ulya

Berikut adalah reportase hasil wawancara dengan pengasuh pondok pesantren yang telah dilakukan visitasi pondok pesantren sebagai penyelenggara pendidikan kesetaraan.

loading...

Kedatangan Team Aksesor BAN PAUD PNF

Visitasi ini terjadi pada hari senin tanggal 24 september tahun 2018.
Adapun pendidikan keseteraaan yang saat itu dikelola merupakan tingkat wustha dan sedang proses pengajuan PMU Ulya. dimana lembaga ini kondang dengan nama PPS Wajardikdas Ula Pondok Pesantren Wajar Dikdas Wutha maupun Pondok Pesantren PMU Ulya.

Baca :

Petugas visitasi yang hadir sebanyak 2 orang, datang ke lokasi sekitar jam 8 pagi tanpa perlu dijemput oleh pihak pondok. Selanjutnya disambut oleh pimpinan pondok dan dilanjutkan acara seremoni berupa pembukaan dan ramah tamah sejenak.

Hal yang diperiksa saat Verifikasi

 

Selesai ramah tamah, petugas melakukan pengecekan lokasi sarpras beserta ruang pendidikan (kelas, ruang guru, perpustakaan, toilet, papan nama, keseluruhan sarana prasarana dilihat oleh aksesor. Dan pelaksanaan ini dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar.

akreditasi pondok pesantren wajar dikdas

Rampung melihat-lihat sarana prasarana, aksesor meminta berkas standar 1 sampai 8 disiapkan di depan aksesor, selanjutnya masing-masing aksesor menanyakan setiap berkas keseluruhan kepada pihak pesantren dalam hal ini guru pengampu.

Setiap standar di siapkan oleh seorang guru sekaligus menjawab pertanyaan yang diajukan. Misalnya bahan ajar, dasar pembuatan RPP, silabus, dijawab dengan permendikbud atau permendiknas nomor sekian. Jangan lupa disiapkan aturan tersebut dalam bentuk print out. Termasuk silabus rpp setiap mata pelajaran.

Vidya Ayu Syafitri Pacitan

 

Selesai penelitian berkas dan Tanya jawab wawancara, semua berkas di scan oleh pihak aksesor (scan dibawa sendiri oleh pihak aksesor). Selesai pemindaian data, keseluruhan hasilnya di upload atau di unggah ke entahlah yang tau mereka, yang jelas tim penilai berkas di BAN PAUD PNF.

Setelah semua kegiatan selesai (baik cek fisik bangunan, berkas dan Tanya jawab) terdapat acara penutupan. Dalam acara ini berisi tentang saran dari aksesor serta beberapa hal yang beberapa hal yang bisa diketahui semisal temuan major maupun minor, Alhamdulillah tempat kyai yang di wawancara semuanya nihil.
Bebeerapa saran dari aksesor misalnya adalah melengkapi papan nama dengan nomor dan nama akta notaris, termasuk juga izin operasional lembaga, termasuk pemuatan logo lembaga di papan nama.

nomor induk santri

Kegiatan visitasi selesai jam 4 sore kemudian para aksesor pulang. Demikian pengalaman pondok pesantren penyelenggara program pendidikan kesetaraan yang dilakukan cek atau visitasi. Secara umum antara teori dalam buku dengan pengecekan atau juknis relatif sama.

Saran dari Pengasuh Pesantren yang telah dilakukan visitasi

Saran pengasuh pondok tersebut kepada para kyai yang akan mengajukan akreditasi lembaga pondok pesantren untuk menyiapkan segala sesuatu yang tercantum dalam juknis karena memang benar di cek secara riil dan nyata.

Durasi Waktu Visitasi

Durasi visitasi bisa berbeda antara pondok satu dengan yang lain dengan pertimbangan kelancaran internet untuk upload beserta kelengkapan berkas yang diteliti.

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Silakan berkomentar