Game Permainan perkenalan untuk TPA TPQ

Posted on

permainan TPQ kenalanpontren.com – Game Permainan perkenalan untuk TPA TPQ
Macam Permainan anak TPA dan berbagai jenis game TPQ yang bisa di praktekkan pada Taman Pendidikan Alquran guna mempercepat saling kenal dan akrab dengan cara menyenangkan happy sebagai selingan bermain dan dimasukkan pendidikan di dalamnya.

Berikut beberapa permainan yang bisa di aplikasikan oleh guru TPQ sebagai sarana ice breaking atau santai sejenak untuk para santri TPA. Selain menghilangkan kejenuhan, juga bermanfaat untuk menambah pengetahuan anak terhadap pelajaran dengan metode fun dan happy riang gembira menyenangkan.

loading...

Diperlukan praktek dan latihan beberapa kali supaya guru bisa membawakan permainan dengan lihai menarik dan membuat anak terkesan. Jangan putus asa patah arang jika percobaan pertama kali anda anggap gagal karena antusias anak yang kurang ataupun karena pemahaman anak yang belum sempurna.

Permainan siapa dia

permainan TPQ siapa diaPermainan ini baik digunakan ketika masuk pertama. Dimana berfungsi untuk saling mengetahui nama rekan dan mempercepat keakraban diantara anak didik.
Berikut langkah yang diperlukan untuk permainan ini :

  1. Semua peserta disuruh berdiri
  2. Minta semua peserta untuk berdiri dan membentuk lingkaran
  3. ustadz meminta salah satu peserta berdiri ditengah lingkaran untuk memperkenalkan nama, asal sekolah, alamat rumah hal lain mengenai dirinya dalam bentuk sebuah kalimat Contoh: Nama saya Agpit Mujiyantari, Sekolah di SD Godhong, Hobi menabung.
  4. Selesai peserta pertama, peserta kedua mengulang kalimat peserta pertama, baru kemudian memperkenalkan dirinya sendiri, misal : Rekan saya bernama Agpit Mujiyantari, Sekolah di SD Godhong, Hobi menabung. Saya Nur Khoyin, sekolah di Pondok Pesantren Al Falah, Hobi berorganisasi
  5. Peserta ketiga harus mengulang kalimat dua orang peserta sebelumnya sebelum memperkenalkan diri, demikian seterusnya sampai semua peserta mendapat giliran memperkenalkan diri.
  6. Jika terjadi peserta lupa mengingat nama dan apa yang disampaikan oleh 2 peserta sebelumnya, maka ia harus bertanya langsung pada yang bersangkutan: ‘siapa nama Anda?’ atau ‘siapa nama Anda dan dimana bersekolah?

Permainan Kisah angka

permainan kenalan lewat angkaBerfungsi sama guna saling kenal antar santri TPQ dan melatih konsentrasi dan perhatian anak didik.
Langkah yang dilakukan oleh guru TPQ yaitu :

  • Meminta seluruh peserta berhitung dari angka satu sampai selesai berurutan
  • Meminta masing-masing peserta mengingat nomor urutannya sendiri dan dipesan jangan sampai lupa, jika diperlukan, lakukan sedikit tes dengan menyebut angka kemudian sang anak yang memilikinya untuk berteriak atau menyahut dengan ya, atau saya. Pastikan sekali lagi anak paham dengan nomor urutannya.
  • Setelah yakin para santri mengingat nomor urut mereka, Berilah kejelasan bahwa Anda akan menyampaikan suatu berita atau suatu cerita tertentu di mana cerita itu akan disebut sejumlah angka – angka
  • Peserta yang disebut angka atau nomor urutnya diminta segera berdiri dan langsung meneriakkan namanya dengan jelas supaya peserta yang lain mendengar.
  • Jika terlambat 3 detik, peserta dikenakan hukuman sanksi maju kedepan dan memperkenalkan diri nama lengkap serta asal sekolah dan hobi
  • Tanyakan kepada peserta apakah mereka paham peraturan tersebut?, jika perlu ulangi sekali lagi dan berikan contoh.
  • Mulai bercerita, misalnya : para santri, latihan ini sebenarnya sudah direncanakan sejak enam minggu sebelumnya, tapi karena beberapa hal, barulah empat hari yang lalu ada kejelasan dan kemudian dipersiapkan oleh sepuluh orang ustadzah ……….. dst. Atau cerita lain yang Anda karang sendiri pada saat itu ( Catatan, dalam cerita itu ada disebutkan angka – angka nomor urut santri anda setiap satu kalimat atau setiap selang satu menit ).

Lakukan sampai dengan mencapai separuh peserta tersebut nomornya atau seluruhnya (bergantung kepada seberapa cepatAnda dan anak anak santri TPQ serta memperhatikan ketersediaan waktu)

Selesai latihan, berilah penjelasan kegunaan permainan untuk mempercepat perkenalan dan keakraban antara para santri dengan cara yang lebih cantik dan menarik.

Demikian semoga ada manfaat yang bisa diambil.

Sumber https://spaitrucuk.wordpress.com/2011/06/14/game-untuk-perkenalan-santri-tpa/

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : [email protected] twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Silakan berkomentar