Pengajuan NISN Santri Pondok Pesantren PPS Wajardikdas

Posted on

pengajuan nisnPengajuan Penerbitan NISN Santri Pondok Pesantren PPS Wajardikdas.
pontren.com – Tata cara pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional pada Pondok Pesantren Salafiyah Penyelenggara Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar baik ula maupun wustha pada Kementerian Agama Republik Indonesia.

Fungsi NISN

Bagi pelajar, NISN merupakan rangkaian kode nomor unik yang memiliki fungsi sama seperti nomor KTP milik orang dewasa.

loading...

Fungsi lain dari NISN adalah nomor tetap yang dapat digunakan selamanya bagi seorang murid atau siswa atau pelajar maupun santri. Dengan adanya NISN, anak didik tak perlu mengganti nomor induk setiap kali ingin meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi ataupun melakukan mutasi sekolah/madrasah.

NISN dapat juga untuk memantau perkembangan murid. Mulai dari mutasi, kelulusan, pelajar yang putus sekolah hingga terdeteksi dari lulusan SD/MI, SMP/MTs atau SMA/Madrasah aliyah pelajar tersebut.

Dengan adanya NISN, para murid yang memilih belajar dengan sistem homeschooling atau pendidikan informal, selanjutnya menginginkan ke perguruan tinggi yang merupakan pendidikan formal prosesnya akan lebih mudah.

Baca :

Manfaat NISN bagi santri PPS Wajardikdas

Kegunaan NISN bagi santri pondok pesantren wajardikdas adalah sebagai identitas secara kependidikan. Karena salah satu syarat mengikuti Ujian Sekolah/Madrasah US/M maupun Ujian Nasional (UN) yaitu siswa atau santri harus sudah memiliki Nomor Induk ini.

Langkah Pengajuan Penerbitan Nomor Induk Siswa Nasional

menikmati liburan cuti tahunanGuna mempermudah teknis proses memasukkan data dari EMIS ke aplikasi Bio System milik Dinas Pendidikan bagi calon peserta ujian nasional maupun ujian madrasah/sekolah, Provinsi Jawa Tengah melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau Kota dalam hal ini Cq. Kepala Seksi Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren (PD Pontren) atau Kasi Pakis (Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam) untuk melakukan persiapan pendataan bagi santri wajardikdas yang belum memiliki NISN
  2. Mempersiapkan data santri sebagaimana format yang diminta (format excel yang terdiri dari 51 kolom, banyak juga kolomnya yach). Semua kolom wajib di isi dengan valid untuk mempermudah dalam pengajuan nisn. Kolom bisa di download pada akhir tulisan ini.
  3. Pengumpulan data melalui aplikasi emis sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh Kementerian Agama RI di Jakarta.

Demikian terkait informasi NISN untuk Pondok Pesantren Salafiyah Penyelenggara Pendidikan Wajib Belajar Pendidikan Dasar baik tingkat Ula maupun Wustha.

Selamat membina santri.

Download surat edaran Kemenag Jateng tentang NISN
Download form excel pengajuan NISN

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : [email protected] twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Silakan berkomentar