Kegiatan TPQ TPA

Posted on

pontren.com – Kegiatan TPQ TPA
Mengulas kegiatan Taman Pendidikan Alquran baik yang bersifat insidentil rutin serius ataupun menyenangkan bagi anak anak santri TPQ
Taman Pendidikan Alquran merupakan lembaga pendidikan Islam yang saat ini makin terdesak dan tersisih alokasi waktu karena kebijakan 5 hari masuk sekolah.
Guna mensiasati semakin dikebiri waktu untuk kegiatan TPQ maka pembelajaran pada Sekolah Ngaji ini perlu ditata dengan sistematis dan menarik bagi anak anak santri TPA.
Berikut beberapa kegiatan TPQ yang sering dilaksanakan oleh para ustadz guru pendidik guna mempertahankan jumlah santri dan minat belajar mengaji pada lembaga pendidikan yang di daerah kudus juga disebut sekolah Arab.kegiatan TPQ

Kegiatan TPQ yang sifatnya dilakukan serius

Ada beberapa kegiatan yang perlu dilaksanakan dengan serius oleh santri maupun guru TPQ, misalnya kegiatan sholat berjamaah, praktek wudhu, semaan alqur’an atau privat mengaji.
merupakan kegiatan yang dilaksanakan dengan model sorogan pada pondok pesantren, dimana santri menghadap pembimbing mengaji untuk disimak sang guru.
Sedangkan kegiatan sholat jamaah maka santri dididik dengan maksud bisa melaksanakan sholat dengan tertib yang berujung pada peningkatan kekhusukan beribadah.
Pada kegiatan wudhu, keseriusan diperlukan untuk bisa berwudhu dengan baik dan menghindarkan dari bermain main air yang sifatnya cenderung mubadzir.

loading...

Kegiatan TPQ berbasis waktu.

Merupakan model kegiatan yang bersifat rutin, misalnya ujian semester, pembagian raport, lomba, gebyar ramadhan, rihlah, jalan santai, anjang sana dan program kegiatan lain yang dirancang secara reguler oleh asatidz asatidzah.
Manfaat kegiatan rutin adalah mendorong para pengelola untuk melaksanakan suatu kegiatan yang bermanfaat untuk perkembangan lembaga dan kualitas santri.
Jika dikelola dengan serius maka akan berdampak positif bagi lembaga, para pengasuh dan utamanya santri TPQ.santri mengaji kitab

Kegiatan TPQ yang menyenangkan.

Selain beberapa kegiatan diatas, jika terdapat kegiatan yang bersifat serius, tentunya ada juga kegiatan TPQ yang menyenangkan.
Adapun beberapa contoh kegiatan TPQ yang menyenangkan misalnya :

Mewarnai dan menggambar.

Umumkanlah dua minggu sebelum hari H pelaksanaan menggambar sehingga para santri bisa menyiapkan peralatan menggambar, silakan mencari tema untuk santri menggambar dan carilah gambar yang nanti akan di warnai. Penghargaan gambar terbaik juga bisa memicu semangat santri dalam berkarya.

Bermain sambil diselipkan pelajaran

Dunia anak dunia bermain, untuk membuat suatu permainan bukan hanya bersifat hiburan belaka, perlu disisipkan pendidikan pada permainan.
Misalnya :

  • Permainan tebak tebakan secara berkelompok dengan score
  • Mencari padanan kata pada kertas
  • Mencari jejak pertanyaan dan jawaban
  • Lari estafet dengan menjawab pertanyaan
  • Dan lain lain

Baca : 

Lomba antar santri

Adakalanya kompetisi diperlukan sebagai penyemangat untuk anak-anak. Macam kompetisi juga tidak terlalu muluk muluk, misalnya materi yang dilombakan adalah :

  • Cerdas cermat
  • Kaligrafi / menggambar dan mewarnai
  • Azan
  • Praktek sholat
  • Hafalan surat pendek dan doa
  • Dan materi terkait dengan TPQ

Rihlah piknik darmawisata religius dan fun di daerah yang dekat

giatan TPQ yang menyenangkanSesekali refreshing piknik diperlukan, apalagi jika melibatkan beberapa TPQ tentunya akan semakin membuat seru, karena nanti anak-anak akan bertemu rekan sekolah SD atau MI yang tidak satu TPQ dengan mereka.
Melihat ekonomi yang sedang lesu, ada baiknya lokasi yang dipilih tidak terlalu jauh dan tiket masuk yang relatif terjangkau. Sisipkan lokasi masjid yang bersejarah atau unik untuk dikunjungi dan tempat melaksanakan sholat ketika dalam kegiatan darmawisata.

Mendongeng

Kegiatan yang murah meriah jika ada salah satu guru atau ustadz yang ahli dalam menyampaikan suatu cerita, tentunya dengan pesan moral yang praktis serta bisa di praktekkan anak anak atau suri tauladan.

akan tetapi juga tidak ada salahnya jika sesekali mendatangkan pendongeng yang mumpuni di tengah tengah santri, hal ini akan menjadi penyegaran penyampaian materi dan juga sebagai penarik siswa yang belum belajar TPQ. akan lebih mantab hasilnya jika kegiatan ini di umumkan lewat pengajian bahwa tanggal sekian akan ada pendongeng A dari wilayah ini. dan lebih kuat dipasang pada pamflet pengumuman masjid.

Itulah beberapa kegiatan TPA yang berkaitan langsung dengan siswa.
Jika anda memiliki ide indah atau pengalaman dalam kegiatan untuk para santri Taman Pendidikan Alquran, jangan ragu untuk menuliskan pada kolom komentar.

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

2 thoughts on “Kegiatan TPQ TPA

Silakan berkomentar