Pengertian Entrepreneur

Posted on

pontren.com – Akhir-akhir ini di media massa baik elektronik maupun media cetak serta media online adakalanya menyebut kata entrepreneur, bisa jadi ada sebagian kecil masyarakat yang belum ngeh dengan istilah ini, apa sih artinya? Apa maksud entrepreneur? Dari mana asal kata entrepreneur? Apa pengertian entrepreneurship? Dan lain lain. Berikut rangkuman dari berbagai sumber yang di kumpulkan guna menambahkan khazanah pengertian dan keilmuan para pencari informasi di dunia maya.

pengertian entrepreneur
ilustrasi santri entrepreneur (c) Doni Ismanto

Asal Kata Entrepreneur

Kata entrepreneur berasal dari bahasa Perancis. Kata ini mulai dikenal dalam kosa kata bisnis Perancis di sekitar permulaan abad ke 17 atau 18. Dalam bahasa Perancis, kata entrepreneur memiliki arti “mengelola”, bukan “pengelola”, atau secara letterlijk berarti “orang yang mengelola suatu aktifitas

loading...

Orang Yang dikenal sebagai pencetus kata ini adalah Ekonom Perancis Jean Baptiste Say.

Dia memakai istilah tersebut pada tulisan di sekitar abad ke-19: “Entrepreneur adalah orang yang memindahkan sumber-sumber ekonomi dari daerah kurang produktif ke daerah yang produktif untuk mendapatkan keuntungan”, dengan kata lain, “Entrepreneur adalah orang yang menciptakan nilai”.
sumber : https://biteentre.wordpress.com/2012/03/25/asal-kata-entrepreneur/

Di abad ke-20, ekonom yang sering menggunakan istilah entrepreneur adalah seorang ekonom Amerika-Austria dan ilmuwan politik bernama Joseph Schumpeter yang lahir di Triesch, Moravia, Czech Republic.

Dia menyebutkan bahwa entrepreneur adalah inovator yang menggerakkan proses kreatif –destruktif dari kapitalisme: “Fungsi dari entrepreneur adalah melakukan revolusi dan reformasi pada pola produksi”.

Mereka melakukannya dengan banyak cara, seperti memanfaatkan penemuan baru, memanfaatkan teknologi yang tidak terpikirkan untuk memproduksi sesuatu, atau bahkan menggunakan teknologi yang berbeda dalam menghasilkan sesuatu, menggunakan sumber daya beda, membuka cabang produksi yang baru, melakukan reorganisasi, dan yang lainnya. Bisa dikatakan bahwa, Schumpeter menganggap entrepreneur adalah agen perubahan. Mereka menggerakkan perekonomian dengan mencari pasar baru atau menggunakan cara baru.dagangan khas di sikidang dieng wonosobo

teori Say dan Schumpeter mengidentifikasi bahwa entrepreneur sebagai katalis dan inovator di belakang perkembangan ekonomi adalah merupakan landasan dari konsep entrepreneurship secara kontemporer.

Pengertian Entrepreneur

Berikut adalah pengertian entrepreneur yang diambilkan dari situs https://www.temukanpengertian.com/2013/07/pengertian-entrepreneur.html

Baca :

seseorang yang selalu membawa perubahan, inovasi, ide-ide baru dan aturan baru. Entrepreneur yaitu seeorang yang mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya.

Pengertian santri entrepreneur

santri entrepreneur
santri entrepreneur

Santri entrepreneur berasal dari dua kata, yaitu santri dan entrepreneur. Agak sulit ketika mengartikan santri dan entrepreneur secara harfiah. Karena beberapa ahli mengartikan bahwa santri adalah seseorang yang sedang menuntut ilmu pada pondok pesantren atau semacamnya. Akan tetapi mestinya yang dimaksud santri entrepreneur yaitu alumni pondok pesantren.

Dengan begitu santri entrepreneur adalah alumni pondok pesantren yang dengan SDM yang dimilikinya mampu melakukan perubahan terhadap suatu hal sehingga menambahkan nilai yang lebih besar dari nilai sebelumnya.
Demikian analisa terkait pengertian santri entrepreneur, bagi yang mengusulkan pengertian akan diterima dengan sangat senang.

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : [email protected] twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Silakan berkomentar