Adab dan doa bercermin untuk materi TPQ

Posted on

Adab dan doa bercermin untuk materi TPQ.
pontren.com Tulisan doa bercermin dalam huruf arab dan latin beserta terjemahannya.
Bukan hanya materi hafalan serta terjemahannya, tetapi adab pada saat bercermin yang seyogyanya diketahui anak anak santri Taman Kanak Kanak Alquran dan Taman Pendidikan Alquran yang harapa kedepan menjadi akhlak dan budaya para santri.doa bercermin

Sasaran Materi Adab dan Doa Bercermin

Materi ini menyasar santri hafal matan doa dan terjemah doa bercermin.
Selanjutnya anak TPQ TKQ paham adab didepan cermin. Sambil santri diajari hafal doa dan artinya, diterangkan tentang adab ngilo di depan pengilon (bercermin di depan cermin).
Setelah santri mendapatkan keterangan dalam adab bercermin, hal yang diperlukan yaitu para pengajar TPQ memberikan semangat kepada santri untuk bisa praktek secara teratur dan menjadi kebutuhan selama hidup.

loading...

Baca :
doa dan adab memperoleh rahmat
doa dan adab sebelum tidur
doa dan adab bangun tidur

Waktu Penyampaian Materi

TKQ A : –
TKQ B : Bulan ke-3 semester satu dan di ulang pada bulan ke 6 semester genap.

TPQ A : diulang kembali pada bulan ke 3 semester 2 bersamaan dengan doa naik kendaraan.
TPQ B : –
TPQ C : disisipkan pada pembukaan atau penutupan pembelajaran sebagai penguatan hafalan.

 

Teks doa bercermin

Ada beberapa doa yang bisa di sampaikan, silakan dipilih sekiranya yang familiar di lingkungan TPQ saudara.

اَللَّهُـمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Allahumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii
Terjemah : Ya Allah sebagaimana Engkau ciptakan aku dengan baik , maka perbaikilah akhlakku.

اَلْحَمْدُ ِللهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ فَحَسِّـنْ خُلُقِىْ

Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii
Terjemah : Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku”

Adab Bercermin

adab bercerminDengan pembiasaan yang baik misalnya pada saat bercermin rutin dengan adab yang baik, tentunya bisa memeparkan kebaikan dalam kebiasaan baik yang lain. Berikut beberapa adab yang baik sekitar kaca cermin bagi anak anak TPQ maupun muslimin muslimat sekalian

Niat yang baik dalam bercermin

Berniat bercermin untuk kebaikan, misalnya muruwwah, kebersihan, menyenangkan suami atau istri orang tua dan menjaga kehormatan. Bukan diniatkan untuk sombong karena kecantikan ketampanan ataupun digunakan untuk hal yang tidak baik, misalnya menggoda yang dilarang.

Membaca doa pada waktu bercermin

Seperti doa doa diatas yang telah dituliskan maka bisa dipakai atau digunakan pada saat sedang berada di depan kaca pengilon atau cermin.

Bercermin sewajarnya

santri nurul ummah (ilustrasi)Mematutkan diri di depan cermin seperlunya. Dengan tidak berlama lama di depan cermin akan meminimalisir mengagumi diri sendiri yang bisa menyeret kepada pemubadziran waktu dan merasa paling keren dan meremehkan yang lain karena dirasa penampilan lebih baik dan menarik.

Diakhiri dengan ucapan hamdalah

Selesai bercermin maka mensyukuri dengan nikmat yang diberikan Allah. Bentuk syukur secara kongkrit dan verbal bisa dilakukan dengan mengucapkan kata Alhamdulillah dari lubuk hati. Bukan hanya sekedar lipsing pemanis bibir.

Demikian tentang materi doa bercermin untuk para santri TPQ TKQ disertakan adab bagi anak anak ataupun orang dewasa pada saat berada di depan kaca.

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : [email protected] twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Silakan berkomentar