Materi Adab dan Doa Senandung Al Qur’an untuk TPQ

Posted on

Materi doa senandung al Qur’an dalam tulisan huruf Arab dan teks latin disertai arti terjemahan. Disertai adab tentang bersenandung membaca Alquran. Sesuai matriks buku panduan dari Kementerian Agama. Materi ini diberikan kepada santri TKQ pada Minggu kedua setelah masuk di awal tahun ajaran baru. Diulang pada jenjang TPQ.

Disampaikan setelah santri TKQ menguasai doa belajar baik pembukaan maupun penutupan. Targetnya anak-anak bisa hafal doa senandung Alquran ini dalam satu minggu.

loading...

Teks Arab Doa Senandung Al Qur’an

Berikut teks tulisan Arab Doa Senandung Alquran yang disertai dengan cara baca dalam huruf latin dan disertakan artinya.

أَللَّهُمَّ ارْحَمْنِيْ بِالْقُرْأَنِ

وَ اجْعَلْهُ لِيْ إِمَاماً وَنُوْرًا وَهُدًى وَرَحْمَةً

أَللَّهُمَّ ذَكِّرْنِيْ مِنْهُ مَا نَسِيْتُ وَعَلِِّمْنِيْ مِنْهُ مَا جَهِلْتُ

وَارْزُقْنِيْ تِلاَوَتَهُ أَنَاءَ الَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِيْ حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

ALOOHUMMARHAMNII BIL QUR’AAN.

WAJ’ALHUU LII IMAAMAAN WA NUURON WA HUDAW WA RAHMAH.

ALLOOHUMMA DZAKKIRNII MINHU MAA NASIITU WA ‘ALLIMNII MINHU MAA JAHILTU WARZUQNII TILAAWATAHU ANAA AL LAILI WA ATHROOFAN NAHAAR.

WAJ’ALHU LII HUJJATAN YAA ROBBAL ‘AALAMIIN.

Artinya : “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur’an dan jadikanlah Al-Qur’an untukku sebagai ilmu dan cahaya dan petunjuk dan rahmat. Ya Allah, ingatkan darinya apa yang aku lupa dan ajarilah aku darinya apa-apa yang aku tidak tahu dan berilah rizki kepadaku dengan membacanya tengah malam dan penghujung siang dan jadikanlah dia untukku sebagai pembela. Wahai Tuhan semesta alam.”

Adab bersenandung alQuran

Selain sebagai kitab yang dianggap membacanya merupakan ibadah, ada beberapa adab yang dirumuskan oleh ulama pada saat tilawah Al-Qur’an. Ada 6 adab secara lahir dan 6 adab secara batin. Berikut adab tersebut :

Adab Lahiriyah

  1. membaca Alquran dengan penuh rasa hormat, telah bersuci (wudhu) dan duduk menghadap kiblat
  2. tidak membaca secara tergesa-gesa, tetapi di baca dengan tajwid dan tartil
  3. berusaha menangis, walaupun terpaksa berpura-pura menangis.
  4. memenuhi hak ayat-ayat azab dan rahmat sebagaimana yang telah di terangkan sebelum nya
  5. jika di khawatirkan menimbulkan riya atau mengganggu orang lain, sebaiknya membaca dengan suara pelan. jika tidak sebaiknya membaca dengan suara jahe (keras)
  6. Membaca dengan suara yang merdu, karena banyak hadist yang menerangkan supaya kita membaca al-quran dengan suara yang indah

Adab Batiniyah

  1. mengagungkan Al-quran dalam hati sebagai kalam yang tertinggi.
  2. memasukkan keagungan allah swt dan kebesaran Nya karena Al-quran adalah kalam Nya
  3. menjauhkan rasa bimbang dan ragu dalam hati kita.
  4. membacanya dengan merenungkan makna setiap ayat dengan penuh penghayatan.
  5. hati mengikuti ayat-ayat yang kita baca. misalnya, apabila membaca ayat-ayat rahmat, hendaknya hati kita turut bergembira. sebaliknya ketika membaca ayat-ayat adzab, hati kita hendaknya merasa takut.
  6. telinga ditawajuhkan seperti Allah berbicara dengan kita dan kita sedang mendengar nya.

Demikian terkait materi Adab dan Doa Senandung Al Qur’an. Pemberian materi pembelajaran bukan hanya bersifat hafalan, akan tetapi disisipkan pula adab dan contoh kongkrit pelaksanaanya.

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : [email protected] twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Silakan berkomentar