Doa Pembuka sebelum mengaji TPQ dan penutup

Posted on

pontren.com – Doa untuk pembukaan sebelum pelajaran di mulai pada TPA serta doa penutup pada akhir kegiatan belajar mengajar bagi santri Taman Pendidikan Alquran.
Ada banyak materi yang perlu diajarkan kepada santri TPQ ditengah alokasi waktu pembelajaran yang singkat. Ditambah dengan rasio jumlah guru yang adakalanya tidak seimbang maka diperlukan strategi yang mumpuni bagi pengasuh TPQ.

doa pembukaan TPQ
(C) Faizal Riza

Baca
Materi Doa Harian TPQ
Materi Pelajaran Tahsinul Kitabah untuk TPQ
slot untuk link

loading...

Selain mengajarkan teori dan praktek ibadah, ada sisi lain pembiasaan bagi santri dalam berperilaku. Misalnya memulai kegiatan dengan doa. Salah satu contoh kongkrit pembiasaan perbuatan baik bagi santri dalam belajar yaitu dengan cara memulai dengan do’a.
Namanya juga doa pembukaan belajar, maka do’a ini dilakukan pada saat awal sebelum pelajaran TPQ dimulai.

Doa Sebelum Mengaji TPQ

Dibawah ini dituliskan doa dalam tulisan huruf arab beserta teks huruf latin cara membacanya. Tidak lupa disertakan arti dari doa dimaksud.

رَضِيْتُ باللّه رَبَّاً , وَ با لإِ سْلامِ دِيْناً, وبِمُحَمَّدٍ نَبِيَّاً وَرَسُوْلاً, رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا , وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا , آمين يا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Rodliitu Billaahi robbaa Wabil Islaami diinaa Wa BiMuhammadin Nabiyyaw wa rosuulaa Robbii zidnii ilmaa, warzuqnii fahmaa, Amiin Ya Robbal ‘Aalamiin”

artinya: Aku ridha Allah sebagai Tuhanku dan Islam itu sebagai agamaku, Dan Muhammad itu sebagai Nabi dan Utusan Allah Ya Allah, tambahkanlah ilmu pengetahuanku dan berilah aku kefahaman, Ya Allah kabulkanlah do’aku ini.

Setelah selesai membaca doa maka guru bisa melanjutkan dengan pelajaran yang bersifat klasikal sesuai dengan kurikulum materi yang telah digariskan oleh pengelola TPQ. Dalam teori yang diambil dari buku terbitan Kemenag, bahwasanya ada beberapa pembagian waktu untuk pembelajaran TPQ. Pembagian waktu tersebut yaitu :

  1. Pembukaan/klasikal awal 10 – 15 menit
  2. Klasikal kelompok 10 -15 menit
  3. Privat 60 menit
  4. Penutup/klasikal akhir 10-15 menit

Pada waktu klasikal yang durasi 10-15 menit tergantung situasi dan alokasi jadwal masuk dan selesai pembelajaran.

ilustrasi santri TPQ belajar
ilustrasi santri TPQ belajar

Doa penutup TPQ TPA

Selesai seluruh kegiatan maka diakhiri dengan doa penutup. Doa ini bisa dimasukkan kedalam waktu klasikal akhir. Adapun contoh doa nya dalam tulisan arab serta ejaan latin beserta arti sebagai berikut :

سُبْحَا نَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِ كَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ ، وَأَتُوْبُ إِ لَيْكَ

“subhanaakallahumma wa bihamdika, asyhadu allaa ilaaha illaa anta, astaghfiruka, wa atuubu ilaiik.”
Artinya: Maha Suci Engkau, ya Allah, aku memujiMu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepada- Mu

Demikian doa pembukaan dan penutupan pada kegiatan belajar mengajar pada Taman Pendidikan Alquran
Selamat mengajar.

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : [email protected] twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

One thought on “Doa Pembuka sebelum mengaji TPQ dan penutup

Silakan berkomentar