Materi doa harian TPQ Taman Pendidikan alquran

Posted on

Susunan penyampaian materi doa harian untuk TPA TPQ secara sistematis berurutan disesuaikan dengan tingkat level pendidikan santri berdasarkan pedoman buku Kemenag.
Pontren.com Salah satu pelajaran yang disampaikan untuk para santri adalah doa sehari-hari. Adakalanya beberapa pengajar TPQ memberikan pelajaran hafalan seingatnya. Maksudnya adalah apa yang terlintas di kepala selanjutnya diajarkan. Belum terpola secara urut dan runtut.

Materi Pelajaran doa harian TPQ
Materi Pelajaran doa harian TPQ (C) ccarlstead

Mengacu buku pedoman penyelenggaraan TPQ terbitan Kemenag, berikut akan disampaikan doa sehari hari bagi santri yang telah disusun sedemikian rupa dan di rancang penyampaiannya kepada santri berdasarkan kelas dan tingkatan.
Untuk lebih memahami terkait tingkat level pendidikan Lembaga Pendidikan AlQur’an (LPQ) yang terdiri dari TKQ, TPQ dan TQA, anda bisa membaca pada :
Tingkat Level Pendidikan Santri TKQ TPQ dan TQA

loading...

Berikut rancangan Matriks Pembelajaran Kementerian Agama tentang pelajaran doa sehari-hari bagi santri Lembaga Pendidikan Alquran.

Materi Doa untuk TKQ

TKQ merupakan singkatan dari Taman Kanak-kanak Alquran. Diperuntukkan bagi santri berusia antara 5-7 tahun. Dibagi menjadi 2 tingkat yaitu level A dan B. Masing-masing jenjang ditempuh pendidikan selama satu tahun. Adapuin perincian materi doa untuk TKQ sebagaimana dibawah ini.

Materi Doa sehari hari untuk TKQ Level A

ilustrasi doa sebelum tidur untuk TPQ
ilustrasi berdoa sebelum tidur

Ada 12 doa yang di peruntukkan penyampaiannya bagi santri TKQ Level A. Masing masing doa diberikan satu bulan sekali. Sehingga dalam satu tahun diharapkan para murid usia antara 5-7 tahun ini bisa menguasainya. Selain diberikan supaya dihafalkan santri, juga disisipkan adab bersikap yang baik terkait dengan doa yang diucapkan. Berikut daftar doa untuk santri TKQ Level A

  1. Doa dan adab belajar 1
  2. Doa dan adab belajar 2
  3. Doa dan adab senandung al quran
  4. doa dan adab kelancaran bicara
  5. doa dan adab akhir pertemuan
  6. doa dan adab sebelum makan
  7. doa dan adab sesudah makan
  8. doa dan adab masuk kamar mandi
  9. doa dan adab keluar kamar mandi
  10. doa dan adab sebelum tidur
  11. doa dan adab bangun tidur
  12. Doa dan adab bangun tidur 2

Materi Doa sehari-hari untuk TKQ Level B

Setingkat diatasnya, ada penambahan materi doa harian untuk santri. Walaupun ada penambahan doa harian, setiap pertemuan dilaksanakan pemantapan doa harian yang diajarkan pada TKQ Level A.

Pada tingkatan untuk anak seumuran TK ini, dengan asumsi umur masih di kisaran 5 dan 7 tahun, ada penambahan materi doa. Masing masing doa di hafalkan selama waktu sebulan. Dalam satu tahun masih tersisa 5 bulan, dipergunakan untuk pengulangan dan pemantapan hafalan doa keseharian yang telah diajarkan

doa sebelum bepergian
ilustrasi doa sebelum bepergian (C) Faizal Riza

(sistematika pengulangan pembelajaran doa akan terlihat gamblang jika anda membaca matriks pembelajaran TKQ Level B).

Berikut doa yang diberikan untuk antri TKQ Level B ditambah dengan pemantapan doa yang diajarkan saat level A

  1. Doa dan adab memperoleh rohmad
  2. Doa dan adab naik kendaraan darat laut
  3. doa dan adab bercermin
  4. doa dan adab berpakaian dan melepas
  5. doa dan adab mendengar sesudah azan
  6. doa dan adab keluar masuk rumah
  7. doa dan adab keluar masuk rumah
  8. doa dan adab kebaikan dunia akhirat

Materi Doa untuk TPQ

Seperti sudah banyak dikenal, TPQ merupakan kependekan dari Taman Pendidilan Alquran yang mana masyarakat lebih mengenal TPA. Akan tetapi saya pribadi lebih menyukai singkatan TPQ dibanding TPA. Untuk tau alasan kenapa saya lebih menyukai salah satunya bisa dilihat pada artikel :

Taman Pendidikan alQuran disingkat TPQ atau TPA?

Dalam buku pedoman TPQ keluaran Kemenag RI, bahwasanya TPQ merupakan kelanjutan dari TKQ, dimana dibagi menjadi 3 jenjang yaitu Level A, B, dan C.

Masing masing jenjang dilalui dalam 2 semester atau 1 tahun. Di setting untuk anak kelas 1 sekolah dasar/Madrasah Ibtidaiyah sampai kelas 3 atau mereka yang berumur antara 7-10 tahun.
Dengan begitu maka materi hafalan doa harian pun dibagi menjadi 3. Berikut penjelasannya.

Materi doa harian untuk TPQ Level A

Pada tingkatan ini adalah pengulangan semua materi hafalan doa yang diberikan pada pendidikan TKQ, bisa jadi didesain demikian karena banyak kasus santri mulai belajar mengaji disaat kelas 1 SD. Sehingga dimaklumi jika ada pengulangan materi untuk kelas ini. Materi doa harian untuk tingkat ini yaitu :

  1. memulai belajar 1
  2. memulai belajar 2
  3. Senandung Doa Al Qur’an
  4. Kelancaran bicara
  5. Akhir Pertemuan
  6. sebelum tidur
  7. Bangun tidur
  8. Masuk Kamar kecil / toilet
  9. Keluar Kamar kecil / toilet
  10. Memakai Pakaian
  11. Melepas pakaian
  12. Sebelum makan
  13. Sesudah makan
  14. keluar rumah
  15. masuk rumah
  16. bercermin
  17. naik kendaraan
  18. memperoleh rahmad
  19. Sesudah Azan
  20. Untuk Kedua Orang Tua
  21. Kebaikan Dunia Akhirat

Materi Doa harian TPQ Level B

nomor statistik TPQ
ilustrasi santri Ta’limul Qur’an Lil Aulad

Pada tingkatan ini, dalam bulan pertama awal masuk dilakukan pemantapan hafalan doa-doa harian yang telah diberikan pada TKQ maupun TPQ. Selanjutnya pada bulan ke-2 sampai dengan bulan ke-5 di berikan tambahan materi doa.
Berikut materi doa untuk TPQ level B

  1. Pemantapan hafalan doa level A
  2. Zikir pagi dan sore hari
  3. Pergi ke masjid
  4. Masuk masjid
  5. Keluar masjid
  6. ketika sakit
  7. memperoleh kesehatan dan akhlak yang baik
  8. menjenguk orang sakit

Hafalan Doa harian TPQ Level C

Pada tingkatan tertinggi TPQ ini tidak ada penambahan hafalan doa sehari-hari. Akan tetapi setiap bulan diadakan pemantapan hafalan doa level A dan B.

Demikian terkait materi doa harian bagi TKQ dan TPQ. Jika ingin lebih mengetahui bagaimana sistematika dan alokasi waktu penyampaian kepada siswa, anda bisa membuka buku panduan TPQ Kementerian Agama. Disana ada matriks pembelajaran bagi TKQ TPQ maupun TQA.

ilustrasi santri pontren tanpa biayaJika tidak memiliki buku tersebut anda bisa membaca di blog ini dengan browsing kata kunci matriks pembelajaran TKQ ataupun matriks pembelajaran TPQ. Disana anda bisa download materi tersebut dalam format excel.

Bisa jadi standar yang diberikan oleh kemenag ini terlalu tinggi atau terlalu mudah bagi pengelola TPQ. Tentunya para ustadz lebih bisa bijak dalam mengatur kapan pemberian suatu pelajaran. Dalam hal tulisan ini hanya bersifat acuan ataupun parameter sukur inspirasi dalam penyampaian materi doa harian untuk TPQ.

Terima kasih sudah berkunjung.

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Silakan berkomentar