Pondok Pesantren untuk Lulusan SMA dan Dewasa

Posted on

Bagi para lulusan Sekolah Menengah Atas baik dari SMU maupun Madrasah Aliyah (MA) yang berkeinginan melanjutkan pendidikan di pondok pesantren maka silakan menyimak informasi berikut.

Dewasa ini ada kesadaran anak ABG untuk menjaga diri sendiri dengan cara memilih pondok pesantren untuk melanjutkan pendidikan atau tempat tinggal pada saat kuliah. Tentunya bertujuan untuk menjaga diri serta peningkatan kompetensi pengetahuan agama dan menambah kekhusyukan dalam beribadah.

loading...

Umumnya pondok pesantren bagi lulusan SMA atau sederajat banyak dikelola oleh aliran NU maupun Salafy. Tidak banyak pesantren modern yang mengelola pondok pesantren bagi lulusan SMA kecuali pondok pesantren modern tersebut memiliki universitas sendiri ataupun sekolah tinggi.

Macam ragam pesantren bagi lulusan SLTA maupun orag dewasa ini ada yang sekaligus menyediakan ijazah S1 ataupun yang setara, adapula yang sifatnya hanya mondok saja (tanpa ijazah. Ada juga pesantren yang konsentrasi bidang tahfidz dan ada yang fokus kepada kajian kitab kuning.

Macam Ijazah Pondok Pesantren untuk Lulusan SMA

Ada dua macam pilihan pondok pesantren bagi orang dewasa atau alumni SMA yang berkeinginan mondok. Yaitu pondok pesantren yang menyediakan ijazah formal S1 dan pesantren yang hanya menyediakan ijazah lokal pondok atau ijazah yang tidak diakui secara pemerintah Indonesia.

Pondok Pesantren bagi Lulusan SMA dengan ijazah S1

Merupakan pondok pesantren yang mengelola lembaga pendidikan setara S1 baik berupa universitas atau sekolah tinggi maupun ma’had Aly. Dimana para santri bermukim di pesantren dan mendapatkan pelajaran sesuai kurikulum yang digariskan negara dan pesantren.

Umumnya santri akan mendapatkan pendidikan s1 dikala pagi hari dan kemudian pada saat magrib maupun malam hari serta selepas subuh akan mendapatkan pelajaran kepondokan.

Contoh pondok pesantren dengan ijazah S1 atau setara S1

Berikut beberapa contoh pondok pesantren untuk lulusan SMU yang sekaligus menyediakan

  • Universitas Darussalam (UNIDA) Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo
  • STIQ Isy Karima Pondok Pesantren Isy Karima Karanganyar
  • Ma’had Aly Al-Mubaarok Pondok Pesantren Al-Mubaarok Manggisan Wonosobo
  • Ma’had Aly Pondok Pesantren Ta’mirul Islam, Pondok Pesantren Ta’mirul Islam di Surakarta.

santri pondok pesantren ilustrasiDan masih banyak lagi contoh yang lain. Adapun daftar ma’had aly se-Indonesia bisa disimak dibawah ini :

Baca : Daftar Pondok Pesantren Penyelenggara Ma’had Aly di Indonesia

baca : Pondok Pesantren mahasiswa di Yogyakarta

baca : Pondok Pesantren untuk mahasiswa di Semarang

Karena menggunakan ijazah yang diakui negara, maka bagi calon santri yang ingin masuk pada ponpes program ini tentunya harus memiliki ijazah SLTA atau yang sederajat (misal Madrasah Aliyah, Paket C, Muadalah setingkat SMA).

Pondok Pesantren Tanpa Ijazah

Biasanya merupakan suplemen bagi mahasiswa yang kuliah di luar pesantren. Dimana pada pagi hari para santri kuliah atau bekerja sedangkan waktu sore malam dan selepas subuh melaksanakan kegiatan pendidikan di pondok pesantren.

contoh pondok pesantren tanpa ijazah formal

Berikut adalah beberapa daftar pondok pesantren bagi orang dewasa maupun lulusan SLTA MA sederajat yang bisa dijadikan alternatif untuk belajar.

  • Pondok Pesantren Ali Maksum Yogyakarta
  • Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta
  • Pondok Pesantren Luqmaniyah Warungboto Yogyakarta
  • Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah Salatiga
  • Ponpes Kyai Galang Sewu dekat Undip Semarang
  • Ponpes Wahid Hasyim dekat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Dan lain lain.

Karena tidak mengeluarkan ijazah resmi yang diakui pemerintah bagi lulusannya, maka biasanya bagi kalangan dewasa yang tidak memiliki ijazah SMA pun bisa untuk menjadi santri pada pesantren ini. Baik kalangan sudah bekerja ataupun yang dalam masa pencarian pekerjaan. Tentunya akan lebih bijak jika di konfirmasi dahulu kepada pengelola pondok terkait syarat pendaftaran calon santri.

Macam Ragam Pendidikan Pondok Pesantren bagi Lulusan SMU

Seperti disampaikan diatas, untuk pondok pesantren yang menyediakan ijazah formal tingkat S1 maka akan mendapatkan pelajaran yang sesuai dengan jurusannya, semisal ushul fiqh, lughoh baik bahasa atau sastra, fiqh, hadis dan lain lain. Dan pada sore malam serta pagi hari akan ada pelajaran kepondokan yang bersifat menguatkan keilmuan membaca dan ilmu nahwu shorof serta pemahaman kitab ataupun penambahan hafalan baik qur’an maupun hadis.

Pada lembaga pondok pesantren yang sifatnya ijazah dari lokal pesantren tanpa pengakuan negara, biasanya fokus salah satu dari dua hal ini yaitu pendalaman kitab kuning dan menghafal alquran.

Contoh pesantren untuk lulusan SMA dan dewasa yang terkenal dengan tafsirnya adalah pondok pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.

Pesantren yang terkenal dengan  hafalan alquran semisal Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta.

Penutup tulisan tentang pondok pesantren bagi lulusan SMA

Begitulah informasi terkait pondok pesantren untuk lulusan SMA dimana ternyata ada banyak lembaga pondok pesantren yang memfasilitasi bagi lulusan SLTA/yang sederajat yang berminat untuk mondok.santri kobong

Ada yang berupa mondok sekaligus mendapatkan ijazah S1, adapula pesantren yang sifatnya seperti kost bagi mahasiswa yang kuliah di universitas atau kampus yang tidak dikelola oleh pondok pesantren. untuk yang berniat kuliah S1 dengan model pondok pesantren, sebaiknya melakukan cek dan ricek terkait keabsahan lembaga pendidikan. Maksudnya adalah legalitas ijazah yang dikeluarkan oleh lembaga pondok pesantren benar diakui oleh pemerintah.

Dengan adanya alternatif dan beberapa pilihan model pendidikan dan konsentrasi pesantren, diharapkan bisa memberikan layanan keilmuan keislaman yang di inginkan oleh calon santri.

Demikian informasi, jika ingin menambahkan keterangan ataupun pertanyaan, bisa dituliskan pada kolom komentar di bawah.

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

2 thoughts on “Pondok Pesantren untuk Lulusan SMA dan Dewasa

  1. Ass,, Umur saya 40 tahun, apakah saya bisa mengikuti pondokan pesantren krapyak al munawwir, saya ingin sekali belajar mengaji dari 0 dan mendalami ilmu islam, terima kasih sebelumnya,
    Wass…

Silakan berkomentar