Materi Soal Ujian Masuk Pondok Pesantren Gontor

Posted on

Materi Soal ujian masuk Pondok Pesantren Gontor.
Informasi tentang materi ujian masuk Gontor yang bernama resmi KULLIYATU-L-MU’ALLIMIN/MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH (KMI) Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor.

soal ujian masuk gontor (ilustrasi)
soal ujian masuk gontor (ilustrasi)

Ponpes Gontor merupakan salah satu pondok pesantren yang sudah memiliki nama di seantero Nusantara bahkan menyeberang ke negeri tetangga. Saking terkenalnya nama pondok Gontor sehingga nama resmi pesantren ini cenderung kalah tenar dibandingkan nama generik Pondok Pesantren Gontor. Sebenarnya pontren Gontor memiliki nama resmi Pondok Modern Darussalam Gontor.

loading...

Karena animo masyarakat yang tinggi dan terbatasnya kapasitas kelas dan asrama pesantren sehingga diperlukan adanya seleksi bagi santri yang berkehendak belajar pada pondok pesantren ini.

Jumlah pendaftar di Gontor

Pada tahun 2017, sebanyak 439 orang gagal untuk menjadi santri karena tidak lolos seleksi. Sedangkan murid yang diterima sebanyak 2236 yang ditempatkan dari kampus pusat sampai dengan kampus 5.
Dengan begitu maka jumlah pendaftar pada pondok pesantren ini sejumlah 2236+439 =2675 orang.ujian masuk gontor (ilustrasi)
Dengan jumlah hampir 500 orang yang tidak lulus sebagai santri di Gontor tentunya diperlukan strategi untuk memperbesar kans diterima sebagai santri pada pondok Gontor
Langkah pertama tentunya mengetahui pelajaran apa saja yang diujikan bagi calon murid baru. Adapun pelajaran yang diujikan sebagaimana dibawah ini.

Model ujian masuk Gontor

Materi ujian ini berlaku untuk calon santri baik putra maupun putri. dimana secara teknis tidak ada perbedaan yang berarti dalam tata cara penerimaan calon siswa baru pondok Gontor.

Pesantren ini menggunakan 2 metode ujian yaitu :

  1. ujian lisan
  2. ujian tulisan.

Ujian Lisan Pondok Pesantren Gontor

Adapun ujian lisan memiliki istilah ujian syafahi, biasanya dilaksanakan langsung pada saat pendaftaran santri pada bulan puasa tahun pelajaran. Selesai mendaftar maka pada hari itu juga santri dijadwalkan untuk melakukan ujian syafahi oleh penguji yang ditunjuk.

Seperti ujian lisan atau tes wawancara umumnya, calon santri akan duduk dihadapkan dengan penguji guna ditanya baik secara kemampuan maupun motivasi calon murid.

penguji lisan calon santri baru putri (ilustrasi)
penguji lisan calon santri baru putri (ilustrasi)

Ujian Tertulis Pondok Pesantren Gontor

Ujian ini dilaksanakan serentak seluruh calon murid baru pondok pesantren Gontor, sama seperti ujian cawu atau semesteran dimana santri menjawab soal soal ujian yang diberikan kemudian dikumpulkan kepada panitia.

Materi Ujian Masuk Gontor

Untuk materi ujian yang diujikan kepada santri pun juga dibedakan. Ada yang materi ujian syafahi/lisan dan ada juga yang berupa ujian tahriri/ujian tertulis. Karena sudah banyak tahun dilewati, maka materi ujian berkutat seperti itu saja tanpa perubahan yang berarti dari panitia ujian masuk Gontor.

Materi Ujian Lisan Ponpes Gontor

  • Psikotes
  • Membaca Alquran
  • Tajwid
  • Praktek Ibadah

Tes Psikotes. Pada psikotes atau wawancara akan ditanyakan motivasi belajar di pondok pesantren, atas keinginan siapa belajar di Gontor dan beberapa pertanyaan umum.

Membaca alquran. Seperti orang disimak bacaan saat membaca, dimana calon santri disediakan mushaf kemudian disimak kualitas bacaannya.

Ilmu Tajwid. Akan ditanyakan beberapa hukum bacaan yang bersifat dasar semisal hukum nun sukun dan tanwin, izhar ikfa dan lain lain. Jika lancar akan ditanyakan ke tingkatan lebih lanjut.

menunggu anak ujian di gontor
menunggu anak ujian di gontor (ilustrasi)

Praktek Ibadah. Meliputi ujicoba kemampuan santri dalam ibadah qouliyah maupun amaliyah. Santri diminta untuk membaca bacaan sholat, surat pendek beserta doa yang umum. Juga mempraktekkan wudhu maupun tayammum.

Catatan. Bisa jadi materi yang ditanyakan oleh penguji bisa berbeda antara satu dengan yang lain. Akan tetapi secara umum tidak akan jauh-jauh dari materi diatas. Dan sifatnya berupa kemampuan dasar santri dalam hal keagamaan dan motivasi santri belajar di ponpes Darussalam

Materi Ujian Tertulis Ponpes Gontor

Merupakan Ujian tertulis/tahriri yang dilaksanakan serentak dan ditentukan hari tanggal tempat serta jamnya. Biasanya dilaksanakan setelah lebaran kira kira 2 minggu setelahnya. Adapun materi yang diujikan adalah :

  • Imla’ (dikte tulisan Arab),
  • Bahasa Indonesia,
  • Berhitung Soal dan Angka (Matematika dasar setara kelas 6 SD).

Santri akan mendapatkan soal dari panitia dan kemudian diminta untuk mengerjakan pada lembar jawaban yang sudah ada. ujian dilakukan pada ruangan yang telah ditentukan dan ditunggu oleh pengawas ujian. selesai ujian maka dikumpulkan di depan seperti ujian umumnya.

pengawas ujian santri putri (ilustrasi)
pengawas ujian santri putri (ilustrasi)

Catatan Tentang Ujian Masuk Pondok Pesantren Gontor

Walaupun menerima santri lulusan SMP untuk pendidikan persiapan Takhashush guna duduk di kelas yang setara dengan 1 SMA, akan tetapi tidak ada perbedaan soal ujian bagi santri lulusan SD/sederajat dengan lulusan SLTP/sederajat walaupun nantinya akan ditempatkan di kelas yang berbeda.

Tidak masalah anda mau mendaftarkan pendaftaran Pondok Pesantren Tahun 2019 maka ujian masuk beserta soal tidak akan keluar dari standar ujian diatas. walaupun misalnya anda atau adik atau putra putri mendaftarkan ke ponpes gontor tahun 2020 ujian soal pun tidak akan banyak perubahan.

Demikian informasi terkait mata pelajaran yang di ujikan pada pondok pesantren modern darussalam Gontor Ponorogo. Semoga menambah wawasan kita semua. Amiin.

loading...

Silakan berkomentar