Kegiatan Harian santri Madrasah Muallimaat Yogyakarta

Posted on

Informasi tentang kehidupan dan jadwal sehari-hari santri pada asrama madrasah Muallimaat Yogyakarta berdasarkan riwayat dari alumni generasi milennium
Alamat Muallimaat Yogyakarta
muallimaat yogyakartaSekolah asrama yang berada di bawah naungan organisasi Muhammadiyah ini mempunyai tiga lokasi asrama yaitu Notoprajan, Kauman dan Suronatan dengan jumlah 13 titik asrama. Salah satunya terletak di Jalan Suronatan nomor 653 Notoprajan Ngampilan Kota Yogyakarta Provinsi DIY

Muallimaat Yogyakarta Kegiatan Sehari-hari santri

Kegiatan dimulai pada waktu subuh dengan sholat berjamaah di aula atau musholla masing masing asrama. Dilanjut pelajaran pagi pendidikan asrama.
Pelajaran pagi dimulai jam 05.30 WIB (setengah enam pagi). Dilanjutkan persiapan sekolah (makan, sarapan, dll).

loading...

Pelajaran sekolah dimulai dari jam 07.00 WIB. Selesai jam 13.00 WIB
Selesai sekolah dilanjutkan dengan makan siang dan istirahat serta mengurus keperluan diri sendiri (beberes kamar, cucian dll)

Selanjutnya jam dua siang (14.00 WIB) ada kegiatan ekstra ataupun les. Kegiatan ini berupa Hizbul Wathan (HW), Tapak suci, PMR dan lain sebagainya sesuai dengan jadwal yang telah disusun oleh pengelola lembaga.

Pukul 16.00 (empat sore) para santri sholat asar dan bisa istirahat sampai dengan waktu magrib. Purna sholat magrib berjamaah di aula, santri mendapatkan pelajaran ba’da magrib.

Adapun pelajaran pada jam ini dan setelah subuh disebut dengan pelajaran asrama. Beberapa hal yang diajarkan seperti penambahan mufrodat, mahfudlat maupun tambahan peningkatan kemampuan bahasa inggris

Waktu Isya tiba para siswi melaksanakan sholat berjamaah di lokasi biasanya. Diteruskan dengan kegiatan belajar masing-masing oleh para santri. Selesai belajar santri dipersilakan untuk tidur malam istirahat.

Pukul 3 malam santri dianjurkan untuk melaksanakan qiyamul lail.madrasah muallimaat yogyakarta

Madrasah Muallimaat Yogyakarta, kegiatan rutin bersifat mingguan bagi santri

Untuk kegiatan mingguan yang bersifat rutin yaitu muhadloroh. Merupakan kegiatan belajar berkhutbah didepan rekan dan teman yang dilaksanakan pada malam minggu. Terjadwal oleh pengurus muhadloroh dengan tiga macam bahasa yaitu Arab, Inggris dan Bahasa Indonesia.
Ada juga kegiatan membersihkan lingkungan asrama yang dipandu oleh bagian kebersihan.santri muallimaat yogyakarta (ilustrasi)

Begitulah rutinitas santri asrama lembaga pendidikan muallimaat yogyakarta dimulai dari bangun tidur sampai dengan persiapan tidur kembali yang diriwayatkan oleh alumni yang saat ini telah menjadi sarjana dan berprofesi sebagai guru.

Muallimaat Yogyakarta Keadaan Kamar dan Pembina asrama

Untuk kamar yang tersedia, ada kamar yang kecil dan juga lumayan luas. Umumnya berkapasitas delapan mahluk. Para santri baru mendapatkan pendamping dari kelas 5 (setingkat 2 SMA) yang disebut dengan mujanibah.
Selain itu ada pembimbing asrama yang umumnya merupakan ustadzah pada lembaga tersebut. Para pembina asrama ini dikenal dengan sebutan musyrifah.

musyrifah madrasah muallimaat yogyakarta (ilustrasi)
musyrifah madrasah muallimaat yogyakarta (ilustrasi)

Guna kemanan dan mobilitas pengurus yang lebih baik, diluar para para wanita pembina yang berada di asrama. Adapula seorang bapak yang berjaga pada asrama, Disebut dengan Bapak pamong.

Dikamar sudah disediakan almari guna menyimpan pakaian dan buku, tempat tidur. Selain itu di asrama juga ada tempat untuk menjemur pakaian. Tentunya fasilitas kamar mandi dan MCK tersedia secukupnya.

Embed from Getty Images

Ijazah Lulusan Madrasah Muallimaat Yogyakarta

Bagi santri yang menyelesaikan pendidikan di lembaga ini akan mendapatkan ijazah yang diakui oleh pemerintah berupa Ijazah Madrasah Tsanawiyah untuk santri yang lulus tingkat setara SLTP. Sedangkan bagi santri yang berada di tingkat setara SLTA akan mendapatkan ijazah Madrasah Aliyah.pembina asrama muallimaat yogyakarta (ilustrasi)

Kontak yang bisa dihubungi

Berikut adalah kontak dan nomor telfon serta media sosial yang bisa dihubungi jika ingin bertanya langsung terkait dengan asrama maupun pendidikan pada lembaga ini.
Telefon dan faks (0274)374687
Whatsapp : 085870797855
Email : muallimaat [at] gmail.com ataau muallimaat [at] yahoo.co.id

Embed from Getty Images

Semoga bisa menambah wawasan terkait dengan madrasah Muallimaat Yogyakarta.
Salam blogger.

loading...

Silakan berkomentar