Kepanjangan MTs

Posted on

Kepanjangan MTs, diulas sedikit lebih detail terkait arti, tingkatan dan penamaan di luar negeri serta hal yang berkaitan dengan unit lembaga yang berada dibawah naungan Kementerian Agama ini.

Kepanjangan dari MTs

kepanjangan MTs
Guru MTs

MTs merupakan singkatan dari Madrasah Tsanawiyah. selain MTs, ternyata ada juga MTsS. Apakah kepanjangan MTsS? MTsS mempunyai kepanjangan Madrasah Tsanawiyah Swasta. Kalau MTsN? Tentunya anda sudah bisa menebak kira kira apa kepanjangan dari MTsN. Yup, anda benar, kepanjangan MTsN adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri.

loading...

Catatan :
Jika anda mengetikkan tulisan Sekolah Menengah Pertama pada google translate dan di terjemahkan kedalam bahasa Arab maka akan muncul tulisan مدرسة ثانوية

Alasan huruf s pada MTs ditulis dengan abjad kecil

Kenapa ya huruf ‘s’ nya koq kecil? Bukan huruf besar seperti ‘M’ dan ‘T’? Hal ini terjadi karena huruf “s” pada tulisan MTs tertulis kecil tidak kapital seperti huruf MT, karena secara teknis penulisan bahasa arab adalah sebagai berikut :

المدرسة الثانوية

Dari tulisan asli huruf hijaiyah diatas diketahui bahwasanya huruf “Ts” pada akronim MTs merupakan satu kesatuan huruf ث sehingga huruf T ditulis dengan kapital sedangkan aksara s ditulis kecil.

Tingkatan Pendidikan MTs

Madrasah tsanawiyah merupakan pendidikan lanjutan setelah Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar (SD) dan merupakan salah satu jenjang dasar pada pendidikan formal di negara Indonesia, mempunyai tingkatan setara dengan SLTP atau Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Secara teknis organisasi, MTs berada dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia. Jangka waktu normal menyelesaikan pendidikan MTs adalah 3 tahun, dimulai dari kelas 7 sampai kelas 9.

Murid MTs Bekasi
Murid MTs Bekasi

Porsi Pelajaran untuk Madrasah Tsanawiyah

\Sama halnya dengan SMP yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, MTs juga melakukan sama seperti SMP, salah satu penentuan kelulusan siswa adalah dengan ujian nasional. Soal UN untuk SMP dan MTs adalah sama. Secara pelajaran umum dan ijazah, tidak ada perbedaan antara SMP dan MTs.
Perbedaan antara MTs dan SMP adalah pada SMP hanya mendapatkan porsi pelajaran agama sebanyak 2-3 jam. Sedangkan pada MTs, pendidikan agama mendapat porsi yang semestinya. Oleh karena itu kenapa ada banyak lembaga pondok pesantren yang memilih MTs sebagai sarana untuk mendapatkan ijazah resmi yang mendapat pengakuan dari pemerintah sebagai bekal para santri kelak di kemudian hari mengarungi dunia pendidikan dan pekerjaan.

Madrasah dan lembaga pendidikan formal dibawah Naungan Kementerian Agama

Selain MTs, masih ada Madrasah yang berada dibawah naungan kementerian Agama. Secara hirearki urutan dari yang terkecil, madrasah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama yaitu :
Raudlatul Athfal/Bustanul Atfal (disingkat RA/BA) = pendidikan setingkat PAUD dan TK
Madrasah Ibtidaiyah disingkat MI = pendidikan dasar setingkat SD
Madrasah Tsanawiyah disingkat MTs = setingkat SMP
Madrasah Aliyah disingkat MA = Setingkat SLTA atau SMU
Perguruan Tinggi (UIN, IAIN, STAIN,dll)

MTs di luar Negeri

data EMIS Santri Pondok Pesantren

Ini sih hanya dengar dengar saja ya, karena menurut seorang teman yang sekolah di mesir, bahwasanya MTs disana atau Madrasah Tsanawiyah adalah merupakan nama untuk pendidikan setara dengan SMA, koq bisa? Karena madrasah aliyah merupakan penamaan bagi sekolah tinggi (aaliyah berarti tinggi). Sedangkan untuk sekolah setara dengan SMP dibeberapa negara timur tengah atau negara teluk dinamakan dengan Madrasah Mutawasithoh atau sekolah menengah. Untuk sekolah dasar tidak ada perbedaan dalam penamaan.

Demikian sekelumit terkait MTs singkatan dan sedikit informasi terkait dengan Madrasah tsanawiyah.
Salam blogger.

loading...
Gambar Gravatar
contact info : cspontren@yahoo.com

Silakan berkomentar