Download soal ujian TPQ Taman Pendidikan Alquran.

pontren.com Contoh soal ujian TPQ Taman Pendidikan Alquran.
Salah satu tanda bahwa suatu taman pendidikan alquran diurus dengan serius, yaitu dengan adanya ujian baik tes semester maupun ujian akhir menjelang kelulusan santri Taman Pendidikan Alquran yang biasanya disebut dengan TPA oleh masyarakat.
Sepanjang yang saya ketahui, saat ini belum ada lembaga resmi yang konsisten membuat soal ujian untuk santri TPQ baik Soal ujian semesteran atau soal tes ujian Akhir baik digunakan sebagai kenaikan kelas maupun kelulusan santri. Jangankan lembaga resmi, untuk lembaga yang mengurusi secara langsung Taman Pendidikan Alquran semisal Badko TPQ Kabupaten, maupun Seksi PAKIS atau PD Pontren KanKemenag maupun provinsi, sangat jarang yang berinisiatif membuatkan soal secara terus menerus berkesinambungan setiap tahun. Meskipun soal itu hanya berupa master softcopy untuk dibagikan dan dijadikan acuan bagi lembaga TPQ untuk melakukan ujian.

soal ujian TPQ semesteran akhir tahun
ilustrasi ustadzah sedang melakukan koreksi ujian santri TPQ

Kemudian, faktor lain yang membuat susah dilakukan pembuatan soal adalah tidak adanya standar yang sama antar TPQ. Hal ini terjadi karena standar yang diberikan oleh Kementerian Agama bisa dikatakan gagal di aplikasikan pada dataran praktek. Dengan tidak ada kesamaan dalam standar dan pendidikan serta pengelolaan, membuat kesulitan untuk membuat klasifikasi dan pengelompokan kelas santri yang berakibat susah dalam pembuatan soal berdasarkan kelas maupun umur.

Kendala Tidak Terlaksana Ujian Semesteran pada TPQ

Kalau dibuat lebih ringkas, Masalah dan kendala yang mengakibatkan banyaknya Taman Pendidikan Alquran yang tidak melaksanakan ujian semester ataupun ujian akhir bagi santri TPQ diantaranya adalah :

  • Sangat kurangnya perhatian lembaga resmi yang menaungi TPQ terutama dalam hal pengelolaan TPQ dan juga
  • pengadaan soal ujian serta tes ujian akhir santri TPQ
  • Badko TPQ tidak melakukan design pengurus yang bertanggungjawab terhadap soal ujian TPQ yang tertib rutin dan berkesinambungan.
  • Guru atau Ustadzah serta pengurus Taman Pendidikan Alquran tidak memiliki visi dan misi untuk melakukan kegiatan ujian rutin baik semesteran, kenaikan kelas maupun ujian akhir kelulusan.
  • Guru atau ustadzah tidak mampu membuat soal ujian untuk santri TPQ
  • Kesederhanaan dalam pengelolaan taman pendidikan alquran sehingga hanya sekedar kegiatan belajar mengajar tanpa ada gerak atau krentek (niat dan keinginan) untuk meningkatkan kualitas TPQ yang berujian rutin dan kegiatan pembagian raport.

Itulah beberapa kendala yang terjadi sehingga suatu Lembaga Taman Pendidikan Alquran mengalami kendala dalam hal pelaksanaan tes bagi santri Taman Pendidikan Alquran.

Keuntungan melaksanakan kegiatan tes ujian bagi Taman Pendidikan Alquran

soal tes ujian Taman Pendidikan Alquran
ilustasi pengawas ujian TPQ

Ada beberapa keuntungan baik secara strategis maupun peningkatan kualitas lembaga dan siswa santri TPQ jika diadakan ujian rutin. Adapun beberapa keuntungan nilai positif yang didapatkan diantaranya adalah :

  • Pengelolaan TPQ yang dipandang positif oleh masyarakat karena dianggap serius dalam pengelolaan terbukti dengan adanya ujian semesteran (yang tentunya ada raport yang dibagikan) dan juga ujian akhir (dan mestinya santri yang lulus mendapatkan ijazah)
  • Dengan adanya ujian menjadikan guru atau ustadzah pengelola TPQ terpacu membuat raport dan ijazah yang berdampak kepada tertib administasi.
  • Santri lebih terpacu dalam belajar TPQ karena adanya jadwal ujian dan perhatian orang tua terhadap pembelajaran anak di TPA diharapkan juga ada peningkatan.
  • Kejelasan ustadz ustadzah dalam menyampaikan pelajaran karena sudah fokus dengan materi yang diujikan. Dengan begitu dengan sendirinya akan tertata KBM maupun materi yang diajarkan sehingga terjadi pengejawantahan kurikulum TPQ secara alami.
  • Bisa menjadi evaluasi dan parameter yang jelas terhadap keberhasilan dalam kegiatan pengajaran di Taman Pendidikan Alquran.
  • Itulah beberapa hal keuntungan yang bisa diraih jikalau bisa kontinyu dan terjadwal dalam pelaksanaan evaluasi belajar bagi santri di tiap akhir semester yang biasa dilakukan dengan Ujian.

Contoh Soal Ujian Taman Pendidikan Alquran

Ada dua macam soal ujian yang sering terjadi di TPQ, yaitu ujian lisan dan ujian tertulis. Saat ini harapan yang ada yaitu soal yang bersandar kepada acuan Kurikulum Taman Pendidikan Alquran dari Kementerian Agama. Akan tetapi sampai saat ini pontren.com belum menemukan soal ujian untuk TPQ yang benar benar mengacu kepada standar kurikulum TPA Kemenag.

Ukuran kertas ujian Taman Pendidikan Alquran

Setelah mendapatkan contoh soal ujian dari berbagai macam mata pelajaran, akhirnya diusahakan untuk melakukan penyelarasan ukuran dan tata letak ujian supaya praktis digunakan dan mudah dipakai. Bahasa singkatnya adalah download, kasih KOP lembaga, tinggal print. Karena banyak print di indonesia tidak mencantumkan ukuran kertas F4 maka silakan dibuat ukuran manual jika anda menginginkan print untuk soal ujian yang pontren upload.

ukuran kertas F4 lebar 215 mm panjang 330 mm
ukuran kertas F4 lebar 215 mm panjang 330 mm

Ukuran yang dipakai adalah kertas folio model f4 dengan ukuran lebar 215 mm dan panjan 330 mm. Selanjutnya, margin untuk kiri kanan yaitu sebesar 2 cm. Dengan ukuran yang jelas maka nanti tidak berubah bentuk dari soal yang di upload.

Materi soal ujian yang di upload

Dengan perjalanan waktu, rencananya akan kami tambahkan beberapa soal ujian yang kami anggap bermutu, nantinya akan diusahakan petunjuk perihal pelaksanaan ujian yang hemat dan ekonomis bagi lembaga TPQ yang benar benar kering kerontang dalam kepemilikan uang kas anggaran.

Berikut adalah beberapa soal ujian yang bisa di download untuk keperluan latihan maupun serius dalam ujian TPQ. Terima kasih untuk saudari Asih Sri Puryanti yang telah berkenan membagikan contoh soal ujian beserta jadwal yang bisa di download bagi yang memerlukan.

Download macam macam perabot dan soal ujian TKQ TPQ dan TQA

Contoh jadwal ujian TPQ
Contoh jadwal munaqosah TPQ beserta nama dan tempat ujian
Soal Ujian Khot TKQ A (1,2) semester Ganjil
Soal Ujian Khot TKQ A (3,4) semester Genap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *