Contoh Jadwal Pelajaran TPQ Format Word bisa di download

Posted on

Download contoh jadwal pelajaran Taman Pendidikan Alquran dalam format doc atau word. Dengan format office tahun 2017. Mengacu kepada jumlah hari masuk dalam seminggu dan pelajaran yang disarankan dalam buku pedoman TPQ.
Secara pengertian, jadwal mempunyai arti atau maksud pembagian waktu yang berdasar pada rencana pengaturan urutan kegiatan atau kerja. Dengan begitu jadwal pelajaran TPQ adalah pembagian waktu berdasarkan pengaturan pelajaran yang disampaikan pada saat kegiatan belajar mengajar pada lembaga pendidikan TKQ TPQ maupun TQA.jadwal pelajaran TPQ

Perlunya Jadwal dalam pendidikan TPQ

Bagi TPQ yang ingin berkembang maju serta berkualitas, baik secara lembaga maupun santri, semestinya memiliki jadwal pelajaran Taman Pendidikan Alquran. Dengan adanya jadwal pelajaran maka beberapa manfaat yang dapat diperoleh diantaranya adalah :

loading...

Melatih disiplin guru dan murid dalam belajar

Dengan terjadwal pelajaran akan mendorong santri dan ustadz untuk disiplin dalam pengaturan waktu serta penataan peralatan dalam kegiatan belajar mengajar. Jadwal menjadikan santri mempersiapkan buku atau peralatan yang harus dibawa untuk menunjang pelajaran. Sedangkan bagi dewan asatidz lebih mempersiapkan materi yang harus disampaikan kepada santri. Dan manfaat yang lain tentunya menunjang perkembangan kualitas santri TPQ maupun ustadzah ustadz pengajar.

Melatih Tanggung Jawab Ustadz dan Santri TPQ

Dengan jadwal pelajaran santri akan bertanggungjawab kapan mulai masuk pelajaran dan kapan saat pergantian. Sedangkan untuk pengajar terdorong untuk lebih persiapan dalam mengajar dan menata materi yang akan disampaikan sesuai dengan alokasi waktu dan target yang di canangkan.

Tidak membuang waktu pembelajaran secara percuma

Penataan jadwal pelajaran yang jelas, baik waktu maupun materi pelajaran serta petugas yang menjadi mentor pada saat itu berakibat tertata lebih rapi siapa, bagaimana dan harus apa bagi para komponen di TPQ. Baik itu ustadz ataupun santri. Dengan kebiasaan yang berulang membuat efektifitas penggunaan waktu secara maksimal. Hal ini sangat berguna karena sedikitnya waktu untuk kegiatan TPQ (umumnya jam 15.30-17.00 WIB). Prakiraan waktu satu setengah jam dan tidak setiap hari masuk mestinya bisa di kondisikan supaya benggunaan waktu pembelajaran bisa efektif dan maksimal.

Menciptakan rutinitas teratur yang baik bagi guru dan murid

Penjadwalan kegiatan yang baik dan bisa di aplikasikan pada lembaga, ustadz dan santri maka akan membangun rutinitas teratur kepada mereka. Dengan keteraturan yang baik bisa berimbas kepada kegiatan yang lain. Efek positif keteraturan adalah mengurangi rasa malas karena ada jadwal menunggu, menjadi teratur dan rapi dalam bertindak serta berperilaku dan memiliki konsep yang baik dalam beraktivitas.jadwal pelajaran TPA

Menciptakan target pendidikan yang jelas.

Membuat jadwal pelajaran TPQ berarti juga membuat target untuk dicapai pada rentang waktu yang ditentukan. Dalam hal semesteran dan pembagian raport serta ujian akhir, mestinya sudah ada gambaran kapan dan sampai mana suatu pelajaran untuk disampaikan kepada santri TPQ. Dengan adanya jadwal maka akan memicu pengasuh TPQ membuat target pembelajaran dan dengan adanya target tersebut akan berdampak pada usaha untuk pencapaian target yang ditentukan.

Jam Pelajaran TPQ Mengacu kepada Buku Standarisasi Nasional Mutu Pendidikan Alquran

Pembuatan contoh jadwal pelajaran TPQ ini mengacu kepada buku terbitan kemenag dalam hal 1). waktu pembelajaran, 2). jumlah hari dan 3). mata pelajaran yang disampaikan. Dari ketiga komponen tersebut kemudian dicoba diolah untuk dibagi menjadi jadwal pelajaran pada TPQ dengan pembagian sebagai berikut :

TPQ masuk 3 kali dalam satu minggu
TPQ masuk 4 kali dalam satu minggu
TPQ masuk 5 kali dalam satu minggu
TPQ masuk 6 kali dalam satu minggu.

Pembagian ini dimaksudkan untuk mengakomodasi sebanyak mungkin type TPQ yang ada di Indonesia, sehingga bisa download jadwal mata pelajaran yang paling pas diterapkan pada Taman Pendidikan Alquran yang dikelola.

Pola pengajaran dalam buku panduan adalah dengan model 90 s.d. 120 menit. 120 menit dipergunakan untuk TPQ yang mempunyai jadwal masuk 3 kali dalam seminggu atau kurang. Sedangkan model 90 menit di pergunakan untuk TPQ dengan jumlah pertemuan 4 kali dalam satu minggu atau lebih.
Untuk 90 menit adalah

1) 10 menit klasikal awal,
2) 10 menit klasikal kelompok,
3) 60 menit privat
4) 10 menit Klasikal akhir

Sedangkan untuk 3-4 hari masuk pelajaran efektif maka pada klasikal menjadi 15 menit dan metode privat 75 menit.

Baca :

Dalam materi pelajaran yang disampaikan, mengacu pada contoh blanko raport dari Kemenag RI di Jakarta, bahwasanya pelajaran yang ada pada TPQ adalah sebagai berikut : 1) Bacaan tadarus alquran, 2) Ilmu Tajwid, 3) Bacaan Sholat, 4) Hafalan surat Pendek, 5) Praktek Amalan Sholat, 6) Hafalan Ayat Pilihan, 7) Doa dan Adab Harian, 8) Tahsinul Kitaba, 9) dinul Islam 10) muatan lokal (jika ada).
Itulah komponen yang perlu diolah untuk selanjutnya di tuangkan dalam jadwal pelajaran bagi santri TPQ.

Contoh jadwal pelajaran TPQ

Berikut adalah beberapa contoh gambar atau foto jadwal pelajaran TPQ yang bisa dijadikan acuan dalam menyusun Jadwal.

contoh jadwal pelajaran TPA
contoh jadwal pelajaran TPA
contoh jadwal pelajaran TPQ
contoh jadwal pelajaran TPQ

Download Jadwal Pendidikan TPQ format Word

Berikut adalah link download untuk mendapatkan contoh jadwal pelajaran (seperti gambar diatas) bagi lembaga TPQ dalam format doc atau words. File ini dibuat dengan word microsoft office 2007 dengan ukuran A4.
3 kali seminggu
4 kali seminggu
5 kali seminggu
6 kali seminggu
Demikian semoga bermanfaat.

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

2 thoughts on “Contoh Jadwal Pelajaran TPQ Format Word bisa di download

Silakan berkomentar