Fasilitas Pondok Pesantren Assalaam Surakarta

Posted on

Fasilitas pada pondok pesantren Assalaam solo dalam menunjang pendidikan santri serta kenyamanan beraktivitas sehari-hari. Juga dimanfaatkan untuk kepentingan ummat dan sosial.
Sebagai salah satu pondok pesantren yang berbiaya mentereng di Indonesia, pondok Assalam memiliki beberapa fasilitas sebagai penunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) para santri dan juga fasilitas yang menjadikannya tenar seantero Indonesia (misalnya fasilitas teropong).
Berikut akan dilulas fasilitas yang berada pada pondok pesantren Assalaam Sukoharjoalumni pondok pesantren modern islam assalaam angkatan 1999

Masjid PPMI Assalaam

Masjid dengan arsitektur elegan dan berwarna putih, termasuk menjadi memory menarik bagi para alumni. Mempunyai kapasitas kurang lebih 5.000 orang. Dipergunakan untuk kegiatan sholat lima waktu dan mengaji para santri. Selain itu juga dimanfaatkan sebagai kegiatan sosial masyarakat seperti tempat ijab qobul pernikahan, manasik haji, pengajian akbar dan kegiatan lainnya.

Asrama Kamar tempat tinggal santri pondok pesantren Assalaam

Kamar santri atau asrama di Assalaam mampu menampung 2.450 santri. Adapun secara detail dan terperinci, kamar santri terdiri dari :

  • Kamar Besar Putra (Kamsartra) sebanyak 55 kamar. Dan Kamar Besar putri 31 kamar. Dengan fasilitas dipan tidur tingkat, lobang angin serta kamar mandi di luar kamar.santri ngantuk di kelas (ilustrasi)
  • Kamar Tiga Putra 22 buah, dan kamar tiga putri 32 buah. Kamar kecil yang berkapasitas 3 orang dengan fasilitas meja dan kursi untuk belajar, dan juga tempat tidur. Kamar mandi di luar.
  • Kamar empat Putra (Kapatra) 66 kamar, dan kamar empat putri sejumlah 126 Kamar. Suatu kamar yang agak kecil juga. Dihuni oleh 4 orang santri. Dengan fasilitas meja kursi belajar, dipan tempat tidur. Kamar mandi di dalam.

Berikut adalah dua buah foto kamar asrama pondok pesantren Assalaam, Kamar besar putra yang dahulu kala berisi 20 santri. pada saat sekarang sudah disediakan dipan besi guna sarana tidur para anak didik.

kamar-pondok-pesantren-assalaam

asrama-pondok-pesantren-assalaam

Biasanya untuk kapatra/kapatri dan kagatra/kagatri, ada charge tambahan biaya bagi penghuninya. Pada tahun 1995 untuk kagatra sebesar Rp. 180.000,- dan kapatra Rp. 210.000,- untuk satu tahun. Jika SPP atau uang syahriah pada tahun tersebut adalah Rp. 75.000,- dan SPP saat ini (tahun 2018) sebesar Rp. 2.500.000,- (berlipat kira-kira sebanyak 33X), maka kalo anda mencoba mengasumsikan ya silakan dikalikan.

Fasilitas Astronomi

Inilah salah satu fasilitas yang mengerek popularitas pondok pesantren assalaam, dimana hampir setiap saat terjadi gerhana matahari, fasilitas ini muncul dikoran, termasuk juga dalam mengintip hilal pada saat penentuan ramadhan atau masuk bulan syawal. Entahlah apa semua santri bisa mengakses fasilitas ini atau hanya beberapa saja dari siswa yang mendapatkan fasilitas menggunakannya.

Ruang Kelas Pondok Pesantren Assalaam

Pesantren ini memiliki 120 ruang kelas. Ada 2 macam ukuran yaitu 7×8 Meter sebanyak 84 dan ukuran 8×9 sebanyak 18 ruangan. Seluruh ruangan kelas ini telah dipasang LCD, Jaringan internet serta AC (what? Jaringan internet? Haduh anak jaman now, berapa banyak tuh yang seharusnya di gundul?)

ilustrasi santri sekolah

Laboratorium Pondok Pesantren Assalaam

Laboratorium dua lantai untuk sains dan matematika dimana terdapat :

  • Laboratorium Fisika
  • Laboratorium Kima
  • Laboratorium Biologi
  • Laboratorium Multimedia dengan fasilitas LCD 17 inchi, tersambung internet 25 jam, eh salah, 24 jam ding, dan mempunyai 3 ruang. Masing ruangan terdapat 40 unit set lengkap komputer (santri pasti betah nih nongkrong disini :D)

Laboratorium Komputer dan Bahasa Pondok Pesantren Assalaam

Mempunyai 5 ruang laboratorium Komputer, dan pada masing masing ruangan terdiri dari 30 komputer. Sehingga secara keseluruhan ponpes ini memiliki 150 unit komputer untuk laborat komputer.
Selanjutnya di laboratorium bahasa, ada 2 ruang yang masing-masing bisa menampung 50 stan/peserta.

Perpustakaan Pondok Pesantren Assalaam

Mempunyai koleksi lebih dari 25.000 (dua puluh lima ribu) buku. Entah disini maksudnya jumlah buku atau judul buku, karena jika 25.000 buku tapi judulnya sama ya mestinya kurang pas, tapi saya yakin ada banyak judul buku yang dimiliki oleh pondok pesantren.
Selain banyaknya koleksi bacaan, juga ada 2 ruang terpisah audio visual dengan fasilitas air conditioner (AC) teruntuk santri putra dan putri. (wah saya yakin perpustakan akan semakin ramai jika hanya satu ruangan audio visual dimana tidak ada sekat antara putra dan putri :D)

ilustrasi guru TPQ menata administrasi Donatur bagi lembaga

Fasilitas Olahraga Pondok Pesantren Assalaam

Lembaga ini menyediakan lapangan dalam ruangan dan luar ruang. Pada lapangan indoor, terdapat 4 line untuk badminton dan beberapa papan untuk pingpong atau tennis meja. Sedangkan luar ruangan alias outdoor, memiliki fasilitas sepak takraw, bola voli, bola basket untuk santriwan dan santriwati, lapangan sepakbola serta 4 (empat) arena futsal.

Assalaam Center (Gedung serbaguna)

Dahulu kala bernama Gelora Assalaam. Berfungsi sebagai tempat ibadah sebelum masjid Assalaam dibangun. Kemudian masjid selesai dan dapat digunakan maka gedung tersebut ebrfungsi full sebagai sarana olahraga para santri. Pada saat ini, Gedung setinggi 6 (enam) lantai yang berfungsi sebagai pusat dari kantor administrasi unit sekolah, Assalaam Zakat Infaq Sodaqoh (ZIS) Center, ruang organisasi siswa (OP3MIA) dll, tempat olahraga indoor, auditorium ruang serbaguna untuk pertunjukan seni maupun panggung kegiatan lainnya. Juga ada warnet dan laboratorium ilmu pengetahuan. Tempat Bank dan Assalaam Bussines Cooperation (ABC). Jadi ingat merk kecap dan syrup.assalaam center

Assalaam Medical Center (disingkat AMC ya gays)

Dilengkapi dengan tenaga kesehatan dan juga spesialis, psikologis, perawat, dokter gigi serta dokter kulit (tau aja kalo santri banyak kena sakit kulit 😀 ) dan juga disediakan kamar inap bagi santri baik putra maupun putri, ambulan sepertinya juga ada. (hasil iuran tahunan kesehatan satu tahun?)

Dining room atau Resto Assalaam (dahulu sih namanya dapur)

Suatu ruangan tempat makan bagi para santri melakukan aktivitas makan. Dijadwalkan 3 kali sehari yaitu pagi sebelum sekolah, siang setelah selesai pelajaran dan malam hari selepas sholat isya. Diklaim dilengkapi dengan dapur modern dan higienis. Selain itu di dapur terpasang televisi.

dining room ponpes assalaam

Kendaraan Mobil Pondok Pesantren Assalaam

Mempunyai beberapa unit kendaraan atau mobil yang digunakan untuk keperluan kegiatan santri dan kepondokan atau kepesantrenan

Fasilitas Pendukung Pondok Pesantren Assalaam

  • Laundry
  • Telepon
  • Warnet (hah!!! Warnet???)
  • Bank Syariah
  • Bank Syariah Mandiri
  • ATM Mandiri
  • Koperasi
  • Kantin
  • Parkir yang luas

Fasilitas lain

Ada beberapa fasilitas yang dituliskan di website resmi pesantren ini, akan tetapi menurut hemat pontren.com tidak terlalu terkait dengan KBM santri sehingga kurang tertarik untuk memunculkannya. Adapun fasilitas yang di sebutkan oleh pesantren ini yaitu :

  • Gazebo
  • Assalaam Syariah Hotel (tapi bayar ya, bukan fasilitas gratis, makanya saya tidak mengulasnya)
  • Kompleks perumahan ustadz
  • Bangunan Kantor
  • Ruang Guru

Itulah ulasan terkait fasilitas pada lembaga ini. Jika terdapat kekurangan mohon untuk ditambahi sendiri, dan jikalau ada kelebihan tolong segera dikembalikan.

pondok pesantren langitan
santri belajar (ilustrasi)
loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Silakan berkomentar