Usaha dekat lingkungan pondok pesantren dan bisnis yang cocok

Posted on

Saran serta tips bagi yang ingin usaha atau bisnis menghasilkan uang untuk nafkah bagi yang berada di lingkungan pondok pesantren. Sebelum memulai usaha, ada baiknya menyimak terlebih dahulu tulisan ini kemudian silakan menganalisa demi masa depan bisnis penghasilan yang lebih baik.

Bagi anda yang punya rumah atau mukim di dekat pondok pesantren, ada potensi ekonomi untuk mendapatkan penghasilan sampingan atau bahkan penghasilan pokok. Dalam mendulang penghasilan ini ada beberapa macam jenis yang bisa di coba berdasarkan karakteristik pondok pesantren yang berdekatan dengan anda

loading...

kenaikan tarif listrik

ada yang bersifat model jual beli dan ada pula dengan cara jual jasa. Bagi yang berkehendak jual beli pastinya sudah tau bagaimana tata cara jual beli dan sistemnya. Umumnya terjadi transaksi antara anda dengan anak santri secara kontan alias cash. Sedangkan bagi anda yang akan mencoba terjun bidang jasa, atau istilahnya menjual jasa, bisa mempelajari apa yang menjadi kebutuhan anak pondok.

Mengenal karakter pondok pesantren untuk memulai usaha atau bisnis.

Sebelum membuka usaha atau bisnis, tentunya perlu dirangkum karakteristik dan peraturan di pondok pesantren, semisal pondok gontor yang melarang anak pondok atau santri untuk makan diluar selain hari libur maka akan kurang baik jika anda mengandalkan warung makan yang disasar santri sebagai pembeli, atau ponpes yang melarang santri merokok dan anda membuka warung rokok, tentunya hanya sedikit santri yang membeli serta orang lewat. Berikut hal yang perlu di telaah terkait sebelum menentukan usaha di dekat lingkungan ponpes
Aturan terkait larangan di pondok pesantren, misalnya larangan merokok, larangan jajan di luar,serta peraturan lain seperti tidak boleh memakai celana jeans dll. (berguna untuk yang akan membuka warung atau toko pakaian serta warung rokok)
Cara makan santri, apakah disediakan oleh pondok pesantren, atau santri memasak sendiri (berguna untuk memutuskan membuka warung makan atau jual gorengan serta sayur mayur dan lauk pauk)
Libur santri hari apa saja (berguna jika anda ingin membuka warung pada hari tertentu saja disaat santri libur, atau persiapan kulakan di hari sebelumnya bagi toko kelontong, Oleh oleh, dll)ilustrasi santri madin

Biaya pondok pesantren (bermanfaat untuk menentukan pangsa pasar, dimana jika ponpes mempunyai spp yang mahal tentunya para santri cenderung mendapat uang saku yang lebih. Kalau model pondok yang irit biaya dan sederhana pastinya menyesuaikan model usaha dan bisnis yang akan dibuka.
Jumlah santri yang berada di pondok, semakin besar atau banyak anak santri yang belajar di pondok pesantren yang berdekatan dengan anda, akan semakin besar potensi pembeli atau menggunakan jasa anda, akan tetapi juga diyakini akan semakin banyak jumlah pesaing dalam bisnis yang anda buka.

Usaha jualan yang cocok bagi yang dekat dengan ponpes

Setelah mengetahui tentang model serta tipe karakter pondok pesantren yang ada maka anda bisa meraba-raba sekiranya usaha apa yang bisa dilakukan untuk menambah pundi-pundi uang anda, adapun beberapa saran yaitu :
Usaha Jual Baju Muslim dan peralatan lainnya
Berdekatan dengan anak santri merupakan salah satu potensi ekonomi yang baik. Selain itu adanya kebiasaan keteledoran santri yang adakalanya kurang merawat pakaian, menjadikan prospek untuk usaha ini. Beberapa item yang diduga akan dibeli santri adalah baju dan celana atau rok seragam, baju koko putih, songkok hitam/putih, jilbab seragam sekolah, sandal jepit, sarung, badge, dasi, baju pramuka serta peralatan perlengkapan terkait. Disarankan carilah yang murah untuk stok yang lumayan banyak dan sediakan beberapa biji yang agak mahal guna mengantisipasi. Kenapa perlu murah? Walaupun pesantren elit atau mahal, santri umumnya akan memilih yang murah karena terkait uang saku yang digunakan untuk yang lain. Kenapa diperlukan beberapa yang mahal? Pasti ada santri yang memiliki gaya gengsi untuk memilih yang mahal. Selain itu jika orang tua menjenguk dan membelikan barang, umumnya akan di belikan yang bagus. Keuntungan dan resiko, modal yang agak besar untuk mengisi toko dengan dagangan, perputaran uang bisa jadi agak lambat serta bersifat musiman, akan tetapi secara barang tidak akan basi, apalagi jika anda memiliki tempat sendiri untuk berjualan (bukan menyewa).

Buka toko buku di dekat pondok pesantren

Di pondok pesantren tidak banyak hiburan yang tersedia. Sehingga buku merupakan hiburan tersendiri bagi santri. Dengan begitu usaha jual buku bisa dikatakan memiliki potensi untuk mendapatkan untung. Buku apa saja yang mereka sukai? Pastinya buku agama termasuk di dalamnya, selain itu organisasi bernaung ponpes juga berpengaruh, jika ponpes tersebut berafiliasi dengan NU maka humor Gus Dur atau buku kitab kuning dan terkait dengan ke NU an akan lebih laris dibandingkan anda menjual buku karangan Muhammad bin shalih al Utsaimin, dan sebaliknya jika anda di dekan pondok pesantren yang bermadzhaf salafi mestinya buku sekitar ke NU an akan kalah jumlah penjualan dengan buku buku karangan dari kalangan salafi.
Selain jual buku bacaan, ada baiknya ditambah juga dengan peralatan tulis menulis baik buku tulis, bollpoint, stabilo, pensil, pena khot dan sampul buku. Dengan begitu jika anak pesantren kehabisan pena bisa melihat buku bacaan sehingga berpotensi untuk membeli. Kans keuntungan, sama seperti baju, dimana barang yang dijual tidak beresiko basi, akan tetapi perputaran uang tidak terlalu deras.

Usaha bisnis Membuka Toko Kelontong pada lingkungan pondok pesantren

Usaha ini sebenarnya cocok dimana saja selama anda pintar dalam mengelola dan tidak ada yang berhutang. Apalagi jika pondok pesantren dihuni anak-anak mahasiswa, akan lebih prospek. Kebutuhan sehari-hari yang bisa dijual mulai dari sabun mandi, odol atau pasta gigi, sikat, sabun cuci, sandal jepit, minyak rambut, minyak wangi, pembalut wanita, dan barang lain yang diperlukan oleh santri, saingan anda adalah koperasi pondok pesantren atau kopontren, jika pesantren tidak memilikinya silakan untuk melengkapi dagangan anda menyesuaikan dengan omzet dan perilaku santri dalam berbelanja. Perputaran cepat jika didekat anda tidak ada toko modern semisal alfamart atau indomaret, selain itu jika banyak santri kalong yang kost akan semakin berpotensi membesarkan toko anda. Satu lagi, santri sangat sensitif dengan harga.dagangan khas di sikidang dieng wonosobo

Membuka hick atau angkringan

Jika tidak ada peraturan santri harus di lingkungan pesantren selain pada saat liburan, hik atau angkringan juga berpotensi mendulang rupiah, dimana para santri sering nongkrong dan begadang, selain itu jika pesantren model mahasiswa yang santri memasak sendiri maka angkringan akan bisa semakin laris karena berpotensi santri jajan atau sekedar membeli lauk maupun sayur mayur.

Warung makan dan jajanan

Warung makan ini cocok untuk pesantren yang mana santri memasak sendiri, dimana tidak semua santri kober memasak. Selain itu bisa juga memfokuskan diri pada jualan lauk pauk dan sayuran pada pagi atau sore hari. Jika pesantren bersifat tidak boleh keluar kecuali pada hari libur (jumat atau ahad, tergantung libur pesantren), anda juga bisa membuka warung secara insiden dimana santri mendapatkan liburan.
Bisnis jasa di lingkungan pondok pesantren
Selain usaha lewat berjualan, anda bisa mencoba untuk mencoba usaha dibidang jasa. Bidang jasa ini akan semakin prospektif jika berdekatan dengan pondok pesantren yang spp nya mahal. Dengan spp yang mahal umumnya secara perekonomian santri adalah makmur dan kemungkinan besar disangoni dengan duit yang lumayan. Berikut beberapa usaha jasa yang bisa anda buka :

Usaha laundry sekaligus setrika di dekat ponpes

Umumnya kamar atau ruangan pondok pesantren tidak disediakan stop kontak. Selain itu santri juga dilarang membawa peralatan elektronik. Jasa laundry sekaligus setrika sepertinya ide yang bagus untuk dilakukan, apalagi jika anda bersedia jemput bola dengan fasilitas delivery, dimana mengantar sampai depan gerbang kepada santri jika diluar hari libur (kalau santri tidak boleh keluar selain saat saat tertentu). Modal yang diperlukan adalah mesin cuci yang representatif dan air lancar serta pasokan listrik yang memadai. (Modal sekali serta sedikit resiko)

Jasa telfon pengganti wartel

Umumnya anak santri pondok pesantren berasal dari luar kota, sehingg komunikasi adalah barang yang lumayan menyenangkan bagi anak dengan orang tua, anda bisa menyewakan telfon semisal 5 ribu untuk 10 menit kepada santri (paketan lumayan murah khan hehe) kalau wartel tentunya akan mahal untuk telfon hape dan akan tidak laku di kalangan santri, dengan modal hape jadul dan batrei yang awet anda bisa mencoba nya. Cukup modal hape dengan beli perdana yang murah pun bisa

Jasa penyewaan playstation dan game

Namanya juga disebut anak pesantren, masih anak-anak. Dunia anak tidak bisa dielakkan dari bermain. Dan jika di pondok pesantren tidak ada larangan bermain dingdong atau PS, anda bisa membuka rental PS perjam ataupun video game model koin, maupun menggunakan komputer online. Akan tetapi bisa jadi hanya ramai kalo anak-anak sedang libur. Selain sewa video game anda bisa memadukan dengan jualan es teh atau minuman yang lain. Sukur sukur tidak ada larangan merokok bagi santri, anda bisa menjual rokok secara batangan atau ecer.

memperbaiki mousepad lenovo 310s (ilustrasi)

Jasa menjahit ringan atau sekaligus jahit baju

Seringnya baju sobek atau kancing lepas, menjadikan potensi jasa menjahit bisa prospektif, dimana dengan jasa misalnya sekali pasang badge atau pasang kancing ilang hanya beberapa ribu, akan membuat anda bertambah penghasilan jika banyak santri yang melakukan tambal atau jahit pakaian yang sobek, atau permak ringan celana.

Usaha warung internet

Santri yang lama tidak terhubung dengan dunia luar, mestinya juga kangen dengan rekan semasa sekolah dulu, atau yang suka update, bahkan ada yang sekedar cek facebook maupun memang suka mencari informasi di dunia maya. Pada hari libur bisa diprediksi kalau warnet dekat ponpes akan ramai dengan anak pesantren. Dan jangan kaget kalo ada yang buka aneh-aneh, karena tidak semua semua santri itu alim. Ada juga yang badung dan kadang sekolah dipesantren karena dipaksa disebabkan kebadungannya.
Itulah beberapa usaha bisnis yang menurut pontren.com prospektif bagi mereka yang tinggal dekat lingkungan pondok pesantren. Jika ada yang ingin menambahkan bisa dengan menuliskan pada kolom komentar.

loading...
Gambar Gravatar
contact info : cspontren@yahoo.com

Silakan berkomentar