pendapatan dan penghasilan dari zoteromedia, scam apa bukan

Posted on

Pengalaman monetize blog dengan menggunakan iklan dari zoteromedia. Kerjasama tampilan iklan baik secara impression yang sering disebut dengan cost per miles atau disingkat CPM, atau penghasilan dengan sistem Pay per Click yang biasa di singkat dengan PPC.

Mengenal zotero media

Dalam situsnya, dituliskan bahwa zoteromedia merupakan startup yang dihasilkan oleh orang indonesia. Dan klaim dari zoteromedia merupakan karya yang bisa dibanggakan. Dalam keterangan lebih lanjut, zoteromedia.com adalah besutan sebuah perusahan teknologi media digital yang berasal dari Provinsi Riau. Tepatnya berada di Pekanbaru. Peluncurannya baru seumur jagung yaitu pada tahun 2017.

loading...

Perusahaan ini mengklaim sebagai penyedia jasa PPC dan juga CPM serta referral, dalam pengakuannya mereka mengatakan mampu mempermudah advertiser dan publisher saling bertemu. penghasilan zoteromedia
Selain hal diatas. Mereka juga mengaku sebagai situs penyedia PPC terbaik di Negeri ini.alasannya karena review yang cepat dalam penerimaan publisher dan advertiser. Dan juga membayar antara 600 sampai 1200 rupiah perkliknya. (dahulu pada awal saya daftar di klaim Rp. 1.500,- per klik, karena kesusahan dapat advertiser akhirnya diturunkan jadi segitu)

Ini kelebihan Zoteromedia.com dari penyedia PPC lainnya:

  1. Bayaran 600-1200 rupiah untuk setiap klik
  2. Pendaftaran yang cepat (pengakuan dari zotero hanya membutuhkan waktu 10 menit).
  3. Format iklan yang bermacam macam baik gambar atau tulisan teks
  4. Minimal penarikan dana ke rekening minimal hanya Rp. 10.000,-
  5. Mempunyai admin dan support yang aktif dalam merespon kendala publisher atau advertiser
  6. Pembayaran dan penarikan dana lewat bank Lokal atau Indonesia (BRI, Mandiri, kalau yang lain kena charge transfer Rp. 6.500,-/per transaksi)

Tentunya ada aturan blog yang di approve. Semisal tidak boleh yang begitu begitu atau model copas maupun situs yang melanggar hukum

zoteromedia.com ppc dan cpm premium indonesia

ini merupakan klaim dari perusahaan tersebut. Dengan mengkalim sebagai penyedia ppc dan cpm premium di indonesia. Dasar yang dipakai adalah jumlah pembayaran per klik atau PPC dan juga impression 1000 tiap gambar atau tulisan iklan yang kita kenal dengan CPM.
Sampai saat ini saya masih belum tau peta penyedia jasa yang seperti zoteromedia. Entah siapakah pesaing paling kuat yang menjadi kompetitor dari situs ini. Sebagai publisher pastinya akan lebih baik jika ada banyak perusahaan semisalnya.

zoteromedia scam apa bukan

bagi blogger yang masih baru, atau sudah lama tapi visitor maupun viewernya masih memprihatinkan (seperti saya  ), zoteromedia bisa menjadi ajang batu lompatan untuk menekuni monetize di dunia maya. Benar klaim mereka tentang approval yang cepat. Selain itu, iklan yang tersedia juga menurut saya seperti iklan pada umumnya dan ada filter terkait konten yang tidak baik (akan tetapi saya pernah mendapatkan iklan yang payah. Berupa tulisan yang tidak layak tayang).

po zoteromedia
po zoteromedia

Selanjutnya kalau sudah daftar dan diterima sebagai publisher, apakah benar dana bisa diambil atau istilahnya PO? Saya pribadi pernah sekali melakukan penarikan dana lewat bank lokal yaitu Bank Rakyat Indonesia. Selang beberapa hari kemudian saldo pada rekening saya bertambah sejumlah dana yang saya tarik dari zoteromedia. Dari pengalaman ini (sampai saat ini, saya anggap) zoteromedia bukanlah scam atau penipuan yang tidak membayar publisher nya.

sistem pembagian hasil zoteromedia dengan publisher

bagi yang awal mendaftar sebagai publisher zoteromedia, pasti merasakan penurunan pendapatan. Karena pada awal mula keberadaan zoteromedia, mereka membayar PPC sebesar Rp. 1.500,- per klik dan CPM sebesar Rp. 1.500,- setiap 1000 impression.
Saat ini, mereka hanya membayar 70% dari CMP yang dihargai antara Rp. 600,- – Rp 1.200,-. Jadi dari uang 600 tersebut yang masuk ke zoteromedia sebesar 30% dan 70% diberikan kepada publisher

Begitupun dengan CPM, pada dasboard saya terpampang nominal harga CPM sebesar 1.000 dan 600 rupiah. Kemudian di bagi hasilnya menjadi 30% zotero dan 70% publisher. Jadi jangan anda bayangkan anda mendapatkan Rp. 1000 untuk CPM per seribu impression secara utuh. Misalnya ada iklan yang mendapatkan imprssi sebanyak 1000 dengan tarif iklan 1000, maka uang yang anda dapatkan adalah Rp. 700 rupiah, yang 300 rupiah menjadi hak broker atau makelar yang dalam hal ini zoteromedia.com. Silakan dicermati gambar dibawah ini sebagai contoh kongkrit.pembagian hasil publisher zoteromedia.com

pengalaman penghasilan dari zoteromedia lewat blog

pengalaman saya sebagai publisher adalah pernah melakukan PO sekali. Dengan jumlah pengunjung kisaran 500/hari, dengan pageview nya antara 1000 setiap hari. Dari jumlah pengunjung dan pageview tadi, tidak sampai satu bulan bisa melakukan PO atau penarikan dana. Uang masuk per tanggal 5 Desember 2017.

Harap dicatat bahwasanya penghasilan segitu dengan pengunjung kisaran 500 perhari dan pageview 1000 terjadi pada masa zoteromedia membayar Rp. 1.500,- untuk PPC dan CPM. Pada saat ini mereka menurunkan menjadi Rp. 600 sampai 1200 untuk CPM dan PPC.

Dan pada tanggal 5-20 Desember, pada masa ini pengunjung kisaran 700-1000 perhari dengan impresi antara 1500-2000 setiap harinya. Dan dilihat pertanggal 20 Desember saldo yang dihasilkan dari hasil kerjasama adalah sebesar Rp. 77.511.99,- ribuan (tujuh puluh tujuh lima ratus sebelas koma sembilan puluh sembilan)

Sekedar catatan, pada pertengahan bulan desember, iklan dari zotero sering tidak muncul dan kadang error sehingga tidak bisa menghasilkan rupiah. Hal ini terjadi sekitar beberapa hari atau satu minggu. Jadi kesimpulan saya, bagi blog yang dipasang 4 gambar atau iklan dengan impression 2000/hari akan mendapatkan penghasilan sekitar Rp. 120.000,- sampai dengan Rp. 150.000,-(disclaimer : ini hanya pendapat pribadi, kalau ada perubahan harga dan tarif maka berubah pula pendapatan yang dihasilkan). Mendinganlah untuk ganti pulsa dan ongkos hosting. Selamat berkarya.

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : [email protected] twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

4 thoughts on “pendapatan dan penghasilan dari zoteromedia, scam apa bukan

  1. “Jadi kesimpulan saya, bagi blog yang dipasang 4 gambar atau iklan dengan impression 2000/hari akan mendapatkan penghasilan sekitar Rp. 120.000,- sampai dengan Rp. 150.000,-”

    Jumlah Rp 120-150 ribu itu per bulan atau per hari mas? trims. Kayaknya menarik nih. Kalau boleh tahu, masnya masih pakai zoteromedia?

    1. Perbulan mbak. Sekarang malah tarifnya turun. Ga sampai seratus ribu dalam sebulan untuk page view 2000/day. Saya masih pasang zoteromedia. Ada 4 iklan yg saya pasang. Kalau lancar semua sih estimasi pendapatan ya kisaran 200 ribu perbulan. Lumayan pahit Khan 😀

Silakan berkomentar