Contoh sk penunjukan dewan juri dan hakim MTQ

Posted on

Download contoh surat keputusan penunjukan dewan juri atau dewan hakim MTQ berbentuk doc alias word
Salah satu kegiatan rutin agenda yang sifatnya tahunan adalah Musabaqah Tilawatil Quran yang biasa disingkat dengan TPQ. Dalam jenjang lomba MTQ ini bersifat berjenjang. Bermula dari seleksi MTQ kecamatan, MTQ Tingkat kabupaten atau Kota, MTQ Tingkat Provinsi dan puncaknya adalah MTQ Nasional.
Cabang lomba yang diperlombakan juga bermacam-macam. Dimulai dari kelas anak-anak, pelajar ,tingkat remaja, dan juga dewasa dan serta umum. Adakalanya disisipkan lomba tafsir dan juga tahfidz atau hafalan dari berbagai umur. Adapun ketentuan kategori biasanya sudah disampaikan terperinci dibatasi umur dengan patokan tanggal lahir sekian bulan sekian

dewan hakim MTQ (ilustrasi)
dewan hakim MTQ (ilustrasi)

Pengertian Dewan Juri

Secara umum, gambaran tentang dewan juri (dan khususnya pada lomba MTQ), bagi kalangan awam sudah bisa menangkap apa itu dewan juri. Yaitu mereka yang bertugas menilai peserta lomba. Akan tetapi tidak ada salahnya jika mengetahui lebih presisi tentang pengertiannya. Menurut kamusbesar dot com, arti dewan juri adalah panitia yang menentukan hasil sayembara (perlombaan, pertandingan). Dalam keterangan bahwa pengertian ini bersumber dari KBBI3.

Tugas peran serta Kewenangan Dewan Hakim / dewan Juri MTQ

Peranan hakim disini seperti yang bisa diperkirakan adalah memberikan penilaian kepada para peserta berdasarkan kemampuan dan keindahan serta kebenaran dalam tilawah atau hafalan yang mengacu kepada kolom lembaran kertas blangko penilaian.

Selanjutnya selesai memberikan penilaian kepada seluruh peserta, tugas panitera melakukan rekap nilai serta melakukan penyusunan peringkat nilai lomba yang nantinya akan diketemukan siapa yang berhak untuk menjadi juara satu, dua, tiga dan seterusnya.

dewan juri MTQ (ilustrasi)
dewan juri MTQ (ilustrasi)

Hal yang sering di dengar dalam perlombaan adalah jargon “keputusan juri tidak dapat di ganggu gugat. Akan tetapi saya ingat dengan joke dari salah seorang guru MTs di salah satu kabupaten yang mengatakan bahwa KEPUTUSAN JURI BOLEH DI GANGGU TAPI TIDAK BISA DI GUGAT.

Dewan hakim atau dewan juri sebagai unsur penting dalam perlombaan

Dalam lomba, tentunya ada tim atau orang yang bertugas untuk menilai peserta yang maju sebagai peserta musabaqah. Termasuk juga pada kegiatan MTQ. Biasanya dalam MTQ terdiri dari seorang hakim ketua, didampingi seorang penilai dan satu orang panitera. Terkait jumlah komponen tim hakim menyesuaikan dengan panduan atau petunjuk teknis dari atas.

Kualifikasi Dewan Hakim MTQ

Kualifikasi dewan hakim sering tidak disebutkan secara terperinci. Umumnya dewan hakim diambilkan dari kalangan yang mumpuni secara bacaan tilawah atau mantan juara MTQ dan juga para hafidz hafidzah untuk kategori lomba hafalan.

Entah untuk penunjukan dewan hakim MTQ Tingkat nasional apakah ada garis yang menjadi standar seseorang layak untuk dijadikan dewan hakim atau hanya berdasarkan nama tenar dan kelayakan umum yang dipandang memenuhi syarat sebagai dewan juri kaliber nasional, misalnya tahun tahun sebelumnya pernah juara MTQ Internasional, semisal tidak memiliki ijazah s1 maka tidak menjadi persoalan karena yang di perlukan adalah keahlian di bidang qiroah.

Kenapa harus ada surat keputusan penunjukan dewan hakim?

Kalau pada perlombaan kecil-kecilan semisal lomba TPQ di internal lembaga, umumnya dewan hakim sering hanya dilakukan pemberitahuan bahwasanya pada hari ini jam sekian diminta tolong untuk menjadi juri pada lomba ini. Tanpa ada SK penunjukan dewan juri atau surat keputusan penunjukan dewan hakim, hal ini bisa jadi terkait dengan skala kegiatan yang hanya bersifat lembaga.

peserta lomba MTQ (ilustrasi)
peserta lomba MTQ (ilustrasi)

Pada tingkat (minimal) kabupaten, kebiasaan ada sk pengangkatan dewan juri. Kegunaan dari surat keputusan penetapan dewan juri ini terkait dengan banyak hal. Adapun hal umum yang menjadikan adanya sk penetapan pengangkatan dan penunjukan dewan hakim MTQ berfungsi sebagai, kelengkapan SPJ, nilai angka kredit bagi juri yang memerlukan, memenuhi syarat juknis, adat kebiasaan, kepastian hukum dan keabsaan seseorang menjadi dewan hakim MTQ. Terkait juga sebagai bukti tertulis adanya kegiatan yang biasanya dilampirkan dalam laporan keuangan pengeluaran kegiatan yang sering disebut dengan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran. Kalau PNS atau kalangan birokrat aparatur sipil negara lebih familiar dengan singkatannya yaitu DIPA.

Download contoh sk dewan juri MTQ, pengangkatan dan penunjukan

Akhirnya setelah bermain main dengan huruf, kata dan kalimat, sampailah saatnya untuk download contoh sk penunjukan orang sebagai dewan hakim ataupun panitera pada lomba MTQ.

Format ini berbentuk doc atau word yang bisa dengan mudah di edit. Selain itu tentunya diperlukan beberapa perubahan terkait beberapa pasal yang bersifat lokal dan nama – nama dewan hakim untuk disesuaikan dengan nama juri yang akan diberikan sk. Contoh sk ini berasal dari Kabupaten Barito Kuala. Silakan memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan secara bertanggungjawab.

Download sk pengangkatan juri MTQ

loading...
Gambar Gravatar

contact info : cspontren@yahoo.com

Silakan berkomentar